Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas

7 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas
Peluang karier guru merupakan profesi alternatif selain mengajar yang juga mendatangkan banyak uang serta meningkatkan potensi kesuksesan.

Jenuh saat mengajar adalah hal yang sering dialami seorang guru. Apalagi jika karier keguruannya tidak berkembang dengan baik. Rasa bosan memang lumrah terjadi di segala profesi. Namun, bagi seorang guru, seharusnya rasa bosan ini menjadi peluang karier guru di bidang lain yang lebih menjanjikan.

Profesi guru bukan hanya mengajar siswa di dalam kelas saja. Masih banyak bidang lain yang bisa ditekuni. Seperti menjadi pegawai di Dinas Pendidikan, hingga mengajar sistem online. Berikut beberapa peluang profesi guru selain mengajar di kelas yang bisa dicoba, yaitu:

1. Berprofesi Sebagai Guru Online

Teknologi digital hendaknya bisa meningkatkan prospek mengajar. Karena dengannya metode ajar tidak harus bertatap muka secara langsung dengan siswa. Ini bisa dimanfaatkan oleh para guru dalam mengembangkan kariernya sebagai guru online.

Kegiatan belajar yang maksimal adalah kegiatan yang sesuai individu siswa. Karena dengannya, guru leluasa mengajar sesuai kebutuhan mereka. Sistem ini bisa dilakukan secara online. Artinya, guru mengajar jarak jauh dengan hanya 1 orang murid saja.

2. Menjadi Admin Blog Pendidikan

Dampak positif internet, merambah segala bidang termasuk pendidikan. Karena dengan teknologi tersebut, materi pelajaran mudah didapatkan, bahkan ada yang gratis. Untuk sukses berkarier dengan memanfaatkan teknologi tersebut adalah membangun blog pendidikan. Itu terbukti menggiurkan. Karena saat ini banyak guru yang juga bekerja di bidang tersebut.

Menjadi penulis blog pendidikan, manfaatnya cukup banyak. Salah satunya adalah, penguasaan terhadap materi ajar lebih kuat. Selain itu, dengan profesi ini, guru bisa membangun relasi dengan guru lain. Sehingga terjalin komunikasi kritis yang lebih harmonis.

3. Menjadi Penulis Buku

Menjadi penulis buku, juga karier bagus bagi seorang guru. Aktivitas ini bisa diiringi dengan rajin upload artikel di website. Rajin menulis buku adalah poin tersendiri untuk seorang guru. Bahkan, Anda akan di cap sebagai guru berkualitas.

Kebiasaan positif ini bisa dijadikan sarana memperkenalkan sosok diri kepada siswa dan orang lain. Bahkan jika buku diterbitkan, ada rasa puas yang tidak bisa ditukar dengan apapun.

4. Mengajar dengan Media Podcast

Mengajar dengan podcast mulai digemari. Sebuah aktivitas transfer ilmu dari guru kepada siswa dengan menggunakan media audio. Dengan teknik ini, proses belajar lebih mudah. karena guru tidak perlu bertatap langsung dengan siswa melainkan hanya rekaman suaranya saja.

Keistimewaan mengajar dengan podcast adalah biaya operasionalnya murah. Sehingga guru tidak perlu merogoh kantong hingga jutaan rupiah. Walaupun begitu, metode ini cukup efektif dalam mengajar.

5. Menjadi Guru Privat

Peluang Karier guru selain mengajar di kelas selanjutnya adalah menjadi guru privat. Pola mengajar dengan sistem bimbingan yang disukai siswa dan orang tua. Keistimewaan dari model ajar ini ialah, anak lebih fokus dan penguasaan ruang lebih maksimal.

Menjadi guru privat sangat menguntungkan bagi guru. Selain bisa meningkatkan pengalaman mengajar, cara mengajar juga tidak terlalu over. Bahkan dengan model ini, guru leluasa mempraktekkan berbagai metode belajar.

6. Menjadi Konselor Pendidikan

Jenjang sekolah yang bagus disesuaikan dengan minat bakat siswa. Sayang, untuk merealisasikannya sangat sulit, karena siswa memiliki karakter yang bervariasi. Atas dasar itulah, dibutuhkan peran konselor pendidikan yang bisa memahami karakter siswa.

Karena itu, profesi sebagai konselor pendidikan cocok dikerjakan oleh guru. Terutama yang terkait dengan guru konseling, psikologi dan semacamnya.

7. Kerja Sampingan Sebagai Penyiar Radio

Seorang guru identik dengan suka berbicara. Karena tanpa kebiasaan ini, cara mengajar menjadi kurang bergairah. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang ingin berkarier di luar mengajar. Caranya dengan mendaftar menjadi penyiar radio.

Peluang karier guru selain mengajar di kelas yang sudah kami jelaskan bisa dicoba. Silakan pilih salah satunya yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.