Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Paling Tepat Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Dini

Cara Paling Tepat Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Dini

Menanamkan nilai pancasila pada anak penting untuk orang tua ketahui. Sebagai warga negara Indonesia, anda pastinya berharap supaya anak kita tercinta bisa tumbuh dengan mempunyai nilai pancasila.

Dimana setiap sila yang ada di dalamnya memiliki arti positif untuk membentuk pribadi si kecil agar memiliki sikap yang baik di dalam semua aspek kehidupan. Setelah anak-anak menjadi dewasa, mereka tentu terbiasa dengan tingkah laku dan perbuatan yang sesuai pada nilai-nilai yang ada dalam pancasila.

Anak membutuhkan bimbingan khususnya dari orang tua dalam menanamkan nilai pancasila tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yang menyenangkan untuk anak.

5 Cara Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak


Sejak dini penanaman nilai pancasila bisa dilakukan agar lebih lebih mengena dalam hati dan anak dengan baik. Sebab anak usia dini masih ada dalam usia emas.

Ini akan mempermudahnya untuk menangkap serta mempraktekkan hal-hal tertentu. Oleh sebab itu, orang tua wajib mengenalkan berbagai macam nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui aktivitas keseharian anak dapat memahami apa itu pancasila beserta nilai yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah yang bisa menjadi orangtua dalam pancasila kepada anak:

1. Orang Tua Mengajak Anak Beribadah Bersama

Pancasila sila yang pertama mengandung nilai Ketuhanan. Maka dari itu orang tua wajib mengenalkan kepada anak apa itu agama dan Tuhan yang Maha Esa. Salah satu cara mudah dan tepat untuk mengajarkannya pada anak usia dini adalah dengan mengajaknya beribadah bersama.

Selain itu, membiasakan untuk berdoa sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Seperti makan, tidur, belajar dan lain sebagainya.

2. Bersilaturahmi ke Rumah Sanak Saudara

Mengunjungi tetangga, teman bahan atau sanak saudara menjadi salah satu cara menanamkan nilai pancasila pada anak di usia dini. Ini merupakan salah satu perwujudan sila ke-2 yang mengandung makna kemanusiaan.

Orang tua bisa mengajarkan kepada anak makna simpati dan empati dalam diri anak. Membantu teman yang kesusahan atau menjenguk saudara yang sakit. Nilai-nilai tersebut bisa diajarkan pada anak sejak dini.

3. Bermain Bersama Teman

Di dalam sila ke-3 pancasila ada makna persatuan sehingga orang tua harus membiasakan anak agar hidup rukun. Baik rukun dengan teman atau mengajak teman bermain bersama tanpa harus membedakan status sosialnya.

Ajarkan pula anak mengenai kebersamaan seperti makan roti di depan rumah. Disamping membuat anak senang, hal ini juga bisa mengajarkan anak mengenai makna sebuah kebersamaan.

4. Berikan Kesempatan Bagi Anak untuk Memilih

Sila keempat pancasila memiliki makna musyawarah untuk mufakat. Sebagai orangtua, tugas kita adalah memberikan kesempatan atau kebebasan kepada anak di dalam menentukan keinginannya.

5. Belajar Berbagi dengan Teman

Keadilan menjadi salah satu nilai dalam sila ke-5 Pancasila. Maka dari itu, orang tua membiasakan anak agar bisa berbagi dengan orang lain. Misalnya berbagi makanan atau mainan dengan teman.

Ini menjadi salah satu cara menanamkan nilai pancasila pada anak usia dini. Tujuannya menjadikan anak terbiasa hidup adil dalam segala hal. Dengan begitu, saat dewasa nanti, anak bisa terapkan semua nilai Pancasila yang didapatnya semenjak kecil.

Berlangganan via Email