5 Hal yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Menulis
Cari Berita

Atas


5 Hal yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Menulis

Jumat, 28 Februari 2020

5 Hal yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Menulis
Orangtua harus memahami 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum belajar menulis berikut ini supaya tumbuh kembangnya maksimal.

Buah hati sudah memasuki usia tiga tahun? Tentu setiap orangtua akan sangat senang dan semangat karena ini artinya anak siap memasuki bangku sekolah yakni PAUD. Lantaran sudah mulai sekolah, anak tentu akan belajar banyak hal seperti membaca hingga menulis. Namun supaya persiapan buah hati maksimal, berikut 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum belajar menulis.

1. Melukis dengan Jari

Melukis atau menggambar adalah salah satu hobi balita. Supaya bisa membantu dalam tujuan belajar menulis kelak, biarkan si kecil untuk melukis menggunakan jari. Apakah berkaitan? Sudah pasti karena keterampilan pra-menulis bisa dikembangkan dengan cara membiarkan balita mencorat-coret dengan jari. Biarkan buah hati mengekspresikan dalam bentuk acak sebelum akhirnya dia belajar menulis.

Lantaran termasuk dalam 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum belajar menulis, Anda bisa memulainya dari bentuk sederhana seperti mengenalkan lingkaran, bentuk persegi, segitiga hingga lainnya. Jika perlu, latihlah konsentrasi si kecil dengan mewarnai bentuk bangun tersebut tanpa melewati batas garis.

2. Melihat Gambar

Setiap orangtua harus paham jika tahapan perkembangan kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) bukanlah hal-hal yang harus dipelajari balita secara singkat. Terutama anak-anak balita di rentang usia 3-5 tahun, mereka diharapkan sudah mulai memiliki keinginan untuk membaca yang nantinya akan sangat berguna ketika belajar menulis.

Untuk itulah coba untuk melatih keinginan melihat dan menyebutkan suatu gambar sebagai satu dari 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum belajar menulis. Anda bisa menyediakan buku bergambar dan meminta anak untuk menyebutkan nama dalam gambar tersebut. Jika nanti kemampuan melihat dan mengingat gambar ini terasah, belajar menulis tidak akan menyulitkannya.

3. Menjiplak Pola

Mengajarkan anak-anak balita menulis memang tidak semudah yang dibayangkan. Balita cenderung senang bermain dan biasanya tidak cepat memahami bentuk-bentuk huruf serta angka. Supaya nanti proses belajar menulis tidak menyusahkannya, Anda bisa melatih si kecil dengan menjiplak pola huruf tunggal. Cobalah mengenalkan huruf abjad dan angka satu-persatu lewat kegiatan ini.

Tak perlu terburu-buru, menjiplak pola bisa dimulai dengan huruf tunggal vokal yakni A-I-U-E-O. Jika buah hati sudah terbiasa menjiplak mengikuti aturan pola, beralihlah ke huruf konsonan dan kemudian angka. Dengan latihan secara rutin, anak tak akan kaget kalau nanti sudah memasuki pelajaran menulis di PAUD. Bahkan dia mungkin akan tampak lebih mampu dibandingkan rekan-rekannya.

4. Permainan Balok dan Adonan Lilin

Supaya buah hati yang berusia di bawah lima tahun bisa belajar menulis, orangtua haruslah memastikan kalau keterampilan motorik halusnya terus meningkat. Untuk bisa meningkatkannya, Anda bisa mengajaknya bermain entah balok, lego hingga adonan lilin seperti Play-Doh. Selain itu Anda juga bisa mengajarkannya menuangkan air dari satu wadah ke wadah lain tanpa tumpah.

Meskipun tampak mudah, kegiatan ini termasuk dalam 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum menulis karena memang bertujuan melatih keterampilan motorik halus. Nanti jika keterampilan motorik si kecil sudah terasah, tentu kapan anak belajar menulis jelas bisa mulai diterapkan kepada buah hati.

5. Duduk dengan Tepat

Apakah ada kaitannya kemampuan balita duduk dengan tepat di bangku atau kursi dengan belajar menulis? Tentu saja ada. Karena sebetulnya mengajarkan balita duduk di kursi dengan posisi yang benar tidaklah mudah. Padahal duduk secara tepat mempengaruhi kemampuan menulis serta kebiasannya menulis kelak. Jadi tips belajar untuk balita yang bisa Anda coba adalah selalu melatihnya untuk belajar duduk sendiri.

Karena menjadi salah satu dari 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum belajar menulis, ada baiknya Anda melatih kemampuan duduk ini dengan sabar. Jadikan rutinitas sehari-hari secara menyenangkan hingga anak akhirnya terbiasa. Anak yang sudah mampu duduk sendiri di bangku atau kursi dan menghadap ke meja, jelas akan siap menerima pembelajaran menulis dari gurunya.

Bagaimana? Sebetulnya tidak terlalu menyulitkan mengenai 5 hal yang harus dikuasai balita sebelum belajar menulis. Orangtua hanya perlu sabar dan tidak pernah lelah mengajari serta mendampingi buah hati. Jangan terlalu memberi tekanan karena pada dasarnya, anak-anak balita memang masih menganggap dunianya dipenuhi dengan bermain bersama teman-teman.