Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Cara Mendidik Anak Usia Sekolah Agar Suka Menolong

Inilah Cara Mendidik Anak Usia Sekolah Agar Suka Menolong

Cara mendidik anak usia sekolah tentu sangat dibutuhkan demi mengembangkan kepedulian sosialnya. Hal ini cukup berpengaruh karena dalam perjalanan hidupnya, ia akan memerlukan orang lain dan tidak akan pernah bisa hidup sendiri.

Dengan demikian, agar anak mempunyai hubungan baik dengan lingkungan sekitar, maka yang perlu diasah adalah karakter peduli terhadap sesama. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu bagian tugas anda sebagai orang tuanya.

Cara Mendidik Anak Usia Sekolah Agar Suka Menolong


Dalam kehidupan setiap orang selalu membutuhkan orang lain, tak terkecuali mereka para pelajar usia sekolah. Mereka akan memerlukan kehadiran orang lain, seperti orang tua, guru, teman, serta sosok lain yang ada dalam masyarakat untuk keseimbangan kehidupan yang mereka jalani.

Dampak positif yang dimiliki oleh anak usia sekolah tentang kepedulian sosial, diantaranya adalah:
  • Mampu menumbuhkan kebersamaan serta kerukunan
  • Terjalin hubungan yang intim dan juga akrab
  • Menciptakan hubungan pertemanan yang harmonis
  • Memisahkan jurang perbedaan antara si kaya dan si miskin
  • Menghilangkan perasaan dendam dan juga dengki.

Berikut adalah beberapa cara mendidik anak usia sekolah yang dapat anda lakukan selaku kedua orang tua, agar mereka memiliki jiwa kepedulian sosial yang tinggi.

1. Mengenalkan Sosok Pahlawan

Mengenalkan pahlawan bukan hanya sekedar mereka yang gugur dalam medan perang atau sebagai pahlawan nasional saja. Akan tetapi, anda juga dapat mengenalkan para pemuda yang menjadi relawan kegiatan sosial dan peduli akan bencana.

Berikan wawasan kepada anak anda jika mereka berani terjun ke lapangan dan dengan sukarela menghibur korban bencana saat mengalami trauma. Bahkan, anda juga dapat mengenalkan kepada anak ada sosok dokter muda yang bertugas menolong warga desa di pelosok agar memperoleh pengobatan yang layak.

2. Ikutkan dalam Aktivitas Sosial

Pada saat anda sudah mengenalkan sosok pahlawan yang dapat menginspirasi mereka, maka mulai untuk mengajak mereka sebagai sosok pahlawan untuk semua orang yang menginspirasi.

Kenalkan pada mereka rasa bahagia yang hadir saat membantu sesama. Anda dapat mulai dengan cara mendidik anak usia sekolah dari kegiatan yang sederhana, seperti bakti sosial, sedekah di berbagai tempat misalnya di tempat ibadah, panti asuhan, dan masih banyak lagi.

3. Ajak untuk Mengunjungi Lembaga Sosial

Kegiatan mengunjungi lembaga sosial dengan anak anda pun dapat dilakukan sejak anak mulai beranjak sekolah atau usia sedini mungkin. Biasanya, pada orang tua cenderung lebih cuek pada saat mereka sudah beranjak usia remaja.

Mereka menganggap jika usia remaja sudah mengerti akan arah kehidupannya. Padahal, dengan membiasakan diri untuk mengunjungi lembaga sosial akan membuka pengetahuan dan wawasan mereka mengenai apa yang ada di sekelilingnya yang tidak seberuntung dirinya.

Dengan mengasah rasa empatinya, cara mendidik anak usia sekolah ini akan menjadikan mereka menghargai apa yang sudah ia miliki.