Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melatih Konsentrasi Siswa yang Sulit Fokus Belajar

Cara Melatih Konsentrasi Siswa yang Sulit Fokus Belajar
Sebagai guru memiliki murid yang tidak bisa fokus akan sangat melelahkan. Untuk itu, terapkan cara melatih konsentrasi siswa ini.

Merupakan suatu tantangan tersendiri menghadapi siswa yang sulit fokus dalam belajar. Diperlukan pendekatan khusus serta perhatian untuk membantu si anak. Hal pertama yang bisa Anda sebagai guru lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencari cara melatih konsentrasi siswa dan melakukan identifikasi penyebab anak kurang fokus ketika belajar. Beberapa caranya akan dijelaskan pada uraian berikut.

5 Cara Melatih Konsentrasi Siswa yang Sulit Fokus dalam Belajar


Ada 5 cara melatih konsentrasi siswa yang sulit fokus dalam belajar dan bisa Anda coba untuk terapkan, diantaranya yaitu:

• Pendekatan Individu Kepada Siswa

Di dalam pendekatan individu, anak bisa ditanya mengenai apa sajakah yang membuatnya fokus. Bertanyalah kepada anak bagaimana supaya ia mau mengerjakan suatu tugas yang diberikan hingga selesai. Anda sebagai seorang guru bisa memulai untuk mencari aktivitas lainnya yang akan memancing fokus siswa. Amati keadaan seperti apa yang diperlukan oleh anak pada saat ia bisa fokus.

• Belajar Memakai Video

Biasanya seorang anak bisa menjadi lebih fokus ketika diajak menonton suatu video yang menarik atau bermain games. Bagi anak-anak aktivitas non-screen sudah dianggap tidak menarik lagi. Hal ini karena dianggapnya terlalu membosankan terutama untuk anak-anak yang sulit sekali fokus. Cara belajar on-screen bisa Anda aplikasikan di dalam proses mengajar.

Sekarang ini banyak materi yang dibuat dalam bentuk video animasi. Supaya anak bisa memahami materi dengan cara berbeda Anda bisa memasukkan video ketika proses mengajar. Sesudah menonton video, anak bisa langsung mengukur tingkat pemahaman mereka lewat berbagai macam soal latihan yang diberikan. Jadi, proses belajar tidak monoton dan akan terasa menjadi lebih menyenangkan.

• Berikan Siswa Time Limit

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi siswa yang sulit fokus belajar yaitu dengan memberikan time limit. Jadi, anak perlu diingatkan jika tugas yang sedang dikerjakannya terbatas oleh waktu agar bisa menyesuaikan waktunya di dalam mengerjakan tugas. Ia juga bisa berkonsentrasi untuk berusaha menyelesaikannya.

Setiap siswa membutuhkan stimulasi untuk mempertahankan fokusnya. Bisa dengan cara melakukan pengkondisian pada suasana kelas ketika proses belajar atau dengan berkomunikasi kepada pihak orang tua. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan judgement atau label kepada anak. Hal ini karena energi negatif dari lingkungan seperti contohnya anak tidak mampu bisa ditangkap oleh si anak.

• Pilah Tugas Menjadi Beberapa Bagian

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan fokus siswa menjadi terganggu.Tidak hanya karena faktor eksternal teman sekelas saja, namun juga bisa karena faktor dari dirinya sendiri seperti tiba-tiba terpikirkan suatu hal yang lainnya.Bahkan bisa jadi malah langsung bergerak atau perhatiannya teralihkan.

Untuk mengatasi faktor semacam ini, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memilah atau mengelompokkan tugas menjadi beberapa bagian.Tujuannya adalah supaya anak tidak berkutat dalam suatu hal terlalu lama karena bisa membuat siswa cepat merasa bosan dan lelah. Sesudah melakukan beberapa tugas berikan jeda waktu misalnya dengan pemakaian timer atau musik yang lembut.

• Berikan Keyakinan Bahwa Siswa Mampu

Konsentrasi anak dipercaya akan meningkat dengan adanya rasa percaya diri. Berikanlah kepercayaan diri atau keyakinan kepada mereka bahwa mereka bisa mengerjakan dengan baik tugas pembelajaran yang diberikan. Rasa percaya diri akan berpengaruh terhadap kesuksesan anak di dalam proses belajar.

Itulah 5 cara melatih konsentrasi siswa yang sulit untuk fokus dalam proses belajar. Jadi, bukan masalah lagi jika siswa sulit fokus karena beberapa cara diatas bisa Anda coba terapkan.