Kisi-Kisi Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020 Mapel IPA
Cari Berita

Atas


Kisi-Kisi Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020 Mapel IPA

Jumat, 21 Februari 2020

Kisi-Kisi Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020 Mapel IPA
Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020 Mapel IPA

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai tahun 2020 ini telah dihapus. Sebagai gantinya, pemerintah melaksanakan ujian sekolah (US) atau biasa disebut assesement. Perubahan ini dilakukan sebagaiamana tertuang dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 43 tahun 2019.

Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa kelas 6 SD tahun ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Bahkan, seluruh sekolah harus membuat soal ujian masing-masing. Jadwal ujian sekolah sebelumnya tertuang dalam POS jadwal USBN untuk SD/MI dari tanggal 2-4 Mei 2020. Setelah terbit Permendikbud Nomor 43 tahun 2019, jadwal itu tidak berlaku.

Lihat juga: Kisi-Kisi Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020 Mapel Bahasa Indonesia

Beberapa Dinas Pendidikan (Disdik) telah mengeluarkan kisi-kisi untuk pembuatan soal ujian sekolah bagi SD pada 2020 ini. Jadi, dari kisi-kisi ujian sekolah SD tahun 2020 ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk belajar siswa kelas VI SD. Berikut materi kisi-kisi ujian sekolah SD mata pelajaran (mapel) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun pelajaran 2019/2020.

Makhluk hidup dan lingkungannya
Struktur dan fungsi makhluk hidup
Benda dan sifatnya
Energi dan perubahannya
Bumi dan alam semesta

Ini indikator soal dari tiap nomor soal:

1. Disajikan gambar tumbuhan/hewan, siswa dapat menentukan cara penyesuaian dirinya dengan tepat.
2. Disajikan deskripsi tentang kondisi sebuah habitat, siswa dapat menentukan jenis populasi tumbuhan/hewan yang hidup di tempat tersebut.
3. Disajikan nama-nama makhluk hidup di dalam sebuah ekosistem, siswa dapat menyusun rantai makanan pada ekosistem tersebut.
4. Disajikan sebuah rantai makanan, siswa dapat memprediksi dampak yang terjadi pada rantai makanan tersebut.
5. Disajikan gambar lingkungan yang mengalami kerusakan, siswa dapat menentukan kegiatan untuk menjaga keseimbangan lingkungan tersebut.
6. Disajikan ilustrasi tentang tindakan/kegiatan manusia terhadap sebuah lingkungan, siswa dapat menentukan dampak positif/negatif yang ditimbulkan dengan tepat.
7. dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu dengan tepat.

Selengkapnya kisi-kisi ujian sekolah mata pelajaran IPA jenjang SD tahun 2020 dapat Anda download di sini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan kelulusan peserta didik untuk ditentukan melalui ujian sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan berdasarkan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru. Bahan ujian sekolah untuk kelulusan peserta didik dibuat oleh guru pada masing-masing sekolah.

Lihat juga: Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel IPA Tahun 2020

Sekolah yang belum siap membuat bahan ujian sekolah dapat menggunakan bahan penilaian (tes tertulis, tugas, dan atau bentuk ujian lain) yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti soal-soal yang dibuat oleh Kelompok Kerja Guru. Kemendikbud menyediakan contoh-contoh praktik baik ujian sekolah melalui laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/publikasi.