Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Memberikan Angpao Lebaran untuk Anak Agar Bermanfaat Baginya

Tips Memberikan Angpao Lebaran untuk Anak Agar Bermanfaat Baginya
Memperoleh angpao saat Lebaran memang menyenangkan. Agar tepat, berikut tips memberikan angpao Lebaran untuk anak agar bermanfaat baginya.

Anak kecil begitu bersemangat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Selain bisa berkumpul dengan saudara, Lebaran membuat mereka bisa membeli baju baru serta memperoleh angpao. Yap, memberikan angpao Lebaran kepada anak memang menjadi tradisi di Indonesia. Namun sebagai orangtua, Anda bisa memahami tips memberikan angpao Lebaran untuk anak agar bermanfaat baginya.

Kenapa harus memahami? Karena kadang kala anak kecil yang memperoleh angpao terlalu besar, malah bersikap boros dan membuat uangnya tidak tersisa. Untuk itu tak ada salahnya kalau Anda mulai mengajarkan masalah keuangan kepada buah hati. Menurut Roslina Verauli selaku psikolog anak dan keluarga, orangtua harus mulai mengajarkan pemahaman finansial sesuai dengan usia anak.

Dengan literasi yang tepat, anak akan paham seberapa besar nilai uang yang mereka punya, sehingga menggunakannya dengan bijaksana. Sekalipun memang uang angpao Lebaran itu jadi hal miliknya, orangtua tak boleh lepas tangan atau menguasai uang itu sepenuhnya. Agar tepat guna, berikut tips memberikan angpao Lebaran untuk anak agar bermanfaat baginya:

1. Orangtua Wajib Ikhlas


Hal pertama yang harus dilakukan orangtua jika ingin memberikan angpao Lebaran adalah wajib ikhlas. Entah berapa nominal yang Anda berikan, saat semua dilakukan tanpa keikhlasan, tentu uang itu tak akan berguna. Anak pun akan merasa serba salah dan sebal menggunakan angpao Lebaran jika orangtua terus-menerus mengungkit pemberiannya.

2. Diberi Sesuai Kemampuan


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memberikan angpao saat Lebaran memang seolah menjadi tradisi turun-temurun di Indonesia. Memang ketika orangtua berhasil memberikan angpao kepada buah hati, ada rasa kebanggaan yang muncul. Hanya saja jangan sampai pemberian angpao ini membuat keuangan Anda bermasalah.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini yang membuat banyak harga kebutuhan pokok melambung, ada baiknya Anda cukup bijak dalam mengelola keuangan. Lakukan penyesuaian dan pastikan memberi angpao Lebaran sesuai dengan kemampuan. Apalagi kalau Anda memiliki anak lebih dari satu dan keponakan yang membuat anggaran angpao Lebaran makin bengkak.

3. Adil Kepada Seluruh Anak


Tips memberikan angpao Lebaran untuk anak agar bermanfaat baginya berikutnya adalah orangtua wajib adil. Jangan sampai Anda memiliki seorang anak yang begitu disayang, kemudian memasukkan nominal uang lebih besar di dalam amlop angpao sehingga membuat saudaranya cemburu. Kecemburuan ini bahkan bisa memicu pertengkaran di antara saudara.

Berkaitan dengan adil, Anda juga bisa memberikan sesuai kebutuhan anak. Contohnya anak yang masih duduk di bangku SD tentu akan memiliki besaran angpao Lebaran lebih kecil daripada kakaknya yang sudah SMA. Jika Anda menyamaratakan pemberian angpao Lebaran pada anak yang masih SD, SMP dan SMA, tentu itu bukan sebuah tindakan yang adil.

4. Orangtua Harus Jadi Contoh


Supaya anak bisa mengelola angpao Lebaran secara bermanfaat, Anda sebagai orangtua haruslah jadi teladan. Hal ini sesuai dengan anjuran dari Prita Hapsari Ghozie selaku Financial Planner. Di mana menurut Prita, sebelum mengajarkan ke anak soal mengelola keuangan, orangtua haruslah sadar diri akan kebiasannya mengelola finansial.

Lihat juga: Cara Mengajari Anak Hidup Hemat dan Menabung

Orangtua yang sudah paham akan pentingnya investasi dan alokasi belanja secara bijak, tentu akan ditiru oleh anak. Sehingga tanpa banyak memberi arahan, anak akan menggunakan angpao Lebaran itu secara tepat dan bermanfaat baginya.

5. Beri Kepercayaan ke Anak


Saat si kecil memperoleh angpao Lebaran, orangtua harus paham kalau itu adalah hak miliknya. Alih-alih untuk menyimpan uang angpao itu pada Anda, coba berikan kepercayan pada buah hati. Dengan cara ini, anak akan belajar bagaimana bertanggung jawab dan menghargai uang. Meskipun begitu Anda tetap harus mendampinginya dalam berbelanja supaya tidak boros.

6. Ingatkan Menabung dan Berbagi


Supaya makna bulan suci Ramadhan masih bisa dirasakan sampai Idul Fitri, jangan lupa untuk mengingatkan anak senantiasa berbagi dan menabung. Ajarkan bahwa berbagi merupakan ciri khas umat Islam, sehingga biarkan dia menyisihkan angpao Lebaran untuk membantu sesama yang serba kekurangan serta ditabung.

Dengan menerapkan tips memberikan angpao Lebaran untuk anak agar bermanfaat baginya, buah hati tentu akan lebih bijaksana dalam keuangan. Anak akan paham bahwa memperoleh angpao Lebaran yang melimpah bukanlah untuk hidup boros, tapi menjadi tantangan bahwa dirinya harus bertanggung jawab dan memahami risiko.

Berlangganan via Email