Cara Ampuh Membuat Suasana Kelas Menyenangkan
Cari Berita

Atas


Cara Ampuh Membuat Suasana Kelas Menyenangkan

Kamis, 01 Agustus 2019

Cara Ampuh Membuat Suasana Kelas Menyenangkan
Sebagai guru, membuat suasana kelas yang nyaman, menyenangkan, tidak membosankan dan menarik sangat diperlukan.

Sebagai guru, tentunya membuat suasana kelas yang nyaman, menyenangkan, tidak membosankan dan menarik sangat diperlukan. Tujuannya tidak lain adalah agar para siswa yang mengikuti proses pembelajaran menjadi lebih bersemangat. Faktor penentu hasil dari proses belajar mengajar di dalam kelas salah satunya adalah penyajian materi dengan berbagai macam cara yang menyenangkan.

Siswa menjadi menikmati kegiatan belajar tanpa adanya perasaan tertekan ketika suasana kelas yang ada menyenangkan.Bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk membuat kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan? Untuk mengetahuinya, simak uraian berikut ini.

5 Cara Membuat Suasana Kelas Menjadi Menyenangkan


Berikut ini ada uraian mengenai 5 cara yang ampuh untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan, yaitu meliputi:

• Buat Suasana Ruangan yang Berbeda

Mayoritas posisi duduk siswa di sekolah adalah sama yaitu guru berada di depan dan kursi siswa penyusunannya berjajar membentuk persegi. Metode seperti ini dianggap kurang efektif. Hal ini karena proses belajar yang terjadi hanya satu arah yaitu guru menyampaikan, sedangkan murid mendengarkan.

Cobalah untuk menyusun ruang kelas dengan metode lainnya seperti posisi kursi dan meja yang melingkar supaya suasana ruangan kelas menjadi lebih menyenangkan.Jadi siswa bisa melihat guru secara lebih baik dengan posisi guru yang ada di tengah-tengah.Anda juga bisa mencoba untuk menerapkan metode mobile teaching. Misalnya ketika belajar matematika guru bisa turun langsung untuk membantu siswa menjelaskan pemakaian rumus.

• Manfaatkan Teknologi

Sekarang ini hanya menjelaskan materi pelajaran dengan menulis di papan tulis sudah tidak zaman lagi. Pemakaian teknologi bisa membantu Anda untuk menciptakan suasana kelas yang aktif serta segar. Untuk mengubah materi pelajaran text book ke dalam bentuk audio visual pakailah internet, laptop serta proyektor. Fokus anak menjadi lebih terarah pada materi yang disampaikan dengan penyajian yang menarik dan baik.

• Berikan Perhatian yang Sama pada Seluruh Anak

Biasanya guru cenderung lebih memerhatikan siswa yang aktif dan pintar di kelas. Jika kondisi seperti ini terjadi, maka anak yang tidak aktif atau diam saja di kelas akan kesulitan untuk memperoleh kesempatan dalam menuangkan idenya di dalam kelas.Jadi, sebaiknya berikan perhatian yang sama pada seluruh anak.

• Perbanyak Interaksi dengan Cara Memancing Ide Anak

Perhatian secara penuh bisa diperoleh dari diskusi, memancing pendapat atau debat argumen antara guru dan murid. Tidak seluruh anak bisa mengeluarkan ide mereka dengan leluasa. Jadi, Anda sebagai guru harus percaya terhadap kemampuan setiap anak. Paculah mereka untuk berani mengeluarkan pendapat serta menghargai segala apapun yang dikatakan.

Cara seperti ini bisa melatih anak untuk belajar mendengarkan pendapat orang lain dan lebih berani berbicara. Selain itu anak menjadi lebih terbuka terhadap adanya perbedaan pendapat dengan orang lain. Untuk mereka hal ini sangat penting dimiliki karena akan menjadi suatu bekal ketika melakukan interaksi dengan orang lain.

• Miliki Sifat Humoris

Mayoritas siswa menyukai guru yang lucu.Untuk meningkatkan semangat siswa Anda bisa memberikan humor yang segar di pertengahan proses pengajaran yang sedang diberikan.Selain itu sifat humoris juga bisa memberikan efek kedekatan antara guru dengan siswa. Kedekatan ini akan membuat apa yang disampaikan bisa lebih mudah diserap.

5 cara ampuh untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan ini bisa Anda jadikan referensi. Semoga uraian mengenai beberapa cara tersebut bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda.