Penyebab Siswa Kesulitan Memahami Pelajaran dan Cara Mengatasinya
Cari Berita

Atas


Penyebab Siswa Kesulitan Memahami Pelajaran dan Cara Mengatasinya

Selasa, 03 September 2019

Penyebab Siswa Kesulitan Memahami Pelajaran dan Cara Mengatasinya
Penyebab siswa kesulitan memahami pelajaran dan cara mengatasinya bergantung pada komunikasi baik antar pihak yang terlibat.

Anda mungkin sering bertanya-tanya akan penyebab siswa kesulitan memahami pelajaran dan cara mengatasinya, bukan? Problematika ini sering menghampiri para pelajar. Ada yang benar-benar lemah pada semua mata pelajaran, ada pula yang hanya sebagian. Apa sebenarnya yang menyebabkan hal semacam itu bisa terjadi? Lantas, bagaimana cara tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Mengenali Penyebab Anak Sulit Menangkap Materi Pelajaran


Membicarakan tentang penyebab sebenarnya banyak sekali. Ketika Anda berhasil mengetahui akar masalah dari kesulitan mereka dalam memahami materi pelajaran, baru Anda dapat mencari cara mengatasinya. Di bawah ini merupakan faktor-faktor pemicu yang umum dari situasi demikian :

1. Beban Belajar Terlalu Berat Untuk Anak Seusianya

Penyebab pertama dari kesulitan anak dalam memahami pelajaran adalah akibat beban materi yang terlalu berat bagi seusia mereka. Problem ini biasa terjadi pada mereka yang disekolahkan lebih muda dari usia yang seharusnya sehingga perkembangan otaknya belum optimal untuk materi yang diberikan. Namun bisa juga diakibatkan kesalahan pemberian materi oleh pengajar.

2. Stres Akibat Target yang Ditetapkan

Biasanya, orang tua ataupun pengajar menetapkan sebuah target pembelajaran yang harus dicapai si anak. Tanpa menyadari bahwa pemberian target semacam itu justru akan memicu stres pada anak. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi target di luar batas kemampuannya. Ini termasuk penyebab siswa kesulitan memahami pelajaran dan cara mengatasinya agak sulit.

3. Ketakutan Untuk Jujur

Anak cenderung tidak mengaku jika ia terlambat dalam memahami suatu materi. Ia kemudian berpura-pura paham dan tetap mengikuti kelas. Padahal, semakin hari, materi yang diberikan kian bertambah dan biasanya berkesinambungan satu sama lain. Jadi, sekali dia gagal memahami di tengah-tengah, otomatis dia sama sekali tidak mengerti materi lanjutannya.

Lihat juga: Tekanan Berat dan Ekspektasi Tinggi Membahayakan Perkembangan Anak

Tips Mengatasi Anak yang Kesulitan Memahami Pelajaran


Jika faktor-faktor di atas merupakan penyebab anak kesulitan menerima pelajaran, lalu bagaimana cara menanggulanginya? Sebenarnya cara untuk mengatasi hal-hal di atas cenderung mudah, namun membutuhkan kerja sama yang kompak antar pihak. Dalam hal ini adalah orang tua, pengajar, serta anak bersangkutan. Metode yang bisa diterapkan :

a) Jangan menyekolahkan anak ketika usianya masih terlalu dini, tidak peduli sebagus apa pun perkembangan kognitif anak yang tampak. Sebab, hal itu akan berpengaruh buruk di kemudian hari pada perkembangan mental yang berujung pada tingginya persentase stres yang dapat dialami.

b) Tidak memasang target apa pun kepada anak terkait akademis maupun non akademis. Biarkan anak berkembang dan menemukan bakatnya. Setidaknya, mereka cukup mengerti ilmu-ilmu pengetahuan dasar tanpa perlu menguasainya secara mendalam.

c) Rajin ajak anak untuk berdiskusi secara santai perihal materi pembelajaran. Jangan menggunakan bahasa maupun tindakan kasar.

Penyebab siswa kesulitan memahami pelajaran dan cara mengatasinya di atas dapat mulai diterapkan. Baik pada anak yang memang sudah menunjukkan gejala keterlambatan menangkap materi pelajaran maupun belum, tips-tips sederhana di atas efektif untuk menstimulasi tumbuh kembang anak.