Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal dan Pembahasan OSN (KSN) Matematika SD

Soal dan Pembahasan OSN (KSN) Matematika SD

Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau sekarang dikenal dengan Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa di seluruh Indonesia yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Untuk siswa SD, ada dua mata pelajaran yang dilombakan pada KSN atau OSN yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Kali ini, SekolahDasar.Net akan membagikan soal dan pembahasan OSN Matematika SD tingkat nasional tahun lalu, 2018.

Soal KSN Matematika SD memiliki ciri menekankan pada pemecahan masalah atau problem solving. Untuk dapat menyelesaikan soal KSN SD Matematika yang menggunakan HOTS (Higher Order Thinking Skills) diperlukan ide dan trik kreatif daripada kemampuan dan kecepatan. 

Berikut soal latihan untuk mengikuti seleksi KSN Matematika yang didapatkan dari berbagai sumber. Soal latihan KSN Matematika SD ini sudah disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya. 

Soal dan Pembahasan OSN (KSN) Matematika SD


2. Banyak anggota himpunan bilangan prima antara 10 dan 100, yang digit-digit  penyusunnya bilangan prima juga adalah ....

Jawab: 
Tips: Buatlah daftar (semua) bilangan prima yang memenuhi

Bilangan prima satu digit adalah 2, 3, 5, dan 7
Berarti angka-angka penyusunnya adalah 2, 3, 5, dan 7
Bilangan prima antara 10 dan 100 yang digit penyusunnya juga prima adalah 23, 37, 53, 57, 73
Jadi banyak anggota himpunan adalah 5 

18. Andi, Badu dan Iwan mengisi gerobak dengan pasir menggunakan skop. Satu gerobak menampung 4 m kubik pasir dan pengisian satu gerobak pasir hanya dapat dilakukan oleh satu orang saja. Waktu yang diperlukan oleh Andi, Badu, dan Iwan untuk mengisi satu gerobak berturut-turut adalah 20 menit, 25 menit, dan 30 menit. Mereka bekerja secara bersamaan sampai waktu tertentu tanpa beristirahat. Mereka berhenti bersama untuk beristirahat yang pertama kali ketika tepat sejumlah gerobak telah terisi secara penuh. Banyak pasir yang dapat dipindahkan ke dalam gerobak pada saat mereka berhenti bersama untuk pertama kali adalah · · · m kubik.

Jawab: 
Tips: Gunakan konsep KPK

Andi, Badu, dan Iwan berhenti secara bersamaan setelah KPK dari 20 menit, 25 menit,
dan 30 menit, yaitu 300 menit = 5 jam
Banyak gerobak yang telah diisi Andi dalam 5 jam = 300 ÷ 20 = 15 gerobak 
Banyak gerobak yang telah diisi Badu dalam 5 jam = 300 ÷ 25 = 12 gerobak
Banyak gerobak yang telah diisi Iwan dalam 5 jam = 300 ÷ 30 = 10 gerobak
Banyak pasir yang telah dipindahkan saat berhenti bersama adalah 
( 15 + 12 + 10 ) × 4 = 37 × 4 = 148 m kubik

Download Soal Latihan OSN atau KSN Matematika SD dan Pembahasannya


Selengkapnya soal-soal latihan olimpiade Matematika SD dan kunci jawabannya sebanyak 25 soal di atas dapat digunakan untuk persiapan seleksi KSN SD dapat didownload melalui link berikut ini: 


Dengan banyak mengerjakan soal OSN terdahulu akan membuat siswa lebih percaya diri. Soal latihan KSN SD Matematika dan pembahasannya yang berformat file .PDF dapat didownload melalui link di atas dapat menambah bank soal Olimpiade Matematika SD.

Soal KSN SD juga memuat soal berbahasa Inggris. Strategi menyiapkan siswa untuk seleksi KSN diantaranya diberikan sebanyak mungkin soal-soal. Dimulai dengan soal yang relatif mudah, secara bertahap naik ke soal yang lebih sulit.

Berlangganan via Email