Cara Membantu Pembentukan Tulang Sehat dan Kuat pada Anak
Cari Berita

Atas


Cara Membantu Pembentukan Tulang Sehat dan Kuat pada Anak

Kamis, 21 Mei 2020

Cara Membantu Pembentukan Tulang Sehat dan Kuat pada Anak
Memiliki anak yang sehat secara fisik memang harapan. Karena itu, orangtua juga wajib tahu cara membantu pembentukan tulang sehat dan kuat pada anak.

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Pepatah lawas ini memang masih sangat relevan hingga kapanpun. Membuktikan kalau jika orangtua ingin anaknya memiliki jiwa yang kuat, haruslah mempunyai tubuh sehat. Salah satunya dengan mempelajari cara membantu pembentukan tulang sehat dan kuat pada anak.

Kenapa harus tulang? Karena tulang memang memiliki fungsi sangat penting bagi manusia yakni penyangga dan pemberi rangka tubuh. Tulang juga yang melindungi berbagai organ penting, sehingga kesehatannya harus diperhatikan lantaran mempengaruhi masa depan seseorang. Sekadar informasi, tulang sudah tumbuh dan berkembang sejak dalam rahim.

Lihat juga: Yang Mempengaruhi Perkembangan Jasmani Anak Usia 6 – 14 Tahun

Dari berbagai literatur diungkapkan bahwa ketika anak masih bayi, akan memiliki lebih dari 300 tulang (mayoritas tulang rawan). Namun seiring usia bertambah, tulang-tulang itu menyusut menjadi sekitar 206 saja. Alih-alih berkurang, tulang-tulang itu bergabung jadi satu. Agar pertumbuhan buah hati maksimal, berikut ini cara membentuk tulang sehat pada anak:

1. Beri Makanan Tinggi Kalsium


Dalam cara membantu pembentukan tulang sehat dan kuat pada anak, asupan kalsium sangatlah penting. Kalsium sendiri merupakan mineral penting yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Bahkan kalsium juga perlu dalam sistem kerja saraf, darah dan otot. Anak yang kekurangan kalsium bisa terkena osteoporosis.

Beberapa makanan dan minuman yang tinggi kalsium bisa mulai rutin diberikan untuk buah hati seperti susu, keju, yoghurt, sayuran berdaun gelap, ikan kalengan hingga kacang-kacangan. Menurut Dr. Christian Jessen dari Inggris, asupan kalsium yang berimbang bisa membuat tulang anak tumbuh makin sehat dan kuat.

2. Sering Berjemur


Tentunya berjemur di sini bukanlah pergi ke pantai lalu tidur-tiduran sambil mendengarkan ombak berdebur saat siang hari. Berjemur di sini adalah mengajak anak memperoleh paparan sinar matahari sehat yang kaya akan vitamin D. Vitamin D berfungsi menjaga kesehatan tulang lantaran berperan mengatur kadar kalsium dan fosfor di dalam darah.

Dalam bukunya yang berjudul Dr Christian’s Guide to Dealing With the Tricky Stuff, Jessen menganjurkan agar anak kecil setidaknya terkena sinar matahari sehat minimal 15 menit setiap harinya. Anda bisa mengajak buah hati berolahraga atau jalan santai sekitar pukul 08.00-10.00.

3. Rutin Ajak Anak Olahraga


Hampir semua orang tahu bahwa olahraga memang memberikan pengaruh positif untuk kesehatan tulang. Untuk itulah, Anda harus membiasakan anak untuk rutin berolahraga. Tidak perlu berat-berat, Anda bisa mengajaknya jalan santai keliling kompleks, bersepeda, bermain bola hingga lempar frisbee.

Dengan rajin olahraga, anak bakal terhindar dari obesitas yang bisa mengganggu kekuatan tulang tubuhnya. Setidaknya, anak harus melakukan aktivitas minimal 60 menit sehari supaya tulang-tulang tubuhnya makin padat.

4. Waspadai Growing Pain


Yang tak boleh disepelekan dalam memahami cara membantu pembentukan tulang sehat dan kuat pada anak adalah growing pain. Sekadar informasi, growing pain adalah gejala rasa sakit pada muskuloskeletal (tulang dan otot) yang berkait dengan pertumbuhan buah hati. Biasanya bisa diamati saat anak sering merasa pegal saat malam hari.

Growing pain sendiri terjadi ketika tulang tumbuh lebih cepat daripada otot, sehingga terasa sakit saat meregang. Tidak perlu cemas berlebihan, Anda bisa mengatasi sendiri growing pain pada buah hati dengan melakukan pemijatan sebelum tidur, kompres air hangat hingga konsultasi dokter untuk memperoleh analgesik ringan.

5. Hindari Minuman Soda


Tak bisa dipungkiri kalau minuman soda memang begitu digemari anak karena rasanya unik. Namun soda rupanya memberikan pengaruh yang buruk pada pertumbuhan tulang. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan Universitas Tuft di Amerika Serikat, konsumsi minuman soda berlebihan bisa menurunkan angka kepadatan massa tulang.

Adalah zat phosphoric acid dalam minuman soda yang diduga kuat bisa menurunkan kepadatan tulang. Zat ini sendiri terdapat pada kafein yang biasa terkandung pada beberapa minuman soda kegemaran anak kecil.

Untuk itulah bagi Anda yang memang ingin menerapkan cara membantu pembentukan tulang sehat dan kuat pada anak, wajib memperhatikan asupan makanan dan minumannya. Selain itu, terapkan hidup sehat sedari dini agar anak makin terbiasa. Tentunya anak yang sehat akan lebih ceria dan bisa menerima pembelajaran secara maksimal. Orangtua pun bahagia.