Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Guru Swasta Boleh Daftar Melalui Sekolah Negeri, Ini Jadwal Rencana Pelaksanaan PPPK 2021

Guru Swasta Boleh Daftar Melalui Sekolah Negeri, Ini Jadwal Rencana Pelaksanaan PPPK 2021
PPPK untuk memenuhi kebutuhan guru, serta meningkatkan kesejahteraannya.

Pemerintah akan segera melaksanakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021 ini. Pada tahap pendaftaran, guru swasta diperbolehkan mendaftar melalui Sekolah Negeri. Para guru harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan pendaftaran PPPK 2021.

Pada PPPK 2021 ini pemerintah telah melakukan persiapan dengan mengadakan sosialisasi sekaligus koordinasi di berbagai wilayah untuk mencukupi kebutuhan formasi guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) formasi satu juta guru PPPK.

Pada tahapan pendaftaran PPPK 2021 ini para guru swasta diperbolehkan mendaftar melalui sekolah negeri dengan alasan sebagai berikut :

  • Tujuan utama pembukaan seleksi guru PPPK adalah untuk memenuhi kebutuhan guru, serta meningkatkan kesejahteraan guru-guru yang kompeten namun saat ini tidak dibayar dengan layak.
  • Secara hubungan kerja, tidak jauh berbeda antara menjadi guru PPPK dengan menjadi guru kontrak di sekolah swasta. Misalnya, jangka waktu kontrak kerja guru PPPK minimal satu tahun. Maka jika seorang guru swasta kesejahteraannya sudah layak, tidak perlu mendaftar menjadi guru PPPK di sekolah negeri.

Itu merupakan alasan yang harus diketahui terutama guru swasta yang akan mendaftar seleksi pengangkatan PPPK 2021 nanti. Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyebut perekrutan guru PPPK merupakan fokus Kemendikbud pada 2021.

" Fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK,” kata Nadiem.

Jadwal Rencana Pelaksanaan Seleksi Guru PPPK 2021


Seleksi PPPK dapat diikuti oleh seluruh guru honorer. Semua guru honorer yang terdaftar di Dapodik baik mereka yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta, mereka yang memiliki sertifikat pendidik kemudian guru honorer K 2 yang pernah terdaftar di Dapodik atau data base BKN.

Adapun terkait informasi lengkap mengenai rencana pelaksanaan ujian seleksi PPPK 2021 ini bisa simak jadwal berikut :

  1. Januari: pendaftaran
  2. Februari: materi pembelajaran dapat diakses
  3. Mei: ujian seleksi untuk guru TK, SD, SMP, SLB
  4. Juni: ujian seleksi untuk guru SMA, SMK
  5. September: ujian seleksi kesempatan kedua
  6. Desember: ujian seleksi kesempatan ketiga

Kemendikbud menanggung semua biaya penyelenggaraan ujian seleksi pada PPPK 2021 ini. Selain itu, Passing grade akan ditentukan oleh panitia seleksi nasional dan diumumkan pada bulan Januari 2021 serta tidak ada afirmasi terkait passing grade. Ujian seleksi guru PPPK 2021 ini sebagai rencana alternatif pengganti CPNS 2021.

Dalam pelaksanaan ujian seleksi PPPK 2021 ini yang berbeda dari pelaksanaan sebelumnya adalah para pendaftar bisa mengikuti seleksi lebih dari satu kali. Supaya bisa lolos ujian seleksi PPPK 2021 yang sebentar lagi dibuka, alangkah baiknya para pendaftar mempersiapkan diri, khususnya dalam meningkatkan kompetensi.

Berlangganan via Email