Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RPP Pembelajaran Daring 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

RPP Pembelajaran Daring 1 Lembar Kelas 4 Semester 1

Karena pandemi Covid-19 yang awalnya proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan tatap muka langsung di sekolah, berubah menjadi daring. Guru harus merubah dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara daring atau Belajar Dari Rumah (BDR). Dalam menyusun RPP daring guru melakukan pendekatan, materi, metode, serta menyesuaikan dengan kondisi saat ini.  

Menyusun rencana pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan proses pembelajaran merupakan hal yang paling utama bagi guru. Ini berhubungan dengan pencapaian suatu kompetensi dasar sesuai standar isi dan penjabaran dalam satu rangkaian silabus. Kini RPP cukup satu lembar, lebih sederhana hanya berisi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian (asesmen).

Guru kelas 4 sebelumnya harus membuat pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4. Fungsi dari pemetaan KD akan mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru pembelajaran tematik untuk kelas 4 SD dan sederajat terdiri muatan mata pelajaran, yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP.

Daftar Nama Tema dan Subtema Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1


1. TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN

Subtema 1 Keragaman budayaku
Subtema 2 Kebersamaan dalam keberagaman
Subtema 3 Besyukur atas keberagaman

2. TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI

Subtema 1 Macam-macam sumber energy
Subtema 2 Pemanfaat energi
Subtema 3 Gaya dan gerak

3. TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP

Subtema 1 Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku
Subtema 2 Keberagaman makhluk hidup di lingkunganku
Subtema 3 Ayo cintai lingkungan

4. TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN

Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan
Subtema 2 Barang dan jasa
Subtema 3 Pekerjaan orang tua

5. TEMA 5 PAHLAWANKU

Subtema 1 Perjuangan para pahlawan
Subtema 2 Pahlawanku kebanggaanku
Subtema 3 Sikap kepahlawanan

Download RPP Pembelajaran Daring 1 Lembar Kelas 4 Semester 1


RPP merupakan dokumen penting berisi kegiatan yang sangat jelas dan terencana yang disiapkan seorang guru kelas 4 untuk pendampingan pembelajaran terhadap anak didiknya. Di saat pandemi Covid-19 saat ini, banyak sekali perubahan yang mempengaruhi sistem pembelajaran. Hal ini menjadi pertimbangan guru dalam menyusun RPP daring 1 lembar sesuai aturan Mendikbud.

Banyak sekali ditawarkan RPP yang sudah jadi, bahkan ada yang menjualnya. Sebetulnya guru kelas 4 dapat menyusunnya sendiri karena itu adalah bagian tugas dan wujud kompetensi guru. Mengingat begitu pentingnya RPP daring, SekolahDasar.Net akan membagikan filenya secara gratis. File RPP daring 1 lembar kelas 4 semester 1 dapat didownload melalui link berikut ini:


RPP pembelajaran jarak jauh (PJJ) kelas 4 semester ganjil selama pandemi di atas berformat MS Word atau .doc. Guru kelas 4 dapat mengedit dengan disesuaikan kondisi peserta didik dan sekolah. Begitu pentingnya menyusun RPP supaya pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan efisien. Guru kelas 4 tetap harus menyusun RPP walaupun sudah hafal pembelajaran yang akan disampaikan.