Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Ungkapan Semangat untuk Anak yang Membuatnya Lebih Berarti

5 Ungkapan Semangat untuk Anak yang Membuatnya Lebih Berarti
Menghargai tindakan anak apapun bentuknya.

Ungkapan semangat untuk anak bisa orang tua berikan sebagai motivasi agar mereka selalu menjadi pribadi yang positif dan bahagia dalam hidupnya.

Bahkan tak jarang berbagai nasihat yang diucapkan dapat berupa kata-kata yang bisa membantu anak belajar tentang kehidupan yang sedang mereka jalani.

Ini juga menjadi salah satu cara orang tua dalam mendidik anak. Memotivasi anak dengan berbagai kata-kata penyemangat membuatnya merasa diperhatikan.

Berikan 5 Ungkapan Semangat untuk Anak dalam Menjalani Harinya


Orang tua bisa menyampaikan kalimat yang bisa memberikan semangat dan membuat anak lebih berarti. Meski terlihat sederhana, namun cara ini bisa memberikan validasi dan keyakinan terhadap anak.

Dengan demikian, anak akan merasa lebih percaya diri dan bisa terpacu untuk bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Berikut ini adalah berbagai ungkapan yang bisa memotivasi anak untuk menjadi lebih bersemangat dan merasa berarti.

1. Kebaikanmu Membuat Ibu Bangga, Nak

Ungkapan ini merupakan penghargaan atau pujian bagi anak. Sebab setiap orang memiliki hak untuk memperoleh apresiasi atas apa yang telah ia lakukan. Meski hanya sebuah hal kecil dan sederhana. Begitu juga dengan anak-anak.

Anda bisa menghargai tindakan anak apapun bentuknya. Seperti dengan memberikan pujian lewat ungkapan kalimat. Dengan begitu, anak akan merasa ia lebih berarti dan berguna untuk orang lain.

2. Terimakasih Nak, Kamu Sangat Membantu

Sepertinya ucapan terima kasih sudah biasa terdengar di telinga anak-anak. Oleh sebab itu, anda bisa mengucapkan terimakasih dengan cara yang berbeda. Anda bisa mengatakan "Kamu sangat membantu, Nak".

Ungkapan semangat untuk anak ini akan membuatnya merasa memiliki peran dan membawa manfaat untuk orang-orang yang ada di sekitarnya.

3. Kamu Perlu Waktu untuk Belajar

Tak jarang orang tua yang masih bingung bagaimana memberikan motivasi kepada anak. Disamping menawarkan bantuan dan hadir secara fisik, berbagai ungkapan kalimat positif perlu diberikan supaya semangat yang anak miliki bila tergugah kembali.


Misalnya bila anak masih minder dan belum bisa dalam salah satu mata pelajaran. Maka anda bisa menyemangatinya dengan memberikan ungkapan “ Kamu perlu waktu untuk belajar lebih banyak, nak”.

Kalimat ini selain membesarkan hati anak juga bisa membuat mereka merasa lebih bersemangat lagi untuk belajar.

4. Kamu boleh Berkata Tidak pada Orang lain

Salah satu ungkapan dan bentuk penolakan yang bisa dilakukan anak adalah mengatakan tidak. Ini adalah hal yang wajar. Anda harus mengajarkan kepada anak bahwa tidak semua keinginan orang lain itu menjadi tanggung jawabnya.

Katakan pada anak " Kamu boleh berkata tidak pada orang lain". Sebab sering kali perasaan tidak enak dan sulit menolak akan membebani anak. Jadi yakinkan pada anak bahwa kadang kala anak juga harus bisa menolak sesuatu yang menurutnya tidak baik.

5. Kesalahan Bisa Membantumu dalam Tumbuh dan Belajar

Ungkapan yang satu ini bisa anda gunakan untuk membantu anak ketika mereka merasa gagal atau belum berhasil melakukan sesuatu atau apa yang mereka inginkan.

Mungkin anak akan berkecil hati dan menyerah. Oleh sebab itu, agar bisa menumbuhkan kembali semangat untuk anak, anda bisa menyampaikan ungkapan tersebut. Yakinkan anak bahwa kegagalan itu adalah pelajaran yang bisa membuatnya semakin berkembang dalam meraih apa yang ia inginkan.

Berlangganan via Email