7 Kebiasaan Para Guru Hebat dan Sukses
Cari Berita

Atas


7 Kebiasaan Para Guru Hebat dan Sukses

Senin, 05 Agustus 2019

7 Kebiasaan Para Guru Hebat dan Sukses
Mau jadi guru yang hebat dan sukses dalam mendidik murid? Pelajari dulu 7 kebiasaan para guru hebat berikut ini.

Guru sebagai seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dari para muridnya.Para guru di sekolah selain mengajar juga berperan menjadi orang tua bagi murid-muridnya. Setiap guru tentunya ingin menjadi guru yang baik, hebat serta sukses. Berikut akan dijelaskan mengenai 7 kebiasaan para guru hebat dan sukses.

7 Kebiasaan Para Guru Hebat dan Sukses


Apa sajakah kebiasaan para guru hebat dan sukses yang perlu untuk diketahui? 7 kebiasaan tersebut antara lain:

• Memakai Berbagai Macam Metode Mengajar

Jika guru mengajar dengan gaya yang monoton, maka murid akan cepat merasa bosan. Jadi, sangat penting untuk mencoba berbagai metode mengajar dan disesuaikan terhadap setiap materi pembelajaran yang ada. Apalagi setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Jika Anda hanya memakai satu jenis metode mengajar saja, maka siswa yang tidak cocok nanti bisa secara terus-menerus mengalami kesulitan di dalam proses memahami materi.

• Membangun Kedekatan dengan Setiap Murid

Membangun hubungan antara murid dengan guru sangat penting dilakukan. Sekarang ini bukan zamannya lagi ada gap yang besar serta kaku antara murid dan guru. Anda bisa mengikuti perkembangan yang sedang dialami oleh para murid. Jadi, ketika berdiskusi dengan mereka bisa nyambung. Jika murid sudah merasa dekat dan nyaman dengan Anda, maka mereka akan merasa lebih senang dan santai ketika belajar.

• Memiliki Tujuan yang Jelas

Di dalam mengajar guru harus mempunyai tujuan yang jelas. Guru yang mengajar hanya mencari penghasilan dengan guru yang memang mempunyai tujuan untuk mengajar akan memberikan suatu hasil yang berbeda.

Sikap yang tidak mempunyai tujuan akan berdampak pada hasil pembelajaran siswa yang menjadi tidak terarah. Jadi, tentukanlah rencana pembelajaran secara jelas dan sampaikanlah hal tersebut kepada para murid.

• Tidak Pernah Lelah Untuk Senantiasa Belajar

Pada masa sekarang ini ilmu pengetahuan serta teknologi terus berkembang pesat. Anda juga harus senantiasa belajar untuk mengembangkan pengetahuan seiring dengan perkembangan zaman. Apalagi sekarang ini informasi semakin mudah didapatkan oleh murid. Manfaatkan teknologi terkini untuk menunjang aktivitas pembelajaran murid.

• Jadilah Seperti Penyiram Tanaman

Jadilah seperti penyiram tanaman dalam mengajar murid bukan menuang air di dalam suatu gelas. Sebuah tanaman berpotensi untuk melakukan pertumbuhan sendiri.Namun gelas hanya bisa terisi jika terdapat orang yang mengisinya. Maksudnya adalah jadikanlah murid sebagai subjek pembelajaran dan tidak hanya sebagai objek saja. Jadi, murid nantinya akan terbiasa menjadi pembelajar yang mandiri, aktif serta kreatif.



• Terus Bersemangat

Jangan terburu-buru menyalahkan murid ketika Anda menghadapi kondisi murid tidak bersemangat dalam belajar. Anda perlu untuk coba mencari tahu terlebih dahulu mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Bisa saja karena Anda sendiri yang nampak tidak bersemangat pada saat mengajar. Suasana hati yang dimiliki oleh guru sangat berpengaruh ketika di dalam kelas. Jadi, tunjukkan antusias serta rasa semangat ketika mengajar.

• Meminta feedback dari Murid

Hal ini penting dilakukan pada setiap akhir semester. Anda perlu meminta saran, kritik serta pendapat kepada mereka terkait cara mengajar yang sudah dilakukan. Jadi, Anda bisa terus melakukan perbaikan terhadap teknik mengajar supaya semakin menjadi baik.

Itulah 7 kebiasaan para guru hebat dan sukses yang perlu Anda ketahui. Jadi, jika Anda ingin menjadi guru yang hebat dan sukses, maka bisa menerapkan beberapa hal diatas.