Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel IPA Tahun 2020

Download naskah soal latihan try out ujian sekolah mapel IPA bagi siswa kelas VI SD tahun pelajaran 2019/2020 berformat .pdf

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai tahun 2020 ini telah dihapus. Sebagai gantinya, pemerintah melaksanakan ujian sekolah (US) atau biasa disebut assesement. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa kelas 6 SD tahun ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Bahkan, seluruh sekolah harus membuat soal ujian masing-masing.

Dinas Pendidikan (Disdik) telah mengeluarkan kisi-kisi untuk pembuatan soal ujian sekolah bagi SD pada 2020 ini. Jadi, dari kisi-kisi ujian sekolah SD tahun 2020  ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk belajar siswa kelas VI SD. Jadwal ujian sekolah akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2020. Salah satu mata pelajaran (mapel) yang diujikan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam.

Materi Pokok Ujian Sekolah SD Mapel IPA

Makhluk hidup dan lingkungannya
Struktur dan fungsi makhluk hidup
Benda dan sifatnya
Energi dan perubahannya
Bumi dan alam semesta

Soal Try Out (TO) Ujian Sekolah SD Mapel IPA


5. Sebuah bioma didominasi oleh batu dan pasir, memiliki curah hujan yang sangat rendah yaitu kurang dari 250 mm/tahun. Keadaan tanahnya sangat tandus dan tidak dapat menyimpan air. Perubahan suhu yang sangat ekstrim yaitu mencapai 60°C pada siang hari dan 0°C pada malam hari. Air tanah yang tersedia cenderung berasa asin karena mineral garam tidak mengalami pencucian oleh drainase maupun air hujan.

Jenis tumbuhan yang dapat beradaptasi pada bioma tersebut adalah...
A. kelapa sawit
B. pohon pinus
C. pohon kaktus
D. pohon jati

6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1. Paruh berbentuk sudu
2. Paruh panjang dan runcing
3. Kaki berselaput
4. Tubuh kecil dengan kepak sayap yang cepat
5. Mata tajam, kuku panjang dan runcing
6. Kaki tipe pencengkeram

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas yang termasuk bentuk adaptasi hewan penghisap madu adalah ...
A. 1,3
B. 2,4
C. 4,5
D. 5,6

7. Pencemaran air yang disebabkan oleh masuknya limbah industri ke sungai mengakibatkan terancamnya kelestarian ekosistem tersebut. Banyak ikan dan organisme lainnya mati akibat pencemaran limbah industri. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah ...

A. Menutup pabrik-pabrik yang masih beroperasi.
B. Membendung aliran limbah yang berasal dari industri.
C. Melepaskan ikan-ikan yang tahan terhadap limbah.
D. Mengolah limbah industri sebelum dibuang ke sungai.

9. Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Salah satu jaringan yang terdapat pada tumbuhan adalah jaringan floem (pembuluh tapis) yang berfungsi untuk ...

A. melindungi jaringan lain yang ada di bawahnya
B. mengangkut air dan zat hara dari tanah ke batang dan daun
C. mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
D. memperbesar diameter batang tumbuhan

36. Baru-baru ini telah terjadi longsor di Sukabumi, hal ini terjadi karena hutan yang sudah gundul. Tuliskan 5 cara melestarikan hutan!

37. Sebutkan 4 (empat) cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi!

39. Jelaskan 3 cara pemakaian kipas angin dengan tetap menghemat energi listrik!

Download Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel IPA


Jumlah butir soal ujian sekolah IPA di atas sebanyak 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Selengkapnya naskah soal latihan try out ujian sekolah mapel IPA bagi siswa kelas VI SD tahun pelajaran 2019/2020 berformat .pdf yang belum disertai dengan kunci jawaban bisa didownload melalui link berikut ini:


Soal ujian sekolah mapel IPA memuat tiga level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Untuk bahan belajar menghadapi ujian sekolah, bisa menggunakan soal try out atau soal prediksi ujian sekolah SD tahun 2020 yang didapat dari internet atau buku. Semoga bermanfaat.