Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Stimulasi Agar Masa Keemasan Anak Berkembang Optimal

Beberapa Stimulasi Agar Masa Keemasan Anak Berkembang Optimal

Stimulasi agar masa keemasan anak berkembang optimal perlu anda lakukan. Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh berkembang secara optimal. Masa keemasan anak untuk membentuk otaknya berada pada usia 5 - 6 tahun. Lantas sebagai orang tua, apa yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan agar perkembangan anak menjadi berkualitas?

Selain memberikan makanan yang kaya nutrisi dan gizi, dibutuhkan juga stimulasi yang sesuai dengan tahap usia buah hati. Sebab, dengan adanya stimulasi, anak bisa mengalami perkembangan secara optimal. Sebagai orang tua, anda wajib memperhatikan pertumbuhan anak di masa keemasan. Berikan nutrisi dan makanan yang bergizi serta stimulasi yang bervariasi untuk melengkapi perkembangan otak anak.

Stimulasi Agar Masa Keemasan Anak Berkembang Optimal


Masa kanak-kanak merupakan masa keemasan. Maka dari itu, sebagai orang tua harus bisa memberikan yang terbaik dari segi makanan, nutrisi, serta stimulasi sesuai usianya. Sebaiknya berikan stimulasi yang bervariatif agar anak bisa memperoleh perkembangan yang optimal. Adapun diantaranya yaitu: 
  • Bersifat emosi
  • Motorik
  • Sosial
  • Pengamatan

Jika anak mendapatkan stimulasi selama periode emasnya, akan tumbuh dewasa menjadi anak yang cerdas. Berbeda dengan anak yang tidak mendapatkan stimulasi pada masa keemasan. Berikut ini ada beberapa stimulasi agar masa keemasan anak berkembang optimal, antara lain:

1. Bacakan Dongeng

Sebagian besar orang tua terkadang enggan untuk membacakan dongeng sebelum tidur pada anak. Bahkan cara ini justru dapat membantu tumbuh kembang anak agar lebih optimal. Sebaiknya gunakan cara ini sebagai stimulasi yang cukup baik untuk membuat otak anak lebih berfungsi dengan baik.

Stimulasi yang bisa anda berikan untuk tumbuh kembang anak yaitu membacakannya dongeng. Ketika hendak tidur, sebaiknya bacakan dongeng agar dapat memicu otak si kecil untuk lebih kreatif. Hingga pada akhirnya akan mampu menumbuhkembangkan kreativitasnya secara optimal.

2. Ajak Bicara

Sebagai orang tua, sebaiknya ajak selalu anak untuk ngobrol meski usianya masih kecil. Meski anak belum bisa berbicara, ajaklah berkomunikasi layaknya sudah mengerti. Dengan begitu, anak akan merangsang bagian bahasa di otak untuk dapat lebih mengenal kata-kata. Berikan stimulasi yang tepat sesuai usianya.

3. Mendengarkan Musik

Stimulasi yang lain untuk bisa memberikan tumbuh kembang anak secara optimal yaitu memberikan anak suara musik. Musik adalah bahasa universal. Dengan mendengarkan musik pada anak juga berfungsi untuk mengontrol emosinya. Otak pun bisa lebih mudah berkembang optimal. Pilih jenis musik yang lembut karena pendengaran buah hati masih cukup sensitif.

Anak merupakan anugrah terindah yang diinginkan semua orang tua. Maka dari itu, sebaiknya berikan yang terbaik untuk anak, baik dari berbagai segi, terutama perkembangannya. Asupan makanan memang menjadi salah satu yang penting. Selain itu, berikan juga stimulasi agar masa keemasan anak berkembang optimal.

Berlangganan via Email