Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Mengenal Kepribadian dan Karakter Siswa Bagi Guru

Manfaat Mengenal Kepribadian dan Karakter Siswa Bagi Guru
Kunci dalam mencapai keberhasilan pembelajaran.

Mengenal kepribadian dan karakter anak menjadi salah satu kunci dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Kedua hal tersebut tidak dapat tumbuh dengan sendirinya, sehingga anak membutuhkan lingkungan yang diciptakan demi menumbuhkan potensi mereka secara lebih maksimal.

Sehingga, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat, berperilaku baik, serta cerdas. Lingkungan tersebut adalah dapat diperoleh dalam jalur pendidikan formal atau jalur informal seperti di rumah.

Mengenal Kepribadian dan Karakter


Berdasarkan Wikipedia, kepribadian merupakan kesemua cara dari seseorang untuk berinteraksi dan bereaksi dengan individu yang lainnya. Kepribadian ini sering digambarkan dalam istilah yang sifatnya dapat diukur dari seseorang tersebut tunjukkan.

Selain itu, kepribadian juga menjadi salah satu hal yang dilihat sebagai ciri-ciri yang menonjol dari seseorang. Misalnya pada orang yang pemarah, maka akan dikatakan sebagai orang yang berkepribadian pemarah atau emosional.

Kemudian, masih banyak hal yang dapat menjadi contoh dari mengenal kepribadian dan karakter seseorang memperoleh predikat atau atribut kepribadian dari dalam diri mereka karena sifat yang menonjol tersebut. 

Sementara itu, untuk karakter merupakan sifat yang ada pada manusia secara umum. Yang mana manusia memiliki sifat yang banyak tergantung pada faktor kehidupannya. Misalnya, pemarah, penyabar, ceria, tidak percaya diri, pemaaf, dan masih banyak lagi. Masing-masing individu mempunyai satu ciri khas tersendiri yang lain dari individu lainnya.

Lantas, lingkungan sekolah sendiri tentu tidak akan dapat terlepas dari peran guru. Guru yang baik diharapkan akan mampu mengenal kepribadian dari siswa, yang mana kelak akan membantunya dalam melihat karakter asli siswa didiknya tersebut.

Kemudian, seorang guru juga harus bisa memberikan motivasi siswa agar mereka bisa menjadi diri sendiri dengan cara yang terbaik. Lalu, siswa juga bisa memperbaiki kekurangan dan meningkatkan apa yang telah menjadi kelebihan mereka untuk masa depan.

Dari diri setiap siswa akan mempunyai perbedaan mengenai kepribadian maupun karakternya. Masing-masing karakter juga pasti memiliki kelebihan serta kekurangan. Jadi, kita tidak dapat menilai siswa "A" adalah lebih baik dari siswa "B". Dengan lebih bijaksana dalam menilai dan mengenal kepribadian dan karakter siswa, dapat sangat bermanfaat. Karena dari dua individu saja, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Manfaat Mengetahui Kepribadian dan Karakter Siswa


Bagi seorang guru, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diambil dalam mengenal kedua hal penting tersebut dari siswanya dengan cara yang baik. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengerti dan mengetahui apa yang siswa miliki dan bisa meningkatkannya
  2. Dapat mendeteksi apa yang menjadi kelemahan siswanya sekaligus dapat memperbaikinya dengan cara yang tepat
  3. Mengerti dan mengetahui apa yang menjadi potensi diri siswa serta mampu mengoptimalkan untuk kebutuhan masa depan mereka yang akan datang
  4. Manfaat mengenal kepribadian dan karakter selanjutnya adalah memberitahu serta menyadarkan siswa jika mereka masih mempunyai banyak kekurangan dalam diri masing-masing. Sehingga, siswa kelak akan jauh dari sikap sombong serta merendahkan atau meremehkan orang lain
  5. Mengetahui jenis pekerjaan apa yang kelak cocok untuk siswanya di masa depan. Tentu saja berdasarkan pada kepribadian serta karakter mereka. dengan demikian, akan mampu mengarahkannya dengan cara yang tepat dan lebih baik
  6. Mengenal kepribadian (personality) diri, sehingga dapat membantu para siswa untuk menerima dengan penuh ikhlas akan segala kebaikan dan juga kekurangan yang ada pada diri sekaligus juga bertoleransi dari kelemahan dan kelebihan orang lain
  7. Mengenal diri sendiri bisa membantu siswa dalam berkompromi terhadap diri mereka sendiri dan dengan orang lain untuk semua kondisi dan situasi

Dengan memahami serta mengenal kepribadian dan karakter siswa, maka tentunya proses belajar mengajar bisa lebih berjalan dengan maksimal.

Berlangganan via Email