Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Jenis Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan Bareng Anak

5 Jenis Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan Bareng Anak
Pekerjaan rumah tangga.

Pekerjaan rumah tangga memang tak ada habisnya, Perlu usaha yang lebih agar bisa mewujudkan rumah idaman yang bersih dan selalu rapi. Tapi anda tak perlu khawatir, ternyata ada beberapa pekerjaan yang ternyata bisa dilakukan bersama anak. Bahkan ini bisa menjadi sebuah kegiatan yang seru dan mengasyikkan.

Lihat juga: Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja dan Dapat Mandiri

Selain bisa terbantu membereskan rumah, anda juga bisa melatih anak untuk bekerja sama, mandiri dan bertanggung jawab. Keterampilan anda dalam membantu membereskan rumah atau pekerjaan lainnya akan membuatnya terlatih dalam mengasah motoriknya.

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Melibatkan Anak

Sebelum anda memulainya, anda harus menyesuaikan kegiatan pekerjaan rumah dengan usia anak. Anda bisa memberikannya berbagai kegiatan ringan. Apa saja itu?

1. Menyiram Tanaman

Pekerjaan rumah yang satu ini bisa anda lakukan bersama-sama dengan anak. Anda juga bisa memberikan pengarahan tentang bagaimana menyiram tanaman dengan baik, mana yang butuh banyak air dan mana yang hanya perlu disiram secukupnya.

Kegiatan ini pasti seru sekali dan menyenangkan bagi anak. Kegiatan menyiram tanaman juga bisa dibarengi dengan kegiatan memotong rumput di taman halaman rumah.

2. Merapikan Kamar Tidur Anak

Ketika anda merapikan kamar bersama anak, inilah saatnya anda mengajarkan bagaimana anak merapikan kamarnya. Dengan begitu, anak bisa terbiasa menaruh mainan mereka dengan rapi. Sprei kamar dirapikan dan ditata dengan baik.

Kegiatan ini akan membuat anak mengetahui bagaimana mereka seharusnya memperlakukan kamar tidurnya. Jangan lupa berikan pujian pada anak saat mereka berhasil merapikan kamar tidurnya.

3. Melipat dan Menyimpan baju

Anda bisa melibatkan anak untuk pekerjaan rumah tangga yang satu ini. Ketika anda sudah selesai menyetrika baju, anda bisa minta bantuan anak untuk menyimpan bajunya ke dalam lemari pakaian.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk mengajarkan anak bagaimana melipat baju. Selain menarik bagi anak, kegiatan ini juga bagus untuk perkembangan motorik halus anak.

4. Menyapu Lantai dan Halaman Rumah

Kegiatan seru bersama anak salah satunya adalah menyelesaikan pekerjaan rumah seperti menyapu lantai serta halaman rumah. Melalui kegiatan ini anda bisa mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Mungkin awalnya anak akan menolak, tapi saat mengetahui bahwa pekerjaan ini cukup menyenangkan dan menciptakan kebersihan untuk rumah, anak akan tertarik dan ingin melakukannya.

5. Membersihkan Kaca dan Jendela

Masih ada lagi kegiatan yang bisa anda lakukan bersama dengan anak anda. Salah satunya adalah dengan membersihkan kaca dan jendela di rumah.

Anda bisa memberinya cairan pembersih kaca dan kain lap kepada anak. Selanjutnya anda juga bisa mengarahkan bagian mana yang bisa dibersihkan.

Jangan lupa untuk selalu mengajak anak cuci tangan setelah melakukan pekerjaan rumah tangga ini bersama anda. Rumah bersih, kedekatan bersama anak juga tetap terjalin dengan baik.

Berlangganan via Email