Ternyata Suka Duka Menjadi Guru Kelas 5 SD Ini Sering Jadi Sorotan
Cari Berita

Atas


Ternyata Suka Duka Menjadi Guru Kelas 5 SD Ini Sering Jadi Sorotan

Minggu, 02 Februari 2020

Ternyata Suka Duka Menjadi Guru Kelas 5 SD Ini Sering Jadi Sorotan
Memangnya sesulit apa sih menjadi guru kelas 5 SD itu? Dan apa gak ada kemudahannya?

Hal-hal unik akan kamu dapatkan jika memilih profesi sebagai guru. Profesi ini sangat berbeda dengan profesi lainnya. Mulai dari tugas yang harus dikerjakan, pengalaman yang didapat dan permasalahan yang terjadi. Mungkin kamu pernah mendengar suka duka menjadi guru kelas 5 SD yang belakangan ini sering jadi sorotan dan banyak diperbincangkan.

Melihat dari tingkat kesukarannya memang sangat wajar sekali rumor tersebut berkembang pesat. Memangnya sesulit apa sih menjadi guru kelas 5 SD itu? Dan apa gak ada kemudahannya? Penasaran? Simak suka duka menjadi guru kelas 5 SD berikut:

Jangan Kaget Kalau Kamu Tiba-tiba Jadi Idola

Kamu pernah mendengar istilah cinta monyet? Ya cinta monyet ini sering terdengar di telinga kita. Cinta monyet memang tidak tahu pasti kapan datangnya. Namun seiring berkembangnya teknologi dan maraknya film sinetron anak 5 SD mulai mengenal istilah kata cinta.

Jika kamu ganteng, cerdas dan menarik gak usah heran kalau murid kamu akan cinta padamu. Cinta memang gak mengenal usia, kalau kejadian ini sampai terjadi pada muridmu. Kamu harus bisa mengambil sikap yang paling tepat.

Jangan sampai kamu memberikan harapan palsu. Sebaiknya sampaikan ke anak-anak didik bahwa “Cinta pada kekasih ada waktunya. Nanti setelah sudah menjelang dewasa. Masa SD adalah masanya kamu belajar. Nanti kalau kamu pandai semua orang akan berebut untuk meraih cintamu”. Mendengar nasehat ini pasti mereka bisa lebih semangat belajar dan gak lagi memikirkan soal cinta.

Siap-siap Ya Kalau Ada yang Curhat

Curhatan anak SD pasti berbeda dengan curhatan orang dewasa. Kamu dalam hati akan dibuat tertawa kegelian mendengar curhatan mereka. Masalah yang sering dicurhatkan sebenarnya sangat sepele dan gak penting. Tapi namanya aja anak kelas 5 SD, biar bagaimanapun mereka terkadang membutuhkan masukan dari orang yang lebih dewasa.

Mengajar Kelas 5 SD Itu Gak Mudah

Paling gregetan kalau ada anak yang bandelnya minta ampun. Kalau gak sabar rasanya ingin meluapkan emosi. Namun, seorang guru gak boleh melakukan hal tersebut. Guru SD harus ekstra sabar agar gak dicontoh oleh anak-anak. Meskipun marahmu bermaksud untuk membuat mereka takut tapi itu bukan ide yang paling cemerlang.

Ada cara lain yang bisa kamu coba terapkan agar mengajarmu mudah. Pertama kamu bisa coba tanyakan ke anak-anak lebih suka metode belajar yang seperti apa. Misalnya dengan membuat kelompok atau metode diskusi, metode audio visual atau dengan game. Kamu bisa coba diskusikan kepada mereka.

Administrasi yang Dikerjakan Sangat Banyak

Waktu yang pendek bukan jaminan administrasi sekolah jadi sedikit. Guru kelas 5 SD memiliki pekerjaan tambahan di luar tugas utamanya mengajar yaitu mengurus administrasi mulai dari persiapan mengajar, saat mengajar dan setelah mengajar.

Persiapan mengajar meliputi apa saja yang harus diajarkan pada anak-anak, saat mengajar meliputi bagaimana membuat suasana kelas efektif dan efisien serta setelah mengajar meliputi mengurus absensi, mengoreksi dan lainnya.

Gaji Kecil, Tapi Berkah

Gak menutup kemungkinan kamu harus punya penghasilan tambahan di luar mengajar. Jika kamu belum menjadi PNS gaji guru SD sangat kecil. Belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun kenapa mereka tetap bertahan? Karena keberkahan membuat semuanya jadi cukup. Ada aja sumber penghasilan lain yang masuk. Dan hidup guru jauh lebih berkah.

Profesi guru menjadi salah satu yang menjadi impian semasa kecil. Tapi, apa kamu masih ingin melanjutkan mimpi kecil kamu kalau sudah tahu suka duka menjadi guru kelas 5 SD di atas? Mengingat sukanya lebih bermanfaat daripada dukanya, sebaiknya tetap lanjutkan ya demi turut mencerdaskan anak bangsa.