Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bunda, Inilah Tips Menghabiskan Waktu di Rumah Bersama Anak

Bunda, Inilah Tips Menghabiskan Waktu di Rumah Bersama Anak
Manfaatkan momen ini supaya hubungan keluarga makin erat dan anak memperoleh kebahagiaan.

Pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan membuat pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan sosial. Banyak bisnis ditutup dan sekolah diliburkan membuat orangtua harus bersama anak-anak sepanjang hari di rumah. Tak perlu bingung Bunda, inilah tips menghabiskan waktu di rumah bersama anak yang bisa coba diterapkan:

1. Masak Bersama

Pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah memang membuat semua orang akhirnya menghabiskan waktu di rumah. Namun meskipun tidak sekolah, kebiasaan anak tentu tak bisa lepas yakni suka makan camilan.

Daripada uang habis untuk membeli jajanan anak di toko, kenapa Anda tidak mencoba memasak saja? Supaya lebih seru, ajak juga buah hati terlibat dalam kegiatan di dapur. Tak perlu cemas dengan adanya api dari kompor atau pisau yang tajam, dapur dan kegiatan masak bareng ini justru bisa mempererat hubungan orangtua dan anak.

Menurut Amanda Davis selaku ahli nutrisi dan pelatih kebugaran di Amerika Serikat, dapur adalah ‘laboratorium’ anak dan orangtua. Lewat masak bareng, Anda bisa ngobrol apapun dengannya dan berbicara mengenai teman-temannya sehingga anak bisa mengekspresikan dirinya lebih bebas. Bahkan proses memasak juga mampu melatih sensor motorik buah hati. Seru, kan?

2. Bijak Pakai Gawai

Perkembangan teknologi memang membuat anak-anak saat ini begitu akrab dengan gawai semperti smartphone hingga laptop. Apalagi kalau mereka sudah menemukan game online yang menarik, anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Beberapa orangtua bahkan memberikan gawai kepada anak supaya buah hati tidak mengganggu kesibukannya.

Namun menurut Santoso selaku Ketua KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) seperti dilansir Republika, orangtua harus berperan aktif agar anak tidak terpapar dampak negatif gawai. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat buah hati banyak di rumah, bermain dengan gawai boleh-boleh saja tapi tetap harus dalam pengawasan orangtua.

3. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Tips menghabiskan waktu di rumah bersama anak berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah mengajaknya melakukan pekerjaan rumah tangga. Tak perlu berat-berat, ajari mereka untuk membereskan mainannya sendiri. Lalu kemudian libatkan buah hati untuk merapikan tempat tidurnya, membereskan meja dapur hingga menata ruang TV bersama dengan Anda.

Jangan diremehkan, kegiatan sederhana ini menurut Charlie Taylor selaku Kepala Sekolah Dasar di Amerika Serikat sekaligus penulis buku The Secrets to Having a Much Better Behaved Child, justru bisa memperkuat rasa tanggung jawab anak. Bahkan menurut Taylor, orangtua sudah bisa mulai ‘memberikan tugas’ saat buah hati berusia tiga tahun, seperti dilansir Mirror.

4. Berkebun di Halaman

Masih berkaitan dengan tips menghabiskan waktu di rumah bersama anak saat wabah corona, kegiatan yang cukup menarik dan bisa dipertimbangkan adalah berkebun di halaman rumah. Sebagai kegiatan yang sudah mulai jarang dilakukan keluarga-keluarga modern, Anda justru bisa mencoba mengajak buah hati menanam tanaman bersama di dalam pot.

Dalam penelitian yang dimuat PubMed Central J Community Health tahun 2012, terungkap bahwa berkebun di rumah bisa menguatkan ikatan orangtua-anak. Bahkan berkebun juga mengajarkan anak untuk sabar dan lebih mencintai lingkungan. Daripada mereka bermalas-malasan, ajak buah hati untuk berani kotor yang akan memperluas wawasan mereka meski tidak di sekolah.

5. Membantu Mengerjakan PR

Karena kegiatan belajar-mengajar di sekolah terpaksa libur lebih awal karena pandemi Covid-19, guru pun memberikan segudang PR untuk para pelajar. Agar anak tidak menganggap PR-PR itu beban, bantu mereka mengerjakannya. Jika perlu, tetapkan waktu khusus seperti di pagi hari usai sarapan untuk mengerjakan tugas sambil didampingi.

Jangan langsung beritahu jawabannya, tapi biarkan buah hati mencari tahu. Arahkan anak secara perlahan untuk menemukan jawaban soal agar otak mereka semakin terasah. Alih-alih dimarahi, Anda bisa selalu memberikan semangat dan melakukan koreksi secara bijaksana. Jadilah sosok yang menenangkan sehingga anak makin memiliki ikatan emosional dengan orangtuanya.

Bagaimana Bunda, tips-tips menghabiskan waktu di rumah bersama anak yang sudah diulas di atas sangat menyenangkan, bukan? Karena itu Anda tak perlu bingung lagi jika buah hati harus berada di rumah selama beberapa minggu ke depan. Justru manfaatkan momen ini supaya hubungan keluarga makin erat dan anak memperoleh kebahagiaan yang lengkap bersama orangtuanya.

Berlangganan via Email