Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Olimpiade Matematika Kelas 3 dan 4 SD Plus Kunci Jawabannya

Soal Olimpiade Matematika Kelas 3 dan 4 SD Plus Kunci Jawabannya
Download soal seleksi olimpiade kelas 3 dan 4 Matematika SD yang sudah disertai dengan kunci jawaban.

Ciri utama dari soal olimpiade matematika SD adalah bersifat non-rutin dan menekankan pada pemecahan masalah (problem solving). Oleh karena itu, soal-soal olimpiade matematika untuk kelas 3 dan 4 SD jarang ditemui di kelas.

Soal olimpiade Matematika SD adalah tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Untuk dapat menyelesaikan soal, lebih diperlukan proses berpikir secara kritis, logis, nalar dan kreatif, tidak lagi sekedar ingatan.

Saat seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SD dengan materi Matematika kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya. Secara umum materi soal olimpiade Matematika SD adalah sebagai berikut:


  • Bilangan
  • Aritmatika
  • Geometri
  • Statistika, Data, dan Pengukuran
  • Kombinatorik


Strategi persiapan mengikuti olimpiade Matematika salah satu diantaranya adalah berikan sebanyak mungkin soal-soal tingkat Olimpiade. Dimulai dengan soal-soal yang relatif lebih mudah, secara bertahap naik ke soal yang lebih sulit.

Soal-soal olimpiade mata pelajaran Matematika kelas 3 dan 4 SD bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti buku bank soal olimpiade dan internet. Berikut contoh soal olimpiade matematika kelas 3 dan 4 SD/MI:

I. Soal Pilihan Ganda

7. Hari ini di kelas ada 3 mata pelajaran. Setiap mata pelajaran berlangsung selama 45 menit. Jika pelajaran dimulai pukul 07.00, ketiga pelajaran berakhir pada pukul ....
A. 09.15
B. 10.15
C. 11.15
D. 12.15

23. Pada hari minggu pagi, Lala dan teman-temannya berlari mengelilingi sebuah lapangan yang berbentuk persegi dengan panjang sisi 46 m sebanyak 1 kali. Mereka telah menempuh jarak 152 m. Sisa jarak lapangan yang harus ditempuh Lala dan teman-temannya adalah ....
A. 202 m
B. 106 m
C. 32 m
D. 8 m

II. Soal Isian Singkat

5. Umur Pak Danu 5 tahun lebih tua dari umur Bu Ela. Umur Bu Ela 30 tahun kurang dari umur Pak Farid. Umur Pak Farid tiga kali umur Bu Gina. Jika umur Bu Gina 25 tahun. Berapa umur Pak Danu ?

10. Pak Andi membeli 16 paket gula pasir masing-masing beratnya 5 kg. gula pasir iru akan dimasukkan kedalam kantong plastik dengan berat 2 kg. Banyak kantong plastik yang diperlukan adalah ….

19. Dua bilangan berikutnya dari barisan 3, 4, 7, 11, 18 , …, …. Adalah ….

Download Soal Olimpiade Matematika Kelas 3 dan 4 SD Plus Kunci Jawabannya


Untuk bisa mengikuti Lomba Olimpiade Matematika, diperlukan persiapan yang matang. Belajar soal-soal Olimpiade Matematika kelas 3 dan 4 SD/MI, dengan cara beli buku ataupun download kumpulan soal olimpiade Matematika SD yang disertai juga dengan pembahasan dan kunci jawabannya.

Selengkapnya naskah soal seleksi olimpiade kelas 3 dan 4 Matematika SD/MI yang sudah disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya berformat .pdf bisa didownload melalui link berikut ini:


Dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal, anak akan terbiasa dan tidak grogi saat perlombaan olimpiade Matematika. Silahkan download soal Olimpiade Matematika di atas untuk memperbanyak soal latihan agar sukses menghadapi Olimpiade.