Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dalam Pembelajaran Abad 21, Guru Wajib Memiliki Karakter Ini Agar Sukses dalam Mengajar

Dalam Pembelajaran Abad 21, Guru Wajib Memiliki Karakter Ini Agar Sukses dalam Mengajar

Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Guru di masa kini tak lagi dapat menggunakan metode lama seperti menulis di papan tulis dan menyuruh siswa menyalin atau berceramah di depan siswa. Guru harus mengikuti teknologi dan menyesuaikan dengan karakter anak didik yang berbeda dengan dulu. Berikut ini karakter yang harus dimiliki guru sebagai pendidik di era revolusi industri 4.0.

1. Memiliki Kemauan Belajar yang Tinggi

Perubahan dalam dunia ini berjalan begitu cepat. Belum sempat mempelajari satu hal, sudah ada hal baru lagi yang harus dikuasai. Contohnya, saat ini guru harus mahir memberikan pelajaran secara jarak jauh dan memantau siswa melalui sarana komunikasi jarak jauh pula. Dalam mengajarkan materi, selalu ada hal baru yang ditemukan. Maka, guru harus selalu mengikuti perkembangan, terutama di bidang yang diajarkan. Jika guru selalu mempelajari hal baru, murid juga akan termotivasi untuk belajar. 

2. Tidak Ketinggalan dalam Perkembangan Teknologi

Guru harus dapat memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk membantu kegiatan belajar. Mulai dari membuat presentasi yang menarik, menggunakan aplikasi untuk membuat quiz atau ulangan harian, hingga menyiapkan video untuk pembelajaran jarak jauh. Bahkan, guru juga harus memaksimalkan smartphone sebagai sarana mengajar karena saat ini hampir semua orang tua siswa juga menggunakannya. Melalui teknologi, guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas cara mengajarnya. 

3. Pandai Menggali Potensi Siswa

Di abad 21, guru tidak hanya harus mampu membagikan materi pelajaran, tetapi juga harus mampu menggali potensi siswa. Siswa tidak hanya didorong untuk belajar pengetahuan tetapi juga dibantu menemukan potensi dirinya kemudian mengembangkannya. Untuk itu, guru harus memiliki keahlian berkomunikasi dengan siswa yang beragam karakternya. 

4. Mengajar Tanpa Batasan Ruang Kelas

Guru harus menyadari bahwa belajar tidak terbatas pada ruang kelas. Guru juga harus mampu mendorong siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan aplikasi atau situs yang dapat membantu dalam kegiatan belajar mengajar seperti Google Classroom. Pembelajaran pun harus berpusat kepada siswa. Berikan kebebasan mereka untuk memilih cara belajar yang disukai dan Anda cukup membimbing dan memfasilitasi siswa. 


Guru harus dapat mengelola kegiatan belajar secara kreatif dan mau berinovasi dalam mengajar. Guru juga harus bisa menentukan kebutuhan dalam proses pembelajaran, cara menyampaikan materi, penilaian, sampai evaluasi proses belajar itu sendiri. 

Di abad ke-21 ini, siswa juga perlu belajar bagaimana berpikir kreatif untuk menyelesaikan soal atau tantangan. Kelas yang belajar secara kreatif dapat dilihat dari kegiatan belajar yang menyenangkan, tanya jawab yang penuh semangat, ada umpan balik dari dua arah, serta mandiri dalam mengekspresikan diri.

Proses pembelajaran abad 21 juga tak hanya berhasil dengan adanya perubahan dari guru semata. Semua pihak, termasuk orang tua juga harus mendorong siswa untuk tidak hanya sekadar mengingat dan menghafal melainkan juga menjadi peneliti, pencari solusi, sumber informasi, dan pembelajar sejati. Dengan begitu, siswa secara bertahap akan siap menghadapi kehidupan di masa depan nantinya.

Nah, semua karakter di atas, mutlak harus dimiliki oleh guru supaya menjadi pendidik dan pengajar yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan zaman.

Berlangganan via Email