Soal Matematika Kelas 5 KD 3.6 Jaring-Jaring Kubus dan Balok
Cari Berita

Atas


Soal Matematika Kelas 5 KD 3.6 Jaring-Jaring Kubus dan Balok

Rabu, 25 Maret 2020

Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4, 5, dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari pelajaran tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Salah satu alasan digunakan buku Matematika pada Kurikulum 2013 revisi terbaru secara terpisah karena Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.

Salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan pada kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 adalah KD 3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dan 4.6 Memuat jariang-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok). Selengkapnya soal latihan penilaian harian Matematika kelas 5 materi pokok Jaring-jaring Kubus dan Balok yang berformat .pdf dapat didownload melalui link berikut ini:


Matematika di kelas 5, pada buku Tematik Terpadu sebelum revisi, kedalaman materinya terasa dangkal. Akibatnya, siswa tidak mendapatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Sehingga, perlu digunakan buku Matematika secara terpisah. Buku sebagai bahan ajar Matematika kelas 5 terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Untuk latihan dan memperbanyak bank soal matematika jaring-jaring kubus dan balok, Anda dapat mendownload soal diatas.

Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 Jaring-Jaring Kubus dan Balok


1. Pengertian dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Kubus

Soal Matematika Kelas 5 KD 3.6 Jaring-Jaring Kubus dan Balok

a. Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segiempat.

b. Sifat-Sifat Bangun Ruang Kubus

Bangun ruang kubus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • memiliki 6 sisi berbentuk persegi yang ukurannya sama luas
  • memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama panjang
  • memiliki 8 titik sudut
  • memiliki 4 buah diagonal ruang
  • memiliki 12 buah bidang diagonal


2. Pengertian dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Balok

Soal Matematika Kelas 5 KD 3.6 Jaring-Jaring Kubus dan Balok

a. Pengertian Balok

Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus.

b. Sifat-Sifat Bangun Ruang Balok

Bangun ruang balok memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • memiliki 4 sisi berbentuk persegi panjang ( 2 pasang persegi panjang yang ukurannya sama )
  • memiliki 2 sisi yang bentuknya sama ( 1 pasang persegi panjang dengan ukurannya sama namun berbeda ukuran dengan 2 pasang persegi panjang yang lain )
  • memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama panjang
  • memiliki 8 titik sudut