Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menjadi Guru yang Wibawa Tidak Boleh Asal, Simak Cara yang Benar!

Menjadi Guru yang Wibawa Tidak Boleh Asal, Simak Cara yang Benar!
Guru yang dicintai oleh banyak siswa

Menjadi guru yang wibawa dan disegani oleh banyak siswa rupanya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Misalnya ada seorang guru yang dikerubungi oleh siswa-siswanya hanya karena ingin menanyakan kesulitan saat mengerjakan tugas.

Lalu juga seorang guru yang sedang asyik ngobrol bersama dengan siswa-siswanya tanpa ada rasa sungkan dan juga terlihat santai. Inilah mengapa indah sekali melihat guru yang dicintai oleh banyak siswa dan melakukan hal-hal santai layaknya teman atau orangtua.

Cara Menjadi Guru yang Wibawa


Menjadi orang tua bukan perkara yang mudah. Apalagi bagi anak-anak yang bukan merupakan darah daging sendiri. Guru adalah orang yang menjalankan peran tersebut, setidaknya di tempat ia mengajar. Menyelami serta mendalami berbagai karakter siswa-siswanya yang mana berasal dari latar belakang yang berbeda menjadi sebuah tantangan tersendiri dari seorang guru.

Namun, bagi anda yang ingin menjadi guru yang baik, berwibawa, serta dicintai oleh banyak siswa tentu dapat dipelajari dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh asal-asalan. Berikut adalah beberapa tips atau cara yang dapat anda lakukan demi memperoleh hal tersebut antara lain: 

1. Menguasai Materi yang Dipegang

Cara menjadi guru yang wibawa yang pertama adalah dengan menguasai materi dari pelajaran tersebut. Anda akan dapat menyampaikannya dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa saat materi tersebut anda kuasai.

Meskipun anda bukanlah satu-satunya sumber belajar untuk siswa, namun setiap terdapat pertanyaan dari mereka, maka anda dapat dengan cepat dan jelas menjawabnya tanpa bolak-balik membaca dan melihat pada buku.

2. Cara Mengajar yang Bervariasi

Membuat siswa tidak bosan menjadi hal penting untuk anda sebagai seorang guru. Apabila anda belum dapat menemukan cara yang variatif dengan teknik yang tepat, namun anda dapat mengajak mereka keluar kelas paling tidak satu minggu sekali.

Berikan pembelajaran mengenai hal-hal yang ada di sekitar dan aplikasikan dalam metode yang menyenangkan seperti permainan.

3. Rutin Periksa Tugas Siswa

Memeriksa tugas yang anda berikan adalah hal yang wajib dan harus anda lakukan untuk menjadi guru yang wibawa. Karena dengan tidak memeriksa tugas tersebut, maka dapat dikatakan jika anda sedang menyepelekan kemampuan siswa. Hal ini tentu saja bukan perkara yang baik untuk perkembangan siswa-siswi anda kedepannya.

Mereka akan kembali menyepelekan tugas yang anda berikan dan tidak mengerjakannya. Hal ini akan berakibat buruk. Dapat anda lakukan pemeriksaan sesegera mungkin dan jangan menunda. Ini akan menjadi hal yang melatih tanggung jawab serta kedisiplinan siswa.


Namun, menjadi guru yang wibawa dapat anda lakukan dengan memberikan penghargaan dan juga pujian saat mereka mengerjakannya dengan baik. Sebaliknya jika mereka mengerjakan dengan tidak benar atau bahkan buruk sekalipun, jangan sekali-kali memberikan hinaan atau mengatakannya secara langsung. Hal tersebut bisa saja dikarenakan oleh pembelajaran atau materi yang kita sampaikan kurang jelas.

4. Menjadi Guru yang Humoris

Untuk menjadi guru yang disayangi dan dicintai para siswa, anda dapat menjadi guru yang humoris. Karena humor atau candaan yang anda ucapkan tersebut dapat menambah segar suasana belajar mengajar. Namun jangan memberikan candaan yang menyinggung kekurangan siswa anda, melainkan dengan candaan yang ada tempatnya serta memilih waktu yang tepat.

Sebisa mungkin candaan anda tersebut masih berhubungan dengan materi yang anda sampaikan. Jadi, siswa anda tidak akan merasa jenuh dan mengantuk dibandingkan dengan metode belajar yang kaku dan serius. Menjadi guru yang wibawa ini dapat anda terapkan demi perkembangan proses belajar mengajar serta perkembangan anak didik anda.

Berlangganan via Email