Ragam Materi Les Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar
Cari Berita

Atas


Ragam Materi Les Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar

Jumat, 04 Oktober 2019

Ragam Materi Les Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar
Ada banyak materi les bahasa inggris untuk anak sekolah dasar, mulai dari speaking, grammar, verb, hingga reading.

Bahasa Inggris menjadi suatu pelajaran penting di era globalisasi seperti sekarang ini. Untuk itu tak ada salahnya mulai menerapkan pelajaran bahasa Inggris sedari dini. Apalagi sekarang ada banyak tempat les dengan sajian materi les bahasa inggris untuk anak sekolah dasar yang berkualitas.

Biasanya materi apa saja yang dihadirkan untuk para anak-anak usia sekolah dasar? Selengkapnya tentang materi tersebut akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Materi-materi Les Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar


Ada beragam materi yang biasa digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris. Namun, tentu saja tidak semua materi cocok diterapkan untuk beragam usia. Materi pada usia sekolah dasar misalnya, berbeda dengan materi yang ada di usia dewasa. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai materi les bahasa inggris untuk anak sekolah dasar yang dinilai paling sesuai.

1. Speaking

Materi pertama hadir dari masalah speaking. Anak-anak di usia dasar dibiasakan untuk mulai berani mengucapkan kosa kata dalam bahasa Inggris meskipun memang kosa kata yang dimiliki masih terbatas.

Biasanya pembelajaran speaking ini dilakukan untuk percakapan-percakapan dasar. Seperti halnya menanyakan kabar, jam atau meminta tolong. Variasi dari percakapan ini juga akan semakin meningkat dengan seiring meningkatnya kelas peserta.

Tidak hanya diajarkan biasa untuk mengucapkan kosa kata inggris, anak-anak juga diajak untuk lebih berani mencoba berbicara bahasa Inggris. Apalagi jika ini diterapkan terus menerus secara rutin.

2. Grammar

Di usia sekolah dasar sudah banyak tempat les yang mengajarkan materi grammar sederhana. Seperti halnya simple past atau simple present. Pemahaman terhadap grammar penting diterapkan pada anak agar nantinya ia lebih mudah untuk menulis kalimat dalam bahasa Inggris nantinya.

Apalagi dapat dikatakan jika pemahaman grammar ini penting ditanamkan sejak dini mengingat ia menjadi salah satu materi yang sulit untuk dipahami. Tak ada salahnya mengenalkan dahulu dasar-dasar grammar terhadap anak-anak melalui materi yang diberikan.

Untuk memudahkan pemahaman sebenarnya ada banyak metode yang dapat diberikan. Mulai dari metode menggunakan alat peraga sampai dengan praktik langsung menulis kalimat dengan menggunakan grammar. Tinggal dipilih yang dirasa paling sesuai dengan kondisi siswa yang belajar nantinya.

3. Kosa Kata Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menyediakan banyak kosa kata untuk dipelajari dan digunakan. Seringkali keterbatasan kosa kata inilah yang kemudian menjadi pengganjal dalam proses pembelajaran speaking. Ada banyak yang sebenarnya dapat menjadi cara untuk mulai melakukan pembelajaran verb untuk anak sekolah dasar.

Salah satunya dengan mulai dari memberikan kosa kata yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari lebih dahulu. Misalkan saja benda-benda yang biasa ia temui atau kegiatan yang biasa dilakukan. Seiring berjalannya waktu pengenalan kosa kata yang lebih luas dapat dilakukan. Pilih kata-kata yang mudah dimengerti lebih dahulu.

4. Reading

Memahami bacaan sederhana biasanya juga menjadi materi yang diterapkan untuk pembelajaran bahasa Inggris anak sekolah dasar. Biasanya bacaan yang digunakan adalah bacaan sederhana yang memiliki beberapa poin penting.

Seperti contohnya bacaan percakapan sehari-hari atau berbagai hal lain. Bahkan tak jarang yang memberikan bacaan berupa cerita pendek terkait kehidupan sehari-hari atau dongeng. Dari bacaan tersebut nantinya siswa diajak untuk mengerti inti dari bacaan. Di sisi lain siswa juga diajak memahami maksud dari pembuat bacaan.

Lihat juga: Dapat Dijadikan Pekerjaan Sampingan, Ini Tips Mengajar Les Privat

Keempat materi les bahasa inggris untuk anak sekolah dasar di atas menjadi materi utama yang banyak digunakan di beragam tempat les. Namun, tentu saja setiap tempat les memiliki cara dan media belajar yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Pilih yang dirasa paling baik untuk siswa.