Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 1 dan 2
 File RPP 1 Lembar kelas 4.

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan kegiatan proses pembelajaran merupakan hal yang paling utama bagi guru. Pasalnya, ini berhubungan dengan pencapaian suatu kompetensi dasar (KD) sesuai standar isi dan penjabaran dalam satu rangkaian silabus. Sekarang RPP lebih sederhana, cukup satu lembar yang berisi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian (asesmen).

Lihat juga: RPP Pembelajaran Daring 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

Guru kelas 4 juga harus membuat pemetaan KD kelas 4 sesuai Kurikulum 2013. Dengan pemetaan KD tersebut akan mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan Kurikulum 2013 revisi terbaru pembelajaran tematik untuk kelas 4 SD dan sederajat terdiri muatan mata pelajaran, yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Setiap tema terdiri dari 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari enam pembelajaran.

RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran penting berisi kegiatan yang sangat jelas dan terencana yang disiapkan seorang oleh guru kelas 4 untuk melaksanakan pembelajaran dengan peserta didik. Dibutuhkan kreatifitas dan inovasi guru kelas 4 dalam merancang RPP 1 lembar sesuai aturan Mendikbud. Dalam membuat RPP harus memepertimbangkan pendekatan, materi, metode, serta menyesuaikan dengan kondisi.

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SD/MI

Kelas / Semester :  4 /2

Tema                       :  Kayanya Negeriku (Tema 9) 

Sub Tema                :  Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu :  IPS, SBDP

Pembelajaran ke :  5

Alokasi waktu         :  1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan membaca dan menggamti gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam dengan penuh kepedulian.

2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

A. Ayo Bernyanyi

1. Setelah berdoa, pembelajaran dimulai dengan menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta”. Guru memberi contoh cara menyanyikan lagu itu, lalu mengajak siswa menyanyikan bersama-sama. (Creativity and Innovation)

B. Ayo Membaca

1. Beri siswa waktu selama 15 menit untuk membaca dan mengamti gambar tentang pemanfaatan sumber daya alam. (Literasi)

2. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang data yang disajikan dalam bentuk grafik. Gunakan pertanyaan-pertanyaan pada guru siswa sebagai panduan untuk berdiskusi. (Collaboration)

C. Ayo Berdiskusi

1. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasikan pemanfaatan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari. (Collaboration)

Hasil yang Diharapkan

Siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Siswa memiliki keterampilan berkomuniukasi lisan dan tulis.

Siswa memiliki keterampilan dan kepercayaan diri mengungkapkan pendapat. 150 menit

Penutup

A. Ayo Renungkan

1. Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan siklus hidup hewan, lingkungan, dan keterampilan wawancara.

B. Kerjasama dengan Orang Tua

1. Siswa minta orang tuanya bercerita tentang pemanfaatan sumber daya alam di daerah tempat tinggalmu. Kemudian tuliskan kembali cerita tersebut manjadi sebuah cerita yang menarik.

2. Siswa membacakan hasilnya di depan orang tuanya dan meminta pendapat dan tanggapan.

(Mandiri)

C. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.

D. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) 15 menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian. 


DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR KELAS 4 SEMESTER 1 DAN 2 

Banyak sekali ditawarkan RPP yang sudah jadi, bahkan ada yang menjualnya. Bagi guru kelas 4 dapat menyusunnya sendiri karena itu adalah bagian tugas dan wujud kompetensi guru. Mengingat begitu pentingnya RPP, SekolahDasar.Net akan membagikan filenya secara gratis. File RPP 1 lembar kelas 4 semester 1 dan 2 dapat didownload melalui link berikut ini:

RPP 1 LEMBAR KELAS 4 SEMESTER 1 DAN 2  .rar

RPP format satu lembar kelas 4 di atas untuk 1 tahun semester ganjil dan genap berformat MS Word atau .doc. Guru kelas 4 dapat mengedit dan mencetak dengan disesuaikan kondisi sekolah. RPP sangat penting agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan efisien. Meskipun sudah hafal pembelajaran yang akan disampaikan, guru kelas 4 tetap wajib membuat RPP.

Berlangganan via Email