Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ngaku Deh, Ini Loh 8 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Jadi Guru SD!

Ngaku Deh, Ini Loh 8 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Jadi Guru SD!
Sebagian orang tidak suka menjadi guru SD, namun banyak kok yang masih menyukai profesi ini. Jika kamu salah satunya, berikut hal paling dirasakan guru SD.

Menjadi guru adalah hal keren yang bisa buat kamu iri. Kenapa begitu? Karena pengalaman menjadi guru tidak akan bisa kamu temui di profesi yang lain. banyak hal unik yang akan kamu dapatkan ketika jadi guru bahkan di luar ekspektasimu. Memang seperti apa sih kesan jadi guru itu? Berikut hal yang dirasakan guru SD yang bisa dijadikan inspirasi buat kamu:

1. Kamu Bakal Jadi Idola Bagi Muridmu

Jika diluaran sana harus jadi artis dulu supaya mendapatkan fans atau pengidola, hal tersebut tidak berlaku bagi seorang guru. Guru bakal jadi idola bagi muridnya, terutama kalau sudah bisa menarik hati semua murid. Mudah kok untuk bisa mengambil hati murid. Caranya dengan mengajaknya interaksi dan sesekali masuk ke dalam kehidupan mereka.

Jadikan mereka seperti seorang sahabat dan teman. Kamu bisa berperan menjadi seorang kakak yang senantiasa mendengarkan ceritanya dan melindunginya. Ketika ada salah satu murid yang mengalami masalah, kamu bisa coba memecahkan solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi.

Dengan begitu kamu bakal menjadi guru idaman yang menyenangkan. Mereka secara tidak sadar akan merasa malu jika membuat kerusuhan. Jadi menjadi sahabat, teman atau kakak bagi muridnya adalah metode ampuh agar mereka nyaman ketika proses belajar berlangsung.

2. Kamu Bakal Ketemu Orang Banyak yang Punya Karakter Berbeda

Di ruang lingkup pendidikan bukan hanya akan bertemu dengan anak didik saja. kamu akan bertemu dengan orang dewasa sesama guru dan wali murid dengan beragam karakternya. Jika kamu tidak pandai membawakan diri, hal buruk pasti akan mendatangimu. Kamu harus bisa beradaptasi dan bisa bersikap dengan memahami karakter dari lawan bicaramu.

3. Kamu Menjadi Tempat Curhat

Jangan kaget kalau tiba-tiba ada yang curhat ya. Terutama wali murid yang memiliki masalah dengan anaknya yang bandel. Secara spontan mereka akan menuangkan segala isi yang ada di dalam hati mengenai anaknya. Sikap kamu sebaiknya coba dengarkan dan sebisa mungkin memberikan solusi dari masalah wali murid dalam mendidik anaknya.

4. Gampang-Gampang Susah Dalam Mengajar

Mengajar dibutuhkan keterampilan berbicara dan menyampaikan materi. Tidak berhenti sampai di situ saja, yang paling pokok adalah murid bisa memahami apa yang kamu sampaikan. Terutama saat kondisi kelas sedang rebut, kamu harus bisa mengambil peran untuk menenangkan agar proses belajar bisa berjalan dengan baik.

5. Tugas yang Banyak

Mungkin diluaran sana banyak yang mengira bahwa kerja guru hanya mengajar dan mengoreksi saja. Padahal banyak banget loh pekerjaannya. Selain tugas pokoknya mengajar ada tugas lainnya seperti membuat grafik peningkatan belajar, membuat rencana pembelajaran, menyusun kurikulum, mengadakan pelatihan-pelatihan dan lainnya.

6. Gaji yang Kadang Tidak Seberapa

Jika guru hanya memikirkan soal gaji, tidak akan ada yang kuat menjadi guru. Namun, dengan gaji yang tidak seberapa itu kehidupan mereka terlihat damai dan berkecukupan. Mungkin itu yang dinamakan berkah. Asalkan kamu ikhlas mengajar dan memberikan yang terbaik bagi murid, bukan suatu yang mustahil kalau kehidupanmu serba cukup.

7. Kamu Merindukan Liburan

Guru juga seorang manusia yang terkadang sangat merindukan liburan. Waktu liburan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Walaupun dalam pikiran masih terdapat beban tugas dalam menyiapkan bahan untuk pembelajaran. Dari rutinitas padat setiap hari tersebut, liburan menjadi berita yang sangat membahagiakan.

8. Calon Menantu Idaman

Bisa dibilang guru itu calon menantu idaman. Selalu memiliki bakat yang luar biasa dengan multitalentanya juga sudah dipastikan punya akhlak yang baik. Guru harus mencontohkan akhlak yang baik pada muridnya. Secara tidak langsung hal baik ini ke bawa pada kehidupannya sehari-hari.

Menarik bukan? Itulah hal paling dirasakan guru SD. Apa kamu ingin juga menjadi guru SD? Apapun pilihanmu yang terpenting adalah terus berperilaku positif dan penuh tanggung jawab dengan pekerjaan. Kamu bisa contoh guru SD yang tidak kenal lelah mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa.

Berlangganan via Email