Tips Nyaman Mengajak Anak Mudik Tanpa Rewel dan Repot
Cari Berita

Atas


Tips Nyaman Mengajak Anak Mudik Tanpa Rewel dan Repot

Kamis, 30 April 2020

Tips Nyaman Mengajak Anak Mudik Tanpa Rewel dan Repot
Lebaran selalu identik dengan pulang ke kampung halaman. Berikut tips nyaman mengajak anak mudik tanpa rewel dan repot yang bisa dicoba.

Setelah 30 hari berpuasa Ramadhan, tentu momen Lebaran sangat dinanti. Demi mengisi suasana Idul Fitri, banyak orang akan mudik ke kampung halamannya. Hanya saja karena mengajak anak kecil dan jarak jauh, mudik tentu akan jadi sebuah pertimbangan. Namun kalau Anda tetap akan pulang kampung, tips nyaman mengajak anak mudik tanpa rewel dan repot mungkin bisa coba diterapkan.

Apalagi kalau anak yang ingin dibawa mudik kali ini masihlah sangat belia seperti bayi dan balita, tentu harus melakukan persiapan khusus. Jika si kecil rewel sepanjang perjalanan, mudik akan menjadi kegiatan yang melelahkan terutama bagi orangtua. Persiapan mudik yang maksimal akan memberikan pengaruh besar dalam perjalanan pulang kampung itu sendiri.

Lihat juga: Aktivitas Menyenangkan dan Mendidik Anak Saat Lebaran

Terutama kalau Anda memiliki kampung halaman yang butuh perjalanan darat berjam-jam, harus memahami jika bayi atau balita bakal mudah bosan. Mereka akan melampiaskan kebosanannya itu lewat cara merajuk hingga menangis. Tentu tak ingin dong berjam-jam di dalam mobil dengan si kecil terus drama? Berikut ini beberapa tips nyaman mengajak anak mudik tanpa rewel dan repot:

1. Anak dan Orangtua Harus Sehat


Supaya bisa menciptakan perjalanan mudik yang menyenangkan, anak haruslah dalam kondisi sehat. Bukan cuma anak saja, Anda sebagai orangtua juga wajib dalam stamina yang fit. Ketika Anda mulai merasa badan lemas dan demam, tentu mengajak anak mudik bisa jadi kegiatan yang benar-benar melelahkan.

Alih-alih senang di kampung halaman, kondisi sakit bisa membuat mudik dan Lebaran jadi tidak menyenangkan. Untuk itulah supaya kondisi tubuh keluarga sehat dan siap mudik, pastikan mengonsumsi vitamin. Jika perlu, bawa beberapa obat ringan seperti minyak kayu putih, obat anti mabuk, obat masuk angi hingga obat diare dan lainnya.

2. Sediakan Tempat Duduk Sendiri


Memangku anak sepanjang perjalanan saat mudik jelas melelahkan. Anak pun akan bosan jika berjam-jam ada di pangkuan Ibu. Karena itu sediakan tempat duduk tersendiri. Kalau mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan pasang car seat tambahan untuk balita dengan tali pengaman yang kencang. Sehingga anak tidak akan jatuh sekalipun ketiduran atau bergerak aktif.

Dengan duduk di bangkunya sendiri, anak pun bisa lebih bebas melihat perjalanan sepanjang pulang kampung. Perhatikan pula posisi duduk anak sekaligus arah angin AC, supaya anak tidak masuk angin dan akhirnya rewel.

3. Bawa Makanan dan Minuman si Kecil


Lantaran perjalanan mudik bisa selama berjam-jam, diam di dalam kendaraan entah transportasi darat, udara atau air akan membosankan bagi anak kecil. Untuk itu orangtua harus membawakan makanan dan minuman favoritnya. Misalkan saja susu untuk bayi atau balita hingga camilan ringan menyehatkan. Pastikan peralatan makan dan minum ini bersih selesai dipakai, ya!

4. Siapkan Baju Ganti dan Kebutuhan Lain


Karena butuh waktu lama untuk mudik, anak akan berkeringat dan kadang buang air. Tips nyaman mengajak anak mudik tanpa rewel dan repot dalam kondisi ini adalah dengan membakan pakaian ganti untuknya. Bukan hanya baju ganti, siapkan juga aneka perlengkapan mendukung sesuai usia buah hati.

Contohnya kalau anak masih bayi dan balita, jangan lupa bawa pampers, minyak telon, tisu basah, tisu kering, bedak hingga cairan antiseptik. Agar makin maksimal, sediakan juga air mineral satu liter untuk membersihkan tubuh yang kotor hingga kantung plastik jaga-jaga jika si kecil mendadak muntah.

5. Sediakan Mainan


Salah satu cara terbaik untuk mencegah kebosanan pada anak saat mudik adalah dengan menyediakan mainan. Karena itu persiapkan beberapa mainan entah mobil-mobilan atau boneka favoritnya sebagai teman selama mudik. Putar juga lagu atau video yang dia sukai sehingga anak akan teralihkan dan lupa rasa bosan karena harus di dalam kendaraan dalam waktu lama.

Dengan menerapkan tips nyaman mengajak anak mudik tanpa rewel dan repot di atas, buah hati pun akan belajar untuk menikmati perjalanan. Memang hal yang paling utama adalah kesabaran orangtua, tapi jangan lupa untuk istirahat sejenak di dalam perjalanan. Agar anak siap, pertimbangkan juga mengajak anak mengendarai kendaraan bermotor supaya ketika mudik tidak akan kaget.