Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mendidik Anak Laki-Laki Agar Mandiri dan Sukses

Ampuh! Tips Mendidik Anak Laki-Laki Agar Mandiri dan Sukses
Tips agar anak laki-laki mandiri dan sukses, ini layak Anda terapkan kepada anak-anak Anda. Bermain bebas, cerdas, dan tangkas.

Senang bermain senjata adalah ciri khas yang melekat pada anak laki-laki. Setidaknya itulah beberapa anggapan sebagian orang, padahal mereka juga sesekali manja dan butuh perhatian. Untuk mendapatkan formula mendidik anak yang tepat dan sesuai dengan usianya. Maka Anda perlu mengetahui pembahasan artikel mengenai tips agar anak laki-laki mandiri dan sukses.

Tips Agar Anak Laki-laki Mandiri Dan Sukses

1. Ajarkan anak menjadi tangguh

Agar anak laki-laki Anda dapat meraih sukses dengan gemilang, ajari dia untuk selalu mengucapkan rasa syukur setiap saat. Selain itu, ajari dia untuk menghadapi setiap tantangan dan bagaimana cara menyelesaikannya.

2. Anak laki-laki senang dipeluk

Sebuah pelukan, menjadi salah satu cara mendidik anak laki-laki. Aktivitas fisik laki-laki membuat dia cenderung menunjukkan perasaan melalui sentuhan. Tidak perlu khawatir dengan pelukan dan ciuman, akan membuatnya menjadi kekanak-kanakan ataupun menjadi wanita.

3. Manfaat ASI bagi anak laki-laki

Dari hasil sebuah penelitian, bahwa pemberian ASI kepada anak laki-laki selama enam bulan ataupun lebih akan berdampak pada nilai akademisnya yang lebih tinggi. Sehingga, tidak masalah jika pemberian ASI tersebut hingga usianya menginjak satu hingga dua tahun.

4. Berikan pujian sewajarnya

Berikut salah satu tips agar anak laki-laki mandiri dan sukses menurut Carol Dweck, seorang profesor psikologi dari Stanford University yang melakukan dua penelitian dan melibatkan anak-anak usia sekolah. Pujian kepada anak tidak boleh berlebihan, agar saat dia gagal ataupun berhasil melakukan sesuatu tidak cepat puas dengan pencapaiannya.

5. Biarkan anak bermain di luar

Sebaiknya mulai hari ini, Anda harus membiarkan anak laki-laki bermain di luar. Hal tersebut dilakukan agar anak bisa mendapatkan pengalaman baru untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar rumah. Selain itu, dengan melarang anak laki-laki bermain di luar akan mempengaruhi kemampuan konsentrasinya, karena kurangnya aktivitas fisik.

6. Perhatikan bakat mereka

Bakat adalah salah satu penentu kesuksesan di masa depan, jadi perhatikan sisi positif dari anak laki-laki Anda. Caranya perhatikan kemampuan akademisnya, bandingkan dengan kegiatan ekstrakurikulernya dan kecerdasan emosional pada saat sosialisasi. Apabila anak mendapat nilai jelek di akademisnya, bukan berarti ia bodoh. Bisa saja, dia memiliki kemampuan sebagai influencer atau pelukis.

7. Biarkan anak mencoba hal baru

Jangan halangi anak untuk mencoba hal baru, agar mereka dapat mengetahui dan merasakan pengalaman baru yang berbeda. Biasakan anak laki-laki untuk menjadi problem solver, agar mereka bisa mandiri dan sukses suatu saat nanti.

8. Beri anak tanggung jawab

Kesuksesan hanya dapat diraih jika Anda berani memberikan tanggung jawab, seperti memintanya merapikan tempat tidurnya setiap pagi. Sehingga, hal tersebut dapat digunakan untuk mengajari dan mendidik anak laki-laki untuk berlatih mandiri.

Tips agar anak laki-laki mandiri dan sukses ini tentunya perlu dilakukan secara bertahap dan dengan tekun. Tips di atas bukan harga mati. Sehingga, Anda bisa menggunakan sumber lain untuk dikolaborasikan.