Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghias Kelas SD Agar Lebih Menarik dan Membuat Betah

Cara Menghias Kelas SD Agar Lebih Menarik dan Membuat Betah
Ruangan kelas nyaman akan membuat siswa semangat belajar. Berikut cara menghias kelas SD agar lebih menarik dan membuat betah.

Jika Anda seorang guru SD, pastinya Anda menginginkan ruangan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk para siswa didik. Selain dapat mempercantik ruangan kelas, kelas yang sudah dihias juga akan membuat siswa lebih betah dan tidak malas ke sekolah. Cara menghias kelas SD agar lebih menarik dan membuat betah para siswa akan menjadi cara jitu Anda membuat siswa nyaman saat menerima pelajaran.

Anda bisa mengajak siswa untuk bersama-sama menghias ruangan kelas. Menghias ruangan kelas bersama akan meningkatkan ketrampilan bekerjasama antar siswa. Selain itu, menghias kelas juga dapat menumbuhkan kreativitas siswa.

Cara Menghias Kelas dengan Mudah


Menghias kelas akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu, menghias kelas secara bersama juga akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, terutama dalam hal melatih ketrampilan siswa. Agar kelas yang akan dihias menjadi semakin menarik, ada hal yang perlu diperhatikan dalam menghias kelas.

Tema Kelas

Dalam mempersiapkan kelas agar lebih menarik, Anda harus menyiapkan ide untuk menghias ruangan kelas. Langkah paling utama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan tema yang akan digunakan untuk menghias kelas. Beragam tema bisa Anda diskusikan bersama siswa didik untuk menentukan hiasan apa saja yang akan digunakan.

Selain tema kelas, Anda juga perlu menyisipkan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Adanya materi pelajaran yang dipajang di dinding kelas dapat mempercantik ruangan kelas dan siswa juga bisa belajar dari apa yang dilihatnya.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk menghias ruangan kelas, Anda memerlukan bahan yang akan digunakan untuk membuat pernak-pernik hiasan kelas. Anda bisa mengkreasikannya bersama para siswa, sehingga kelas menjadi lebih hidup dengan adanya hiasan kelas.

Biasanya dalam menghias kelas, bahan yang digunakan disesuaikan dengan tema kelas. Anda bisa menggunakan beraneka ragam kertas ataupun tanaman yang akan menghidupkan suasana kelas.

Cara Pembuatan Hiasan Kelas

Untuk menghias kelas, Anda harus mengetahui cara menghias kelas SD agar lebih menarik dan membuat betah. Anda bisa berkreasi dengan bahan yang akan digunakan untuk menghias ruangan. Anda bisa membuat dan mengkreasikan hiasan kelas bersama para siswa.

Selain dapat menjadi pembelajaran seni yang menyenangkan, menghias ruang kelas juga dapat melatih softskill siswa. Siswa akan memahami sebuah proses yang nantinya akan menentukan kesuksesannya kelak di masa mendatang.

Inspirasi Ide Ruangan Kelas SD


Agar lebih berkesan, pastinya Anda membutuhkan inspirasi ide untuk menghias ruangan kelas. Anda bisa memodifikasi sesuai dengan karakteristik siswa yang menempati dengan tema dan desain yang sudah disepakati bersama. Nah, untuk mempermudah Anda dalam menghias ruang kelas, berikut inspirasi ide menghias kelas untuk membuat lebih nyaman dan menarik.

Seni Menggambar dan Menempel

Ide untuk menghias ruang kelas pertama adalah dengan menggambar dan menempel. Anda bisa menggunakan kertas jenis apapun untuk menghias kelas. Jika terdapat kesulitan dalam menggambar, mencetak gambar dengan bantuan printer bisa membantu untuk membuat kelas lebih berwarna.

Untuk membuat kesan natural khas siswa SD, Anda bersama para siswa bisa menempel secara acak di sebuah bidang yang menjadi tempat khusus untuk menempel. Ada baiknya, Anda sudah menyiapkan konsep yang akan mempermudah dalam menghias kelas. Misalnya, pohon perkalian ataupun rumah anggota kelas yang berisi nama-nama siswa.

Seni Melipat

Agar lebih meriah, Anda bisa memanfaatkan kertas origami yang digunakan untuk membuat hiasan kelas. Dengan seni lipat kertas origami, Anda bisa membuat aneka bentuk 3 dimensi.
Selain dapat mengasah kreativitas siswa, melipat kertas juga bisa melatih motorik halus. Anda bisa melipat kertas origami menjadi beragam bentuk, seperti bentuk hati, kupu-kupu, kipas, ataupun burung origami.

Setelah melipat beragam jenis bentuk, Anda bisa menghias ruang kelas dengan menempelkannya ke dinding. Anda juga bisa menyusun bentuk origami di sebuah tali untuk digantung di dinding atau di jendela.

Cara menghias kelas SD agar lebih menarik dan membuat betah di atas bisa menjadi referensi Anda dan siswa didik. Meskipun sumber ide dan konsep desain kelas berasal dari Anda, ada baiknya Anda tetap membebaskan para siswa untuk berkreasi.

Berlangganan via Email