Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 3 Semester 1 K-13

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 3 Semester 1 K-13
Pemetaan KD Kelas 3 semester  ganjil ini dibuat mengacu pada buku guru tematik kelas 3 semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Metode pembelajaran Kurikulum 2013 (K-13) pada kelas rendah jenjang Sekolah Dasar (SD) dan sederajat menggunakan metode tematik terpadu. Kompetensi Dasar (KD) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi yang harus diajarkan guru dan dikuasai peserta didik sesuai standar kelulusan.

Pada setiap tema di kelas 3 jenjang SD dan sederajat terdapat 4 subtema, masing-masing subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir subtema dilaksanakan penilaian harian. Berdasarkan K-13 pembelajaran tematik untuk kelas 3 SD/MI terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, PJOK.

Lihat juga: Kumpulan Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 3

Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 terdiri dari Kompetensi Inti (KI)-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KI-4 (Aspek Keterampilan). Pemetaan KD kelas 3 sesuai K-13 revisi terbaru harus dilakukan oleh guru kelas di awal tahun ajaran baru untuk dua semester.

Pemetaan KD merupakan salah satu administrasi kelas yang penting harus dimiliki oleh guru kelas. Dengan melakukan pemetaan KD akan mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa, membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal. Selain itu, juga akan mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Daftar Nama Tema dan Subtema Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013


1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

1.1 Ciri-ciri Makhluk Hidup
1.2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
1.3 Pertumbuhan Hewan
1.4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

2.1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
2.2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
2.3 Menyayangi Tumbuhan
2.4 Menyayangi Hewan

3. Benda di Sekitarku

3.1 Aneka Benda di Sekitarku
3.2 Wujud Benda
3.3 Perubahan Wujud Benda
3.4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku

4. Kewajiban dan Hakku

4.1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
4.2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah
4.3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
4.4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Download Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013


Dengan pemetaan KD kelas 3 semester 1 Kurikulum 2013 dapat mengetahui KD dari muatan pelajaran yang muncul pada pembelajaran setiap subtema dan tema semester 1 di kelas 3 SD/MI. Bagi Anda yang membutuhkan pemetaan KD Kelas 3 semester 1 Kurikulum 2013 dapat memilikinya secara gratis dengan download melalui link berikut:



Pemetaan KD kurikulum 2013 Kelas 3 semester  ganjil tersebut mengacu pada buku guru tematik kelas 3 semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Pemetaan KD KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 kelas 3 semester 1 dibuat dalam format excel yang dapat Anda edit. Pemetaan KD ini disusun berdasarkan pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6 dalam setiap subtema.

Pemetaan KD KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan) juga bertujuan untuk memudahkan dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Disamping itu pemetaan KD Kelas 3 yang telah dibuat dapat digunakan juga sebagai acuan dalam pembuatan Prota (Program Tahunan), Promes atau Prosem (Program Semester) kelas 3 sebagai kelengkapan administrasi guru.