Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

100+ Soal dan Pembahasan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Matematika SD

100+ Soal dan Pembahasan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Matematika SD

Kompetisi Sains Nasional (KSN) atau dulu dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa di seluruh Indonesia yang digelar setiap tahun. Untuk siswa SD, ada dua mata pelajaran yang dilombakan pada KSN yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Soal KSN Matematika SD memiliki ciri cenderung bersifat tricky. Untuk dapat menyelesaikan soal-soal seleksi KSN Matematika SD diperlukan ide matematika yang kreatif daripada kemampuan dan kecepatan. Ciri lain soal KSN Matematika SD adalah menekankan pada pemecahan masalah  atau problem solving

Strategi menyiapkan calon peserta KSN diantaranya diberikan sebanyak mungkin soal-soal, mulai dengan soal yang relatif lebih mudah, secara bertahap naikkan tingkat kesulitan soal. SekolahDasar.Net akan membagikan soal latihan untuk mengikuti seleksi KSN yang didapatkan dari berbagai sumber. Soal latihan KSN Matematika SD ini sudah disertai dengan pembahasannya. 


4. Rata-rata usia tiga siswa adalah 15 tahun. Perbandingan usia mereka adalah 3: 5: 7. Tentukan usia siswa yang paling muda!


9. Di dalam sebuah tim sepakbola yang terdiri dari 11 pemain, rata-rata usia mereka akan berkurang 2 bulan apabila seorang pemain yang usianya 22 tahun digantikan oleh seorang pemain baru. Berapakah usia pemain pengganti tersebut?

PENYELESAIAN :

Misalkan rata-rata usia para pemain tersebut adalah 𝑛.
Maka jumlah usia mereka adalah 11 × 𝑛 = 11𝑛.
Setelah pemain yang berusia 22 tahun diganti pemain baru, rata-rata usia mereka berkurang 2 bulan, sehingga jumlah usia mereka setelah terjadi pergantian pemain adalah; 
11 × ( 𝑛 − 2 ) = 11𝑛 − 22. 
Jadi jumlah usia mereka berkurang 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan.
Karena usia pemain yang digantikan adalah 22 tahun, maka usia pemain pengganti adalah 22 tahun dikurangi 1 tahun 10 bulan, sama dengan 20 tahun 2 bulan.
 
12. Tentukan banyaknya bilangan prima dua-angka yang jika angka-angka penyusun bilangan tersebut ditukar posisinya akan menghasilkan bilangan prima juga.

PENYELESAIAN :

Bilangan prima dua-angka yang jika angka-angka penyusun bilangan tersebut ditukar posisinya akan menghasilkan bilangan prima juga adalah 11, 13, 17, 31, 37, 71, 73, 79, dan 97.
Banyak bilangan tersebut adalah 9.

 
14. Jordan suka bertukar stiker (gambar tempel) dengan teman-temannya. Setiap 1 stiker yang ditukarnya, Jordan selalu berhasil mendapatkan 5 stiker dari teman-temannya. Jika Jordan pada mulanya hanya mempunyai 1 stiker, berapa jumlah stiker yang dimilikinya setelah terjadi 10 kali pertukaran dengan teman-temannya?

PENYELESAIAN :

Sebelum pertukaran, Jordan memiliki 1 stiker.
Setelah pertukaran stiker yang pertama, Jordan memiliki 5 stiker.
Setelah pertukaran stiker yang ke-2, Jordan memiliki (5-1) + 5 = 9 stiker.
Setelah pertukaran stiker yang ke-3, Jordan memiliki (9-1) + 5 = 13 stiker.
Setelah pertukaran stiker yang ke-4, Jordan memiliki (13-1) + 5 = 17 stiker.
Demikian seterusnya setiap kali terjadi pertukaran, stiker Jordan bertambah 4.
Dengan demikian polanya dari pertukaran pertama sampai pertukaran yang ke-10 adalah : 5,
9, 13, 17, 21, 25, 29, 33, 37, 41.
Jadi banyaknya stiker Jordan setelah terjadi 10 kali pertukaran adalah 41 buah.

98. Bilangan 2107 mempunyai faktor sebanyak . . . .

PENYELESAIAN :

Karena 2017 bilangan prima maka 2017 mempunyai faktor sebanyak 2.
 
99. Jumlah faktor-faktor dari 2017 adalah . . . .

PENYELESAIAN :

Karena 2017 bilangan prima maka jumlah faktor-faktor 2017 adalah 1 + 2017 = 2018. 

100. Suatu persegi panjang mempunyai ukuran panjang sisi-sisi berupa bilangan bulat. Jika luas persegi panjang itu 2017 cm persegi, maka kelilingnya adalah . . . cm.

PENYELESAIAN :
 
Karena 2017 bilangan prima dan ukuran panjang sisi-sisi persegi panjang berupa bilangan bulat, maka panjang = 2017 cm dan lebar = 1 cm. Kelilingnya = 2 ×
( 2017 + 1 ) = 4036 cm. 

Download Soal Latihan KSN Matematika SD dan Pembahasannya


Selengkapnya soal-soal latihan olimpiade Matematika SD dan kunci jawabannya yang dapat digunakan untuk persiapan seleksi KSN SD dapat didownload di bawah ini. Dengan sering mengerjakan soal-soal akan membuat siswa lebih percaya diri. Soal latihan KSN SD Matematika dan pembahasannya yang berformat file .PDF dapat didownload melalui link berikut ini:


Soal KSN SD juga memuat soal Matematika berbahasa Inggris. Materi pokok soal KSN Matematika SD adalah Bilangan, Aritmatika, Geometri, Statistika, Data, dan Pengukuran, serta Kombinatorik. KSN dilaksanakan melalui seleksi berjenjang. Mulai dari tingkat sekolah, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional..

Berlangganan via Email