Strategi Untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika
Cari Berita

Atas


Strategi Untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika

Sabtu, 03 Agustus 2019

Strategi Untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika
Diperlukan adanya strategi untuk memotivasi siswa belajar Matematika supaya mereka tertarik mempelajarinya.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh siswa. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Mereka memiliki anggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga membosankan. Jadi, diperlukan adanya strategi untuk memotivasi siswa belajar Matematika supaya mereka tertarik mempelajarinya. Untuk mengetahui beberapa strategi tersebut, simak uraian dibawah ini.

6 Strategi Untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika


Ada 6 strategi untuk memotivasi siswa belajar Matematika yang bisa Anda coba lakukan, antara lain:

• Bersemangat Ketika Mengajar Matematika

Terdapat salah satu cara yang bisa coba dilakukan untuk meningkatkan minat siswa yaitu dengan selalu bersemangat pada saat mengajar. Siswa sebenarnya bisa merasakan ketika guru tidak semangat dalam mengajar. Hal seperti ini bisa mengakibatkan siswa menjadi tidak berminat terhadap mata pelajaran Matematika tersebut.

Berbeda halnya dengan ketika guru bersemangat dan bisa menjadikan suasana kelas menjadi menarik. Hal ini tentunya akan membuat siswa menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran Matematika.

• Perhatikan Materi yang Tidak Dimengerti Oleh Siswa

Sebaiknya Anda sebagai seorang guru mengetahui materi apakah yang tidak dipahami oleh para siswa.Tujuannya adalah agar keinginan mereka di dalam belajar semakin meningkat. Misalnya adalah guru menjelaskan contoh latihan yang biasanya diberikan di dalam kelas hingga jelas. Berikan juga contoh latihan yang berbeda namun materinya masih sama. Hal ini nantinya akan memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar lebih giat lagi.

• Temukan Pola atau Cara Khusus

Guru bisa membantu siswanya untuk menemukan cara yang mudah dalam memahami suatu materi.Tujuannya adalah agar mereka bisa mengingat suatu topik dengan lebih cepat. Contohnya adalah perkalian angka 1 hingga 10 terhadap angka 9 menggunakan jari. Misalnya 7x9 artinya yaitu jari ke 7 dari kiri yang menjadi suatu pemisah antara sisa dari jumlah jari di bagian kanan (6) serta jari di bagian kiri (3).

Kemudian kedua angka tersebut digabungkan dan menghasilkan nilai 63. Cara khusus maupun pola ini akan semakin memberikan motivasi kepada para siswa untuk belajar karena bisa mempermudah dalam memahami suatu konsep.

• Memberi Tantangan pada Siswa

Untuk menciptakan antusiasme siswa di dalam belajar, Anda bisa memberinya tantangan. Namun, tantangan yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan dari para siswa. Tujuan pemberian tantangan ini yaitu untuk memberikan semangat minat siswa.

• Memberi Contoh Pengaplikasian Matematika di dalam Dunia Nyata

Contoh dari pengaplikasian materi di kehidupan nyata bisa guru berikan pada awal pembelajaran. Hal ini bertujuan supaya siswa menjadi termotivasi atau tertarik dengan materi yang akan dijelaskan. Guru nantinya juga bisa membantu para siswa menghubungkan mata pelajaran Matematika dengan jenjang karir yang mereka inginkan kelak di masa depan.

Lihat juga: Kompetensi Matematika Siswa SD Merah Total

Misalnya adalah guru memberikan penjelasan terkait manfaat teori peluang yang bisa diterapkan ketika para siswa mengambil pendidikan dengan jurusan aktuaria. Siswa bisa menghitung peluang terjadinya suatu peristiwa tertentu untuk ke depannya. Misalnya adalah seperti risiko keuangan kelak di masa depan serta dampak dari keadaan finansial.

• Ceritakan Sejarah Terkait

Untuk membuat para siswa tertarik Anda bisa menambahkan sejarah terkait materi yang sedang diajarkan. Cara ini nantinya bisa memberikan motivasi kepada siswa dan bisa mengasah rasa keingintahuan siswa. Seperti misalnya adalah simbol akar (√) yang berhasil ditemukan oleh Christoff Rudolff.

Strategi untuk memotivasi siswa belajar Matematika ini bisa Anda terapkan dengan sedikit dimodifikasi menyesuaikan kondisi siswa. Semoga beberapa strategi tersebut bisa membantu mengatasi masalah Anda.