Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengajarkan Anak Menggambar dengan Kanvas Paling Mudah

Cara Mengajarkan Anak Menggambar dengan Kanvas Paling Mudah
Cara mengajarkan anak menggambar.

Salah satu aktivitas yang disukai anak adalah menggambar. Biasanya mereka senang menggambar dengan berbagai warna yang cerah dan menarik. Cara mengajarkan anak menggambar bisa memberikan banyak manfaat. Media menggambar pun bermacam macam. Mulai dari buku gambar hingga kanvas.

Menggambar bisa menumbuhkan kreativitas serta imajinasi anak. Selain itu, menggambar juga bisa menstimulasi perkembangan otak. Bahkan menggambar bisa membuat tubuh menjadi tenang dan merasa senang.

Begini Cara Mengajarkan Anak Menggambar dengan Kanvas

Menggambar menggunakan kertas dan kanvas sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja dari segi media dan alat yang digunakan memiliki perbedaan. Begini tahapan menggambar dengan kanvas.

Mempersiapkan Media kanvas

Jika anak ingin belajar menggambar menggunakan kanvas. Maka anda bisa memilih bahan kanvas yang ukurannya tidak terlalu besar. Apalagi bila anak baru mulai belajar menggambar. Kanvas yang dipakai juga harus disesuaikan ukurannya.

Siapkan Peralatan Gambar yang Dibutuhkan

Seperti yang disebutkan tadi, kegiatan menggambar ini sama seperti menggambar di kertas. Anda bisa siapkan peralatan seperti pensil dan penghapus untuk alat menggambar di kanvas.

Peralatan yang berbeda adalah pewarnanya. Bila di kertas bisa menggunakan crayon, pensil warna, spidol atau cat air. Maka untuk gambar di kanvas menggunakan cat akrilik.

Maka dari itu, anda harus menyiapkan cat akrilik, kuas, air serta palet untuk tempat mencampur cat sebelum diaplikasikan ke kanvas.

Mulai Mengajarkan Anak Menggambar

Jika anda sudah memilih kanvas dan menyiapkan alat gambar, kini saatnya anda menerapkan cara mengajarkan anak menggambar di kanvas. Adapun berbagai tips yang bisa anda ikuti diantaranya adalah:

  • Ajarkan anak untuk membuat pola atau bentuk sederhana. Misalnya berbagai jenis garis, bangun ruang dan berbagai bentuk abstrak.
  • Selanjutnya anda bisa mengarahkan anak untuk mencontoh gambar yang sudah ada. Misalnya gambar tokoh kartun favoritnya atau foto banguan gedung tinggi.
  • Selain itu, anda juga dapat membebaskan anak untuk menggambar apapun yang ia pikirkan. Hal ini juga bisa membantu anak mengasah kreativitasnya.

Bila proses menggambar sudah selesai di kanvas. Maka selanjutnya anda bisa mengarahkan anak untuk mewarnai gambar yang sudah ia buat tadi. Dalam proses pewarnaan anda bisa mengarahkannya atau bisa membebaskan anak untuk memilih warna yang ia inginkan.

Disamping itu, anda juga perlu mengajarkan anak bagaimana cara mewarnai gambar dengan warna yang tebal atau tipis. Anda juga bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar langsung menggunakan kuas serta cat warna yang ia miliki di kanvas.

Lihat juga: Tahap Kemampuan Anak Menggambar dan Cara Menstimulasinya

Dalam kegiatan ini anda sebisa mungking membuatnya terasa menyenangkan bagi anak. Cara mengajarkan anak menggambar di kanvas seperti ini akan membuat anak bersemangat. Jangan lupa berikan apresiasi untuk usaha keras anak anda dalam menggambar.

Berlangganan via Email