Modul Pembelajaran Daring #BelajarDariRumah Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6
Cari Berita

Atas


Modul Pembelajaran Daring #BelajarDariRumah Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Jumat, 17 Juli 2020

Modul Pembelajaran Daring #BelajarDariRumah Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6
Download modul pembelajaran daring belajar dari rumah untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 pembelajaran tematik. 

Tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai sejak 13 Juli 2020, sehingga proses belajar-mengajar di seluruh sekolahan di Indonesia dimulai kembali. Sebelumnya, sejak bulan Maret kegiatan belajar tatap muka di sekolah diliburkan. Karena pandemi covid-19 belum juga menunjukkan penurunan, untuk mencegah penularan virus corona kegiatan pembelajaran semester ganjil pun dilaksanakan jarak jauh dengan daring (online).

Untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring telah dibuat modul "Ayo! Belajar dari Rumah". Modul untuk jenjang kelas 1 sampai 6 jenjang Sekolah Dasar dan sederajat ini dapat menjadi panduan bagi guru, siswa dan orang tua ketika harus belajar di rumah. Modul ini juga dilengkapi dengan latihan soal yang menarik dan interaktif untuk memotivasi siswa belajar dengan lebih menyenangkan dari rumah.

Pada Kurikulum 2013 (K-13) jenjang SD menggunakan metode tematik terpadu. Tidak ada lagi muatan pelajaran yang terpisah-pisah, kecuali mata pelajaran PJOK dan Matematika bagi kelas 4, 5, dan 6. Modul pembelajaran daring ini untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 untuk pembelajaran tematik. Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru kelas dapat mendownload Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Sekolah Dasar melalui link berikut ini:




Modul pembelajaran di atas juga bisa dimiliki oleh orang tua yang memiliki anak di kelas kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 untuk bahan belajar ketika mendampingi buah hati. Sesuai panduan pendampingan, berikan gambaran besar tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran berdasarkan modul. Bantulah anak untuk memahami cara menggunakan modul. Upayakan tidak berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lain sebelum kegiatan tersebut dituntaskan oleh anak.

Modul pembelajaran online bagi siswa SD ini dikembangkan dari Buku Guru dan Buku Siswa Kelas Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Untuk memudahkan anak belajar mandiri, kegiatan pembelajaran dilakukan untuk setiap KD yaitu Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan (KI-4) dari setiap mata pelajaran. Pada awal unit kegiatan tersedia keterangan KD yang akan dicapai, aktivitas belajar dan evaluasi. Pada akhir modul, disediakan kunci jawaban untuk memudahkan mengukur ketercapaian kompetensi anak.

Lihat juga: Langkah-Langkah Agar Guru Menjadi Figur yang Visioner dan Inovatif

Guru diharapkan mengembangkan ide-ide pembelajaran kreatif sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Dalam setiap kegiatan, diharapkan menekankan pentingnya motivasi dan juga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan oleh anak. Modul ini juga dilengkapi dengan jadwal harian kegiatan anak. Jadi banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mendownload Modul pembelajaran daring bagi siswa SD dan membagikannya ke anak-anak.