Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 4 Semester 1 K-13

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 4 Semester 1 K-13
Download Pemetaan KD KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 kelas 4 semester ganjil dalam format excel yang dapat Anda edit.

Pada Kurikulum 2013 (K-13) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan sederajat menggunakan metode tematik terpadu. Materi muatan pelajaran 'diikat' dalam sebuah tema. Ada beberapa Kompetensi Dasar (KD) pada setiap tema dan subtema. KD merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi yang harus diajarkan guru dan dikuasai peserta didik sesuai standar kelulusan.

Berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru pembelajaran tematik untuk kelas 4 SD/MI dan sederajat terdiri muatan mata pelajaran, yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 terdiri dari Kompetensi Inti (KI)-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KI-4 (Aspek Keterampilan).

Lihat juga: Kumpulan Soal Ulangan Kelas 4 Semester 1 K-13

Guru kelas 4 harus membuat pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 sesuai dengan K-13 edisi revisi terbaru. Fungsi dari pemetaan KD kelas 4 SD/MI akan mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal, dan juga akan mempermudah dalam melakukan analisis soal penilaian.

Daftar Nama Tema dan Subtema Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013


TEMA 1. INDAHNYA KEBERSAMAAN
Subtema 1 Keragaman budayaku
Subtema 2 Kebersamaan dalam keberagaman
Subtema 3 Besyukur atas keberagaman

TEMA 2. SELALU BERHEMAT ENERGI
Subtema 1 Macam-macam sumber energy
Subtema 2 Pemanfaat energi
Subtema 3 Gaya dan gerak

TEMA 3. PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
Subtema 1 Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku
Subtema 2 Keberagaman makhluk hidup di lingkunganku
Subtema 3 Ayo cintai lingkungan

TEMA 4. BERBAGAI PEKERJAAN
Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan
Subtema 2 Barang dan jasa
Subtema 3 Pekerjaan orang tua

TEMA 5. PAHLAWANKU
Subtema 1 Perjuangan para pahlawan
Subtema 2 Pahlawanku kebanggaanku
Subtema 3 Sikap kepahlawanan

Download Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013


Dengan memiliki pemetaan KD kelas 4 semester ganjil Kurikulum 2013 dapat mengetahui KD dari muatan pelajaran yang muncul pada pembelajaran setiap subtema dan tema semester 1 di kelas 4 SD/MI. Bagi Anda yang ingin memiliki pemetaan KD Kelas 4 semester ganjil terbaru dapat mendownload secara gratis melalui link berikut:


Pemetaan KD kurikulum 2013 Kelas 4 semester 1 tersebut mengacu pada buku guru tematik kelas 4 semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Pemetaan KD KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 kelas 4 semester ganjil dibuat dalam format excel yang dapat Anda edit. Pemetaan KD ini disusun berdasarkan pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6 dalam setiap subtema.

Dengan pemetaan KD KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan) juga akan memudahkan guru dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Disamping itu pemetaan KD Kelas 4 yang telah dibuat dapat digunakan juga sebagai acuan dalam pembuatan Prota (Program Tahunan), Promes atau Prosem (Program Semester) kelas 4 sebagai kelengkapan administrasi guru.