Lakukan Ini Agar Proses Belajar Lancar dan Menyenangkan
Cari Berita

Atas


Lakukan Ini Agar Proses Belajar Lancar dan Menyenangkan

Kamis, 08 Agustus 2019

Lakukan Ini Agar Proses Belajar Lancar dan Menyenangkan
Agar proses belajar lancar dan menyenangkan, maka dibutuhkan beberapa langkah-langkah tepat. Jangan sampai murid malah bosan dengan kompetensi yang Anda sampaikan.

Tujuan dari kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yaitu supaya siswa bisa menguasai kompetensi. Sedangkan tugas guru adalah melakukan pengelolaan pembelajaran yaitu mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai penilaian. Tujuannya tidak lain adalah agar siswa bisa secara maksimal mencapai tujuan belajar. Namun, ada kalanya Anda tidak mampu mewujudkan tujuan tersebut karena rendahnya keinginan siswa untuk belajar. Dampak yang ditimbulkan tentunya kurang baik. Siswa nantinya menjadi tidak bisa menguasai kompetensi yang ada. Berikut akan dijelaskan mengenai 5 langkah tepat agar proses belajar lancar dan menyenangkan.

5 Langkah Agar Proses Belajar Siswa Bisa Berjalan Lancar


Anda perlu melakukan 5 langkah tepat ini agar proses belajar lancar dan menyenangkan:

1. Lingkungan yang Menginspirasi

Lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku seseorang atau individu. Begitupun dengan lingkungan yang ada di dalam kelas. Jadi, lingkungan kelas harus mempunyai pengaruh yang positif terhadap para siswa. Supaya semangat belajar siswa mengalami pertumbuhan, maka sebaiknya lingkungan kelas bisa memberikan inspirasi untuk siswa dalam proses belajar.

Mulai dari sarana, udara, cahaya, warna dan berbagai hal lainnya. Jika suatu ruangan kelas kurang udara dan cahaya, maka akan membuat dada terasa sesak. Selain itu juga akan membuat mata terasa lelah. Untuk penentuan warna sebaiknya Anda memilih warna yang cerah. Jangan sampai lupa untuk memberikan pajangan yang inspiratif. Misalnya seperti pajangan hasil karya siswa, kalimat motivasi, alat peraga dan lain sebagainya.

2. Suasana Kompetisi di Kelas Menantang

Jika mempunyai sesuatu yang lebih dibandingkan dengan orang lain secara umum setiap individu akan merasa bangga. Begitu juga dengan sebaliknya. Dari sini setiap orang memiliki naluri untuk melakukan kompetisi. Sebagai seorang guru, supaya kompetisi di dalam kelas berjalan dengan baik Anda perlu mempersiapkan strategi.

Aturlah supaya kompetisi tetap bisa diikuti oleh semua siswa serta menghasilkan juara bergilir pada setiap waktu. Jadi tidak selalu siswa yang itu saja yang memenangkan kompetisi. Biarkanlah setiap siswa mempunyai kesempatan menjadi juara pada bidangnya sendiri-sendiri.

3. Proses Belajar Efektif Serta Menyenangkan

Suasana belajar di kelas akan mempengaruhi suasana hati siswa. Motivasi belajar siswa akan meningkat secara otomatis jika proses belajar berjalan dengan menyenangkan. Kelas nantinya akan menjadi lebih interaktif karena siswanya aktif.

Siapkan teknik penilaian yang variatif. Buatlah pertanyaan terbuka agar kreativitas serta orisinalitas bangkit. Jadi, Anda harus bisa menjadi guru yang kreatif untuk membuat proses belajar menjadi efektif serta menyenangkan.

4. Bantuan Belajar Siap Siaga

Siswa membutuhkan bantuan dari orang yang lebih paham pada saat mengalami kesulitan dalam belajar. Jika ternyata bantuan yang diperlukan tidak ada, maka siswa cenderung malas untuk melanjutkan belajar. Bantuan belajar ini bisa berasal dari guru kelas maupun guru lainnya yang diberikan tugas khusus untuk membantu para siswa.

5. Sumber Belajar

Biasanya siswa enggan untuk belajar karena sumber pembelajaran yang ada kurang memadai. Sumber belajar yang memadai harus berhubungan dengan pengembangan diri dan karir serta harus mendukung kurikulum. Pakailah sumber buku cetak yang memang terpercaya. Gunakan juga video, audio maupun media ajar lainnya yang menarik agar siswa tidak mudah bosan dan jenuh karena monotonnya penyampaian materi.

5 langkah tepat ini bisa Anda lakukan agar proses belajar lancar dan menyenangkan. Jadi, para murid akan antusias dalam menerima pelajaran. Semoga penjelasan singkat tersebut memberikan manfaat untuk Anda.