Tips Untuk Orangtua Supaya Anak Mau Belajar Tanpa Diperintah
Cari Berita

Atas


Tips Untuk Orangtua Supaya Anak Mau Belajar Tanpa Diperintah

Rabu, 18 September 2019

Tips Untuk Orangtua Supaya Anak Mau Belajar Tanpa Diperintah
Menanamkan kebiasaan belajar bagi anak bukan hal mudah. Karenanya supaya anak mau belajar tanpa diperintah coba tips berikut ini.

Bagi orang tua, membimbing anak agar selalu rajin belajar merupakan sesuatu yang penting. Selain karena anak memang belum mengerti arti belajar, hal ini juga penting agar anak tidak larut dalam kemalasannya. Sayangnya, tidak seperti orang dewasa, orang tua perlu memiliki cara khusus untuk menanamkan kebiasaan belajar pada anak tersebut. Misalnya, Anda bisa menerapkan beberapa tips supaya anak mau belajar tanpa diperintah berikut:

1. Memberitahu Manfaat Belajar

Untuk awal, memberikan pengertian mengenai manfaat belajar pada anak bisa Anda lakukan. Cara ini bertujuan agar anak mengetahui bahwa sebenarnya belajar memiliki manfaat yang sangat banyak. Namun karena untuk anak-anak, pengenalan ini bisa Anda lakukan dengan bahasa ringan sehingga mudah untuk dipahami. Selain itu, Anda juga perlu mencari waktu yang tepat, seperti ketika anak tengah santai dan dalam keadaan tenang.

2. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangakan

Pada dasarnya, anak-anak memang lebih suka bermain dari pada belajar. Itu mengapa, orang tua perlu pintar-pintar mencari celah agar bisa menanamkan kebiasaan belajar ini. Adapun selain memberikan pengertian mengenai manfaat belajar, Anda juga perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak.

Tidak perlu bingung. Anda bisa memberikan pola belajar lebih santai, seperti mengajak anak belajar sambil bermain, belajar menggunakan media pengajaran yang menarik, atau pola belajar lainnya.

3. Berikan Semangat dan Dukungan pada Anak

Tips supaya anak mau belajar tanpa diperintah berikutnya yaitu selalu berikan semangat serta dukungan pada anak apapun yang terjadi. Nah, perlu diperhatikan, terkadang ada sebagian orang tua yang hanya akan memberikan semangat serta dukungan pada kegiatan tertentu anak. Padahal jika tahu, cara semacam ini bisa mengakibatkan anak menjadi takut untuk mengeksplore kemampuan dalam dirinya.

Oleh karena itu, apapun kegiatannya dan bagaimanapun pola belajar yang anak lakukan, usahakan selalu berikan semangat serta dukungan Anda pada mereka.

4. Ketahui Tipe Pemahaman Belajar Anak

Untuk satu dua kali belajar, Anda mungkin akan kesulitan menemukan tipe belajar apa yang membuat anak cepat paham. Lalu apa itu artinya tipe akan ditemukan dalam waktu yang lama? Jawabannya adalah tidak. Sebenarnya dengan cara tertentu, tipe belajar anak bisa diketahui dengan cepat.

Salah satunya yaitu dengan mencoba menerapkan beberapa cara belajar pada anak kemudian menganalisanya. Cara belajar di sini boleh berupa penyampaian materi secara langsung, belajar dengan bantuan media pengajaran, belajar sambil bermain, atau belajar menggunakan mind mapping.

Jika semua telah dicoba, selanjutnya Anda bisa menganalisa, diantara semua cara belajar tersebut, tipe belajar yang mana yang membuat anak cepat paham? Nah dengan begitu, cara ini bukan hanya akan membuat anak senang dalam belajar, tetapi juga akan membuat anak bisa menyerap ilmu yang diajarkan.

5. Berikan Reward pada Anak

Bukan hanya ketika mendapatkan prestasi saja, pemberian reward juga bisa Anda berikan untuk hal-hal sederhana yang diraih oleh anak. Salah satunya yaitu ketika anak sudah mulai rajin belajar tanpa harus Anda perintah. Disadari atau tidak sebenarnya cara semacam ini dapat semakin menyemangati anak belajar secara rutin loh! Bahkan untuk beberapa kasus seperti saat anak susah belajar pemberian reward ini juga bisa menjadi pancingan ampuh bagi mereka.

Caranya yaitu, ketika anak yang susah diajak, mulai mau belajar, Anda bisa memberikan reward untuknya. Selain bisa memacu semangat mereka, cara ini juga bisa menghapuskan pengertian dalam diri anak yang cenderung menganggap belajar sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan.

Itulah beberapa tips supaya anak mau belajar tanpa diperintah terlebih dahulu. Semoga salah satu diantarannya mampu membantu memotivasi semangat belajar anak Anda.