9 Kiat Agar Sukses Menjadi Guru Masa Kini
Cari Berita

Atas


9 Kiat Agar Sukses Menjadi Guru Masa Kini

Sabtu, 20 Juli 2019

9 Kiat Agar Sukses Menjadi Guru Masa Kini

Meskipun telah mumpuni dalam hal fasilitas belajar, namun menjadi guru masa kini bukan merupakan hal yang mudah. Bagaimana tidak, bukan hanya harus memperkaya materi, dan mengikuti perkembangan pengetahuan saja. Lebih dari itu, Anda juga perlu memiliki kiat-kiat tertentu agar tetap bisa memberikan sistem pengajaran menyenangkan untuk siswa. Apa saja? Simak 9 kiat agar sukses menjadi guru masa kini, berikut:

1. Gunakan Metode Pengajaran yang Tepat

Sejauh ini, metode pengajaran merupakan masalah yang sering dihadapi oleh guru. Karena dalam proses belajar, metode inilah yang akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya ilmu yang diajarkan. Sebenarnya, metode pengajaran sendiri bisa dilakukan dengan berbagai hal. Misalnya, metode pengajaran dengan praktik, tanya jawab, diskusi, atau metode lainnya.

2. Bangun Kedekatan dengan Siswa

Dalam segala hal, membangun kedekatan merupakan sesuatu yang penting. Begitupun dengan kedekatan guru dengan murid. Namun jangan salah paham, karena kedekatan yang dimaksud di sini yaitu kedekatan yang tetap memiliki batas antara guru dan siswa.

Misalnya, saat mengajar, cobalah membangun kedekatan dengan cara menghampiri siswa, lalu menanyakan mengenai sistem pengajaran yang Anda terapkan. Jika terdapat kontra dan masukkan, ambil jika baik. Tetapi jika kurang tepat tetap tegas dan berikan pengertian yang baik untuk siswa.

3. Pahami Apa yang Diinginkan Siswa

Menyamakan sistem pendidikan tempo dulu dengan sistem pendidikan masa kini tentu bukan sesuatu yang benar. Bukan tanpa alasan, namun cara tersebut justru akan membuat siswa merasa kurang nyaman.

Sebenarnya memang tidak sepenuhnya salah. Karena tanpa disadari, seiring waktu sistem pendidikan di era modern memang banyak menggerus norma pendidikan tempo dulu. Salah satunya yaitu tata krama. Nah, di sinilah mengapa kedekatan antara guru dan siswa menjadi sesuatu yang penting. Yaitu untuk memahami kemudian membetulkan perilaku dan keinginan siswa yang dianggap keluar dari norma.

Sebab, alih-alih langsung menghakiminya, memahami justru akan lebih membantu siswa untuk mengerti pesan yang ingin Anda sampaikan.

4. Mengupgrade Ilmu Setiap Waktu

Metode pengajaran, membangun kedekatan dan memahami siswa, memang merupakan tiga kiat agar sukses menjadi guru masa kini. Namun sebagai guru yang baik, Anda juga perlu memperhatikan ilmu yang akan diajarkan pada siswa. Seperti yang diketahui, pelajaran sekolah cenderung masuk dalam kategori ilmu pasti. Namun bukan berarti Anda tidak perlu meng-upgrade ilmu tersebut.

Karena untuk materi apapun, contoh dan metode yang akan Anda terapkan setiap waktu membutuhkan pembaharuan agar tidak membosankan.

5. Berikan apresiasi sekecil apapun usaha siswa

Untuk menghargai siswa, sebisa mungkin selalu berikan apresiasi untuk setiap usaha yang mereka lakukan. Kiat ini mungkin memang terlihat sederhana. Namun Anda sadari atau tidak, apresiasi tersebut akan membangun rasa semangat dan kepercayaan diri siswa.

6. Ciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan

Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan merupakan teori dasar menjadi guru yang wajib Anda pahami. Tidak perlu bingung, karena situasi menyenangkan tersebut bisa Anda bangun dengan cara-cara yang mudah. Misalnya, dengan memberikan metode pengajaran yang bervariasi pada setiap pertemuan.

7. Berperan Menjadi Contoh bagi Siswa

Selain sebagai pengajar, guru juga akan menjadi contoh bagi siswa. Alasan itulah, mengapa penting bagi guru untuk menjaga sikap dan menempatkan diri ketika berada di sekolah. Menempatkan diri yang dimaksud di sini yaitu mengerti bagaimana cara menjadi guru yang baik dalam menghadapi siswa, bagaimana cara menjadi guru yang tegas, tetapi tetap humble, dan tahu bagaimana cara menjadi guru yang berwibawa, namun tidak terkesan killer.

8. Bersikap Fleksibel

Kiat agar sukses menjadi guru lainnya yaitu bersikap fleksible. Meskipun berperan sebagai benteng untuk mencegah siswa keluar dari norma, namun sebisa mungkin cobalah terapkan sikap fleksibel. Yang dimaksud yaitu sebisa mungkin tempatkan diri sebagai sosok yang tepat dengan cara melihat karakter siswa yang Anda hadapi.

9. Peka dan Menghargai Setiap Progres Siswa Proses

Pada dasarnya, progres dan kemampuan setiap siswa memang akan berbeda. Ada yang cepat menangkap pelajaran yang disampaikan. Namun ada pula siswa yang membutuhkan waktu untuk memahami hal tersebut.

Lihat juga: Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Banyak Siswa


Dalam hal ini, usahakan jangan pernah melontarkan kata-kata yang menjatuhkan. Namun cobalah peka dengan sistem belajar siswa dan hargai setiap progres dari proses belajarnya.

Itulah 9 kiat agar sukses menjadi guru masa kini. Semoga beberapa kiat di atas bisa sedikit membantu dalam sistem pengajaran Anda.