Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengajarkan Anak Bersikap Baik dengan Contoh Dari Ayah dan Ibu

Mengajarkan Anak Bersikap Baik dengan Contoh Dari Ayah dan Ibu
Mengajarkan anak bersikap baik.

Mengajarkan anak bersikap baik memang bukan sebuah hal yang mudah. Akan tetapi anda sebagai orang tua tak boleh menyerah. Setiap orang tentu tentu ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang baik.

Oleh sebab itu, ayah dan ibu sedini mungkin harus memberikan contoh dan menanamkan teladan yang baik kepada anak. Biasanya anak-anak akan mempelajari berbagai hal yang ada di sekitarnya. Termasuk apa yang biasa dilakukan oleh ayah dan ibu sehari-hari.

Begini Cara orang Tua Mengajarkan Anak Bersikap baik

Bila anda menginginkan anak bersikap baik, maka anda harus sabar. Meskipun ini susah-susah gampang, akan tetapi anda tak perlu khawatir. Sebab ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak agar bersikap baik.

1. Orang Tua Menjadi Teladan yang Baik

Seperti yang disampaikan oleh Psikolog anak usia dini, Gianti Amanda. Memberikan contoh merupakan salah satu   cara menanamkan sikap baik kepada anak. Maka dari itu, dalam kehidupan sehari-hari orang tua harus menjadi teladan bagi anak. 

Lihat juga: 7 Contoh Sikap Guru Teladan Yang Wajib Anda Miliki!

Dengan menjadi contoh yang baik, maka anak juga bisa mengikuti hal-hal baik yang telah orang tua lakukan.

2. Mengajarkan Kebaikan dari Berbagai Media

Selain menjadi contoh, orang tua juga bisa menyampaikan berbagai pembelajaran yang baik untuk anak dari berbagai macam media yang ada. Seperti media cetak dan media elektronik.

Anda bisa membacakan buku tersebut dan memberikan contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan menanamkan sikap baik tersebut.

Kegiatan membaca buku bisa menjadi media untuk membentuk komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Dengan demikian, selain anak lebih dekat dengan orang tua, anda pun bisa menanamkan nilai-nilai kebaikan dari kegiatan tersebut.

3. Membiasakan Anak Berterima Kasih

Berterima kasih menjadi salah satu wujud dari sikap bersyukur anak. Di usianya yang sedini ini, konsep bersyukur tentu saja masih sulit untuk dipahami. Akan tetapi dengan membiasakan anak berterima kasih, maka anak secara perlahan akan mengerti bagaimana mereka mengungkapkan rasa syukurnya.

Anda juga bisa mengajarkan anak bersikap baik dengan memberikan contoh konkret tentang kondisi dimana anak harus berterima kasih. Berterima kasih juga bisa dikembangkan menjadi rasa syukur anak kepada Tuhan dan diri mereka sendiri.

4. Membangun Kebiasaan untuk Mendengarkan

Sebagai teladan yang baik, orang tua juga harus bisa membiasakan diri untuk mendengarkan apa perkataan anak. Meskipun anda memberikan perintah kepadanya, bukan berarti anda tidak bisa mendengar apa yang menjadi alasan mereka.

Mungkin saat anak tidak melaksanakan perintah anda karena kondisinya sedang lelah. Punya masalah dengan teman atau kesal dengan suasana sekolah dan lain sebagainya.

Ketika anda mendengarkan keluhan anak, maka anak juga bisa mendengar dan mematuhi perintah anda. Selain itu, anak juga akan terbiasa mengungkapkan pendapatnya kepada anda.

5. Memberikan Pujian dan Apresiasi

Bila anak berhasil ketika melakukan sesuatu atau mereka bisa mengikuti apa yang anda minta dengan baik bisa membuat anak lebih termotivasi dan bersemangat.

Dengan demikian, anda bisa sedikit demi sedikit mengajarkan anak bersikap baik tanpa terkesan memaksakannya. Sebab, anda sudah mengajarkan ini dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Berlangganan via Email