Tak Usah Khawatir Berlebih, Biarkan Anak Bermain di Luar Ruangan
Cari Berita

Atas


Tak Usah Khawatir Berlebih, Biarkan Anak Bermain di Luar Ruangan

Rabu, 06 Mei 2020

Tak Usah Khawatir Berlebih, Biarkan Anak Bermain di Luar Ruangan
Cemas saat buah hati main di luar? Tak usah khawatir berlebih. Biarkan anak bermain di luar ruangan agar mereka tumbuh maksimal.

Usia kanak-kanak memang momen yang begitu aktif, ceria dan suka bermain. Bahkan sampai ada yang menghabiskan waktu di luar rumah untuk berlarian dengan teman-temannya. Merasa cemas? Tak usah khawatir berlebih, biarkan anak bermain di luar ruangan bersama teman-teman sebayanya. Karena ternyata ada banyak sekali manfaatnya.

Yap, meskipun saat ini masyarakat Indonesia tengah membatasi kegiatan di luar ruangan karena pandemi Covid-19, Anda tidak serta-merta mengurung buah hati di dalam kamar. Biarkan mereka berlarian di rumah atau mungkin garasi, hingga kebun belakang. Dengan bermain di luar ruangan, anak tentu tak akan merasa bosan dan bisa lebih ekspresif.

Tapi, main di luar rumah kan bisa bikin kotor? Kalau kotor nanti ada banyak penyakit yang datang. Ada benarnya memang. Tapi pemikiran seperti itu tidak boleh ditanggapi secara berlebihan, karena bisa membuat anak kehilangan waktu mereka untuk bermain. Supaya Anda tidak khawatir lagi, berikut ini kami bahas beberapa manfaat anak bermain di luar ruangan:

1. Kemampuan Otak Meningkat


Tahukah Anda, kalau ternyata membiarkan anak bermain di luar ruangan itu bisa meningkatkan kemampuan otak dan prestasi akademiknya. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine. Melakukan survei terhadap anak sekolah berumur 6-18 tahun, terungkap bahwa aktivitas fisik di luar ruangan baik untuk fungsi otak anak.

Lihat juga: Games Untuk Anak Penuh Aktivitas Fisik dalam Ruangan

Penelitian ini diperkuat dengan pendapat Sergio Pellis selaku peneliti di Universitas Lethbridge, Alberta-Kanada. Menurut Pellis, pengalaman saat bermain mengubah koneksi neuron di ujung depan pada otak. Sementara untuk anak-anak yang cenderung diam di dalam rumah dan cuma bermain dengan gawai, ujung neuron yang membuat otak berkembang tak akan berubah.

Bahkan keterampilan kognitif anak juga dipengaruhi oleh waktu-waktu yang dihabiskan di luar ruangan. Hal ini senada dengan penelitian dalam Journal Environment Education Research tahun 2004, di mana bermain di luar ruangan mempengaruhi kemampuan anak berpikir kritis.

2. Antibodi Tubuh Makin Kuat


Melihat anak-anak bermain di tanah, membangun istana pasir dan lumpur membuat Anda takut atas penyakit? Tak perlu terlalu cemas. Karena justru menurut Mary Ruebush selaku Ahli Mikrobiologi dan Immunologi, bermain di tanag justru memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak-anak. Ketika anak memasukan sesuatu ke dalam tubuh, antibodi akan meresponnya.

3. Makin Cinta Lingkungan


Saat Anda membiarkan anak bermain di luar ruangan, itu tandanya membuat mereka lebih mengenal lingkungannya. Anak akan belajar banyak tentang alam, mulai dari binatang yang berkelirian hingga tanaman yang tumbuh di sekitar rumah. Bukan tak mungkin kalau kondisi ini membuat anak lebih cinta terhadap anak sejak dini hingga seumur hidupnya.

4. Kesehatan Meningkat


Agar aktivitas bermain di luar ruangan makin maksimal dan berdampak positif ke kesehatan tubuh anak, sebaiknya dilakukan di pagi hari. Hal ini berkaitan dengan cahaya matahari pagi yang sangat bagus, terutama vitamin D untuk kesehatan tulangnya. Waktu-waktu terbaik untuk bermain adalah dari pagi hingga pukul 10.00 atau saat sore sekitar jam 16.00.

Apalagi kalau anak Anda sangat doyan makan, bermain di luar ruangan bisa menurunkan resiko obesitas. Karena ketika bermain bersama teman-temannya, anak akan berlarian, melompat dan lain-lain. Tak heran kalau akhirnya otoritas kesehatan Amerika Serikat menganjurkan orangtua menambahkan waktu satu jam agar buah hati bermain di luar.

5. Melatih Mental dan Sosialisasi


Bukan hanya orang dewasa, anak juga bisa merasakan stres. Sebagai solusi, The Children and Nature Network menganjurkan agar orangtua membiarkan anak bermain di luar ruangan supaya mental kembali segar. Tak hanya melatih mental, dengan ada di luar, anak juga akan belajar bersosialisasi, berbagi, mengatasi tantangan dan bekerjasama dengan temannya.

Bahkan anak-anak yang sering bermain di luar ruangan, secara tak langsung akan melatih jiwa kepemimpinan mereka. Dengan begitu, anak akan jadi pribadi yang lebih percaya diri dibandingkan yang cuma seharian di rumah.

Bagaimana? Sangat istimewa sekali bukan manfaat membiarkan anak bermain? Untuk itulah Anda tak usah khawatir berlebih. Biarkan anak bermain di luar ruangan supaya tumbuh kembang mereka makin maksimal dan menjadi pribadi yang menyenangkan.