7 Tokoh Fiksi yang Bisa Menginspirasi Untuk Jadi Guru Lebih Baik
Cari Berita

Atas


7 Tokoh Fiksi yang Bisa Menginspirasi Untuk Jadi Guru Lebih Baik

Sabtu, 10 Agustus 2019

7 Tokoh Fiksi yang Bisa Menginspirasi Untuk Jadi Guru Lebih Baik
Ternyata ada lho, para tokoh fiksi yang bisa menginspirasisupaya menjadi seorang guru yang lebih baik. Penasaran? Cek daftarnya segera!

Jika Anda seorang guru, mungkin tidak ada salahnya untuk sesekali menonton film yang di dalamnya terdapat seorang guru sebagai tokoh fiksi yang bisa menginspirasi. Karena menonton film ternyata tidak semata membuang waktu saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai media pembelajaran yang memiliki pesan tersirat maupun tersurat dalam dialog atau adegan film tersebut. Karena dalam film, biasanya banyak nilai-nilai moral yang bisa kita dapatkan.

Sebenarnya banyak sekali daftar film yang menginspirasi dan bagus untuk ditonton. Karena banyak juga pelajaran yang dapat diambil utamanya dari tokoh fiksi yang bisa menginspirasi seperti pada film-film di bawah ini.

1. Mr. Han (Karate Kid)

Dalam film tersebut, Mr. Han berperan sebagai guru kung fu Dre Parker. Metode yang dia berikan awalnya mungkin sangat biasa, yakni hanya menyuruh Dre untuk menggantungkan jaket dengan benar. Namun, ternyata kegiatan tersebut justru merupakan salah satu strategi serangan bertahan yang ada dalam kung fu. Pesan moral dari film tersebut selain ilmu yang diajarkan Mr. Han untuk muridnya, ialah nilai-nilai kehidupan yang biasa kita lakukan sehari-hari.

2. Severus Snape (Harry Potter)

Jika Anda penggemar film-film Harry Potter, pasti tidak asing dengan tokoh satu ini. Dalam film tersebut, Severus Snape digambarkan sebagai guru mata pelajaran Ilmu Pertahanan Sihir yang tegas dan temperamental. Namun dibalik ketegasan tersebut, tujuan beliau tak lain ingin membuat para siswanya belajar disiplin dan berhasil tidak hanya dalam pelajaran, tapi juga dalam kehidupan. Meskipun beliau sering digambarkan membenci Harry, tapi justru di akhir film ini beliau tetap setia dengan Hogwarts.

3. Master Yoda (Star Wars)

Yoda adalah seorang guru di film Star Wars yang tidak memiliki identitas bahkan spesies yang jelas. Dia adalah salah satu Master Jedi yang sangat terkenal karena kebijaksanaannya, master force, dan keahliannya menggunakan ligtsaber. Walaupun Master Yoda memiliki kekuatan yang sangat besar, tapi dia justru memilih menjadi pengajar alih-alih sebagai pejuang.

4. Kakashi Hatake (Naruto)

Siapa yang tak mengenal tokoh anime satu ini? Dalam anime maupun manga Naruto, Kakashi menjadi guru yang punya banyak penggemar dan dikenal sangat misterius karena sering menggunakan penutup wajah.

5. Master Shifu (Kung Fu Panda)

Dalam film tersebut, Master Shifu digambarkan sebagai seorang panda merah kecil yang mengajari Po dalam berlatih kung fu. Motivasi Po untuk belajar kung fu ialah untuk mengalahkan musuh bebuyutannya, Tai Lung. Adapun cara berlatih yang digunakan oleh Master Shifu ialah menggunakan makanan, karena tahu Po bisa melakukan hal-hal fisik yang luar biasa jika ada makanan.

6. Ibu Muslimah (Laskar Pelangi)

Ibu Muslimah merupakan sosok guru pertama dan sangat berharga bagi Laskar Pelangi. Selain itu, karakter Ibu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini memiliki kelembutan serta kesabaran dalam mendidik anak-anak, meskipun di tengah cobaan yang tiada habisnya.

7. Butet Manurung (Sokola Rimba)

Butet adalah sosok guru yang diperankan oleh Prisia Nasution. Dalam film tersebut menceritakan tentang perjuangannya mengajari Suku Anak Dalam untuk membaca dan menulis. Selain itu, tantangan lain yang harus dihadapi Butet ialah mitos yang dibawa oleh Bungo, salah satu anak didiknya. Mitos tersebut dipercaya bahwa membaca dan menulis membawa malapetaka. Namun akhirnya Butet mampu mengubah mitos tersebut dan mengajari Orang Rimba untuk belajar.

Itulah dia beberapa film yang menampilkan tokoh fiksi yang bisa menginspirasi agar menjadi seorang guru yang lebih baik. Selain belajar dari film, Anda pun dapat membaca berbagai literatur dan meningkatkan kepekaan sendiri untuk menunjang peran sebagai guru yang disenangi para muridnya. Jika dalam cerita fiksi saja penggambaran seorang guru sedemikian rupa adanya, maka di kehidupan nyata seharusnya sosok guru bisa lebih baik.