Tidak Selamanya Mudah! Ini Suka Duka Menjadi Guru Kelas 2 SD
Cari Berita

Atas


Tidak Selamanya Mudah! Ini Suka Duka Menjadi Guru Kelas 2 SD

Selasa, 28 Januari 2020


Tidak Selamanya Mudah! Ini Suka Duka Menjadi Guru Kelas 2 SD.

Jika kamu sudah berpengalaman mengajar kelas 1 SD tentu bukan menjadi masalah ketika diminta mengajar kelas 2 SD. Namun apa jadinya kalau kamu belum memiliki pengalaman atau selama ini hanya mengajar tingkatan yang lebih tinggi? Tentu ada tantangannya tersendiri. Jika kamu ingin mengajar kelas 2 SD alangkah baiknya ketahui suka duka menjadi guru kelas 2 SD untuk menyiapkan mental kamu nantinya.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Kelas 2 SD

Mental guru sangat diperlukan karena kamu harus bisa mengontrol diri meskipun sedang ada masalah. Jangan sampai masalah pribadi dibawa ke dalam kelas. Kamu harus tetap profesional dan ekstra sabar. Tetap berikan contoh yang baik dan menjadi sosok yang menyenangkan bagi semua murid. Tentu ini tidak mudah, maka dari itu yuk gali lebih dalam lagi suka duka menjadi guru kelas 2 SD di bawah ini!

Guru Kelas 2 SD Mengharuskan Seorang Guru Paham Teknologi

Era digital yang semakin maju berdampak pada sistem pendidikan. Guru SD kelas 2 harus memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi. Kelas 2 SD adalah usia paling ideal mengenalkan pada mereka mengenai cara penggunaan teknologi seperti gadget. Gadget bisa digunakan sebagai sarana belajar mereka.

Jika guru tidak menguasainya akan membuat kesulitan dalam menciptakan karakter anak didiknya. Anak-anak tanpa diminta sudah memiliki keterampilan dalam menggunakan gadget tersebut. Namun sayangnya masih salah dalam penggunaannya. Kebanyakan hanya digunakan untuk bermain game dan menonton video saja.

Dengan guru menguasai teknologi diharapkan bisa mengarahkan pada murid untuk menggunakan gadget sebagai sarana belajar. Guru bisa mulai memperkenalkan permainan yang diselipkan dengan pendidikan, menggambar dengan gadget dan lainnya.

Guru Kelas 2 SD Mengharuskan Memiliki Kompetensi yang Memadai

Demi mencetak generasi yang unggul guru SD harus senantiasa meningkatkan softskill-nya. Terutama yang berhubungan dengan metode mengajar yang baik. Cara mengajar yang salah hanya akan menjadikan proses belajar berjalan kurang efektif dan efisien. Di sini dibutuhkan kemampuan khusus atau metode yang sebaiknya digunakan memudahkan murid kelas 2 SD menerima materi dengan baik.

Cara yang bisa dilakukan beberapa di antaranya dengan memanfaatkan audio visual. Dengan begitu murid akan lebih senang dan materi bisa diterima dengan mudah. Sayangnya, kemampuan guru masih terbatas dan untuk bisa memiliki kemampuan tersebut harus meluangkan waktunya untuk belajar lagi.

Usia Berasa Lebih Awet Muda

Jika dari tadi sudah bicara soal dukanya menjadi guru kelas 2 SD kini beralih sejenak ke sukanya jadi guru SD kelas 2. Tidak selamanya menjadi guru kelas 2 SD itu menyebalkan justru kamu akan merasakan awet muda. Gimana tidak? Kamu akan bertemu dengan anak-anak setiap waktu dan bisa bercanda ria dengan mereka.

Selama kamu menikmati dan mampu berinteraksi dengan baik. Suasana mengajar akan terasa aman dan kondusif. Tidak akan ada yang namanya keributan di kelas. Tugas kamu adalah bisa mengambil hati murid.

Bisa Belajar Memahami Ragam Sifat Anak

Anak-anak itu memiliki keunikan sendiri-sendiri. Kamu bisa pelajari sifat mereka satu persatu dan mencoba memahaminya. Jika kamu berhasil tentu ada manfaat yang bisa diambil. Kamu bisa mengerti bagaimana cara mendidiknya dan menerapkannya dengan anak kamu sendiri nantinya.

Menjadi guru kelas 2 SD itu tidak hanya dukanya aja yang akan kamu rasakan tapi ada sukanya juga. Suka duka menjadi guru kelas 2 SD di atas memang yang sering dirasakan oleh guru SD pada era saat ini. Kamu siapkan mental ya kalau mau jadi guru kelas 2 SD.