Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung

Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung
Yang Penting Untuk Diingat Orang Tua Saat Mengajari Anak Membaca, Menulis Dan Berhitung.
Anak tidak langsung memiliki kemampuan membaca, menulis dan berhitung (Calistung). Diperlukan pengajaran yang rutin oleh orang tuanya melalui tahapan belajar di rumah sejak dini. Mengajari anak membaca, menulis dan berhitung akan menjadi tonggak yang kuat untuk proses belajar yang berlangsung seumur hidup.

Namun, masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa mengajarkan anak membaca, menulis dan berhitung tidak perlu dilakukan sejak anak masih kecil. Karena efeknya dapat membuat anak stres akibat tekanan yang tidak sesuai dengan usianya. Hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan, hal-hal apa saja yang penting untuk diingat orang tua saat mengajari anak membaca, menulis dan berhitung?

5 Hal Yang Penting Untuk Diingat Orang Tua Saat Mendampingi Anak Belajar Membaca, Menulis dan Berhitung

1. Pahami kebiasaan anak

Kebiasaan anak secara umum yaitu senang bermain. Anda perlu memahami kebiasaan tersebut sebelum mengajaknya belajar. Sia-sia saja jika Anda mengajaknya belajar disaat sedang senang-senangnya bermain, yang ada malah rewel dan sulit memahami apa yang diajarkan.

Bisa saja menerapkan metode belajar sambil bermain, tetapi bukan berarti harus dipaksakan. Perlu cara tepat agar anak nyaman, senang dan selalu bersemangat saat belajar membaca, menulis dan berhitung.

2. Tidak melebihi kemampuan anak

Jangan memaksa anak memahami semua yang Anda ajarkan, karena kemampuan otak anak tidak sama dengan orang dewasa. Jika dipaksakan harus hapal, yang terjadi malah anak stres, kapok dan sulit untuk diajak lagi belajar.

Sebagai orang tua harus lebih memahami sejauh mana kemampuan anak dalam menangkap pelajaran, apalagi usianya masih kecil. Yang penting untuk selalu diingat setiap orang yaitu mengajari apapun pada anak tidak melebihi kemampuan anak.

3. Ajarkan hal-hal yang membuatnya senang dan cepat dimengerti

Penting untuk selalu diingat orang tua saat mengajari anak belajar membaca, menulis dan berhitung yaitu perasaannya. Usahakan Anda mengajarkan hal-hal yang sekiranya cepat dimengerti anak dan membuatnya merasa senang.

Dengan demikian, proses belajar Calistung akan jauh lebih menyenangkan dan tidak akan membuat anak Anda stres karena tekanan belajar yang sulit dan menjenuhkan.

4. Belajar secara rutin

Orang tua perlu memahami karakter anak, baik dari kebiasaan ataupun dari hobinya. Karena orang tua seperti itu akan lebih mengerti kapan waktunya anak untuk belajar. Yang harus diingat orang tua adalah rentang waktu belajar yang tidak terlalu sering dan tidak mengganggu aktivitas bermain anak.
Selain itu, Anda perlu menerapkan metode belajar secara rutin agar anak tidak merasa jenuh dan bosan.

5. Berikan apresiasi

Jika anak semangat belajar membaca, menulis dan berhitung, berikan ia apresiasi berupa pujian dan hadiah. Hal ini penting untuk selalu diingat orang tua agar anak merasa nyaman saat Anda mengajarkannya.

Dengan kelima hal tersebut, mengajari anak membaca, menulis dan berhitung akan jauh lebih efektif dan anak pun tidak akan merasa tertekan karena tidak adanya paksaan apapun.