Tips untuk Guru Pemula yang akan Mulai Mengajar
Cari Berita

Atas


Tips untuk Guru Pemula yang akan Mulai Mengajar

Rabu, 21 Agustus 2019

Tips untuk Guru Pemula yang akan Mulai Mengajar
Banyak kendala yang membuat guru pemula merasa nervous saat mengajar di hari pertama.

Anda berencana mengabdi di dunia pendidikan dengan menjadi guru? Tentunya tugas guru sangat mulia. Jadi, bulatkanlah tekad dan hilangkan keraguan Anda karena merasa belum siap untuk mengajar murid. Untuk itu, kami di sini akan memberikan sedikit tips untuk guru pemula, bagaimana caranya mengajar murid di hari pertama.

Hal-hal yang Memicu Perasaan Ragu Seorang Guru Pemula

Untuk guru pemula, perasaan nervous pasti ada. Itu biasa terjadi pada semua guru, siapapun dan dimanapun. Beberapa faktor yang memicu adanya rasa ragu, yaitu sering munculnya beberapa pertanyaan. Seperti halnya “kira-kira murid senang dengan saya ngga, ya?”, “Nanti, kalau saya mengajar, murid akan cepat mengerti ngga, ya?”, “Gimana, kalau saya mengajar, ternyata murid ngga paham-paham” dan berbagai pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Stop keraguan Anda, karena kami punya tips menarik yang wajib dicermati untuk semua guru pemula. Dengan mencermati dan mengikuti alur tips berikut, kami pastikan Anda akan jauh lebih tenang dan perasaan nervous pun dapat berkurang saat Anda mulai mengajar.

Tips untuk Guru Pemula yang Wajib Dicermati dan Diikuti Langkah-langkahnya

Silahkan Anda simak dan baca sampai tuntas agar tidak salah paham dan gagal fokus!

1. Siapkan materi-materi yang akan diajarkan

Siapkan materi pembelajaran murid sekurang-kurangnya 3 hari sebelum Anda mengajar. Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi terlebih dahulu, apakah materi yang disiapkan sudah sesuai atau belum.

Karena baru pertama kali mengajar, sebaiknya Anda juga minta saran kepada teman yang sudah lama berprofesi menjadi guru. Tidak lain, sebagai panduan dasar untuk membuat penyusunan materi agar lebih tepat.

2. Kuasai materi yang sudah disiapkan

Langkah selanjutnya, Anda harus benar-benar menguasai materinya. Jadi, saat murid mengajukan pertanyaan-pertanyaan, Anda akan dapat memberikan jawaban terbaik sesuai kapasiatas murid yang dibutuhkannya.

Tips dari poin kedua ini, yaitu jangan asal-asalan menjawab ketika Anda belum yakin atas jawaban yang akan disampaikan kepada murid. Lebih baik Anda catat terlebih dahulu dan sampaikan kepada murid, pertanyaannya akan dijawab pada pertemuan berikutnya.

3. Latihan

Mungkin karena nervous, guru pemula saat pertama kali mengajar, selalu merasakan canggung. Hal itu disebabkan karena kurangnya mempersiapkan mental. Untuk melatih mental agar tidak nervous, Anda harus melakukan latihan terlebih dahulu.

Caranya mudah, Anda coba latihan menyampaikan materi di depan kaca cermin atau lebih baik lagi di depan volunteer. Tidak perlu lama-lama, yang penting Anda sudah merasa yakin pada penampilan diri saat nanti berhadapan dengan murid.

Selain itu, Anda bisa minta feedback juga ke teman-teman satu profesi, hal-hal apa saja yang harus diperbaiki.

4. Jangan lupa sarapan pagi

Perut kosong dan lapar, biasanya akan merusak daya konsentrasi saat mengajar. Untuk tetap fokus saat menyampaikan materi kepada murid, jangan sampai lupa untuk sarapan pagi, ya?

5. Mulailah dengan memperkenalkan diri

Ada istilah “tak kenal maka tak sayang”. Jadi, saat Anda petama kali mengajar, cobalah perkenalkan diri dulu dengan cara-cara yang santai dan humoris. First impression sangat menentukan penilaian murid kepada Anda.

Saat Anda memperkenalkan diri, usahakan pula untuk tetap menunjukan karakter Anda yang tegas sebagai seorang guru. Berikan senyuman yang ramah, sehingga murid akan merasa nyaman dan menganggap sosok Anda sebagai guru yang sudah sepantasnya untuk di hormati.

Setelah mencermati dan melakukan beberapa tips untuk guru pemula di atas, mulailah mengajar dengan santai dan jangan sampai merasa ada tekanan apapun. Semoga ulasan yang kami sampaikan ini bermanfaat.