Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pastikan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Sudahkah Sesuai?

Pastikan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Sudahkah Sesuai?
Tahap tumbuh kembang anak mengalami sebuah fase yang berbeda-beda.

Tahap tumbuh kembang anak usia dini penting untuk anda ketahui. Tentu sangat berpengaruh untuk buah hati dan juga anda para orang tua. Tak jarang orang tua yang memantau perkembangan sang buah hati. Akan tetapi, tak sedikit dari mereka yang belum mengetahui proses perkembangan anak sesuai usianya.

Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini


Dalam tiap proses atau tahapan anak akan mengalami sebuah fase yang berbeda-beda. Inilah mengapa bagi anda dan juga para orang tua lainnya untuk memahami serta mengetahui hal tersebut supaya mengetahui jika nanti terdapat keganjilan dari fase-fase tumbuh kembang tersebut.

Perkembangan Fisik


Pada masa pertumbuhan, anak juga akan mengalami perkembangan fisik. Berikut adalah beberapa tahapan perkembangan fisik anak sesuai dengan usianya.

0 - 3 Bulan

Untuk masa awal kelahiran, buah hati akan mengalami penurunan berat tubuhnya, tetapi jangan khawatir. Ini adalah hal yang wajar dan akan semakin meningkat dengan asupan nutrisi asi yang tepat. Buah hati dengan rentang umur 0-3 bulan akan mengalami penambahan sekitar 500-1200 gram per bulan. Tinggi badan mereka juga akan bertambah sekitar 20 persen dari saat ia lahir.

3 - 6 Bulan

Pada tahap tumbuh kembang anak usia dini ini, buah hati akan mencapai perkembangan pertumbuhan fisik yang pesat. Berat badan mereka akan bertambah 500-1000 gram per bulan. Untuk tinggi badan juga akan berkembang secara signifikan.

6 - 12 Bulan

Pada usia 6-12 bulan, anda jangan terkejut karena pertumbuhan fisik buah hati yang sangat pesat. Mulai dari rambut sampai lingkar kepala mereka akan mengalami peningkatan. Sedangkan tinggi badan mereka juga akan mencapai pertumbuhan yang optimal.

1 - 2 Tahun

Untuk berat badan anak dengan usia ini yakni sekitar 7-14 kilogram (perempuan) dan 7-15 kilogram (laki-laki). Sementara itu, tinggi badan akan mencapai 68-71 cm (perempuan) dan 71-93 cm (laki-laki).

2 - 3 Tahun

Dalam tahap usia ini, buah hati akan mengalami pertumbuhan fisik yang sangat pesat. Bahkan, untuk berat badan mereka sekitar 17 kilo untuk perempuan dan 18 kilo untuk laki-laki. Balita perempuan akan memiliki tinggi badan sekitar 101 cm dan laki-laki 103 cm.

Perkembangan Kognitif


Perkembangan kognitif adalah berhubungan bagaimana anak belajar adaptasi dengan lingkungannya. Ini sangat berkaitan dengan pengetahuan mereka sesuai umurnya.

0 - 3 Bulan

Pada tahapan usia 0-3 bulan, anak anda akan fokus pada matanya yang mana akan mengikuti pergerakan benda di sekitar mereka. Anda bisa memberikan stimulasi seperti menggerak-gerakkan benda ke kiri dan ke kanan. Selain itu, anda juga akan mengekspresikan rasa kantuk dan bosan dengan menangis.

3 - 6 Bulan

Pada tahap tumbuh kembang anak usia dini ini, anak anda akan mulai mengenali wajah, baik orang tua atau orang-orang yang ada di sekitar mereka. Dengan ini, anda dapat menstimulasi mereka agar berkembang lebih baik dan optimal.

6 - 12 Bulan

Tahapan selanjutnya, yakni anak atau buah hati anda dapat mengenali benda yang ada di sekitar mereka. Bahkan, pada anak tertentu, mereka akan mampu menyebutkan nama-nama benda tersebut atau benda-benda yang ada di dalam rumah.

1 - 2 Tahun

Perkembangan selanjutnya, anak anda mulai bisa anda latih untuk toilet training supaya lebih mandiri. Anda juga dapat mengajarkan hal-hal yang sekiranya baik atau buruk untuk mereka.

2 - 3 Tahun 

Tahap tumbuh kembang anak usia dini berikutnya adalah mengenal warna serta abjad. Dengan memberikan latihan memperkenalkan bentuk huruf sebagai stimulan kognitif mereka.

Berlangganan via Email