Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantas Disebut Pahlawan! Begini Suka Duka Menjadi Guru Kelas 3 SD

Ada suka suka menjadi guru kelas 3 SD yang sering dirasakan.

Apakah kamu di antara mereka yang punya mimpi jadi guru SD? Jika iya kamu ingin mengajar di kelas berapa? Atau pasrah aja yang penting bisa mengajar? Meskipun mengajar anak SD sudah jadi hobi kamu, perlu diingat ya. mengajar anak SD tidak semudah yang dipikirkan. Ada suka suka menjadi guru kelas 3 SD yang sering dirasakan.

Jika impian kamu sudah besar harus diiringi juga dengan mental yang kuat. Tujuannya agar kamu bisa lebih siap menghadapi anak SD yang mulai haus dengan ilmu pengetahuan. Terutama pada anak kelas 3 SD ini. Tidak percaya? Berikut suka duka menjadi guru kelas 3 SD:

Harus Menguasai Beberapa Mata Pelajaran

Menjadi guru kelas 3 SD terutama saat ditunjuk untuk menjabat sebagai wali kelasnya harus menguasai beberapa mata pelajaran. Kamu tidak cukup tahu saja tapi harus paham betul semua mata pelajaran yang diajarkan. Anak sekarang pandai-pandai dan banyak keingintahuannya.

Anak kelas 3 SD biasanya awal mereka menanyakan sesuatu yang masih belum jelas maksudnya. Jika kamu tidak menguasai pelajaran dengan baik akan sangat kesulitan nantinya dalam menerangkan apa yang ditanyakan murid. Hal ini menuntut kamu untuk terus belajar sepanjang waktu baik masih dalam konteks pelajaran atau hal lainnya.

Kerepotan Saat Menemui Murid Lebih Pintar

Anak kelas 3 SD biasanya sudah mulai berani melakukan kritikan. Kesalahan kecil dalam memberikan pelajaran hanya akan mendapatkan kritikan dari murid. Meskipun masih kecil terkadang kritikan dari mereka suka bikin malu dan sakit. Malu karena muridmu lebih pandai di usia yang masih kecil dan sakit hati karena merasa muridmu lancang.

Di sini kesabaran dan kedewasaanmu sedang diuji. Kamu harus tetap bersikap santun dan mencontohkan yang baik ke semua murid. Jika murid salah dalam menyampaikan kritikan tugas kamu adalah mengajarinya cara menyampaikan kritikan yang baik. Jadikan murid sebagai teman namun tetap saling menghormati satu sama lain. dengan mengajarkan batasan-batasannya kepada mereka.

Bangga dan Menjadi Idola

Siapa yang tidak senang saat murid yang kamu didik meraih prestasi akademik. Lomba sekolah sering diadakan dan tingkatan terbawah yang sering diikutkan dalam perlombaan adalah tingkat 3 SD. Rasa tegang tentu dirasakan semua guru yang mengajar kelas 3 SD tapi dibalik itu semua ada kepuasan bagi mereka yang sukses menciptakan anak-anak yang berprestasi.

Liburan Gratis

Liburan gratis? Siapa sih yang tidak menginginkannya? Semua orang pasti menginginkan hal itu. Termasuk kamu pastinya bukan? Kamu akan dapatkan liburan gratis jika bisa menjadi guru di kelas 3 SD. Biasanya liburan di sekolah ada dua kali pertama untuk murid-murid dan yang kedua untuk guru dan karyawan.

Khusus untuk liburan murid biasanya hanya didampingi oleh wali kelas masing-masing. Di kelas 3 SD semua mata pelajaran diajarkan hanya satu orang aja yaitu wali kelas. Kamu bisa pergi liburan gratis dengan menjadi guru di kelas 3 SD tersebut.

Murid Mudah Diatur

Anak kelas 3 SD jauh lebih mudah diatur karena mereka sudah mulai bisa membedakan yang benar dan salah. Mereka sangat mudah dinasehati dan menurut semua yang kamu katakana. Tapi kamu harus hati-hati jangan sampai salah dalam berkata nanti murid meniru apa yang kamu katakan.

Demikian suka duka menjadi guru kelas 3 SD. Suka duka mengajarkan kelas 3 SD bisa kamu rasakan sendiri nantinya ketika sudah mulai mengajar. Apapun bisa terjadi di dalam kelas. Hal yang harus selalu kamu ingat adalah pandai-pandailah membawakan diri. Berikan contoh yang baik dan jadilah guru idola bagi mereka.

Berlangganan via Email