Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pendidikan Merupakan Pintu Peradaban Dunia, Kuncinya Ada pada Guru

Pendidikan Merupakan Pintu Peradaban Dunia, Kuncinya Ada pada Guru

Kuncinya ada pada guru merupakan sebuah kata yang menggambarkan betapa besar jasa seorang guru. Peran guru sangat besar dalam kehidupan sehari hari. Guru tidak hanya menjadi sosok yang mengajarkan berbagai ilmu.

Akan tetapi guru juga sudah dianggap menjadi orang tua kedua para siswa di sekolah. Seorang guru harus mampu menjadi teladan dan pencetak generasi emas yang cerdas.

Oleh sebab itu istilah pekerjaan guru merupakan pekerjaan yang mulia tanpa tanda jasa memang betul. Tentu saja seorang guru dalam mendidik siswanya dengan sabar dan penuh kasih sayang.

Mereka tidak mengharapkan upah sepeserpun dan rela mengabdi untuk negeri. Namun sebagian siswa masih sering membolos sekolah dan mengeluh dengan berbagai tugas yang diberikan.

Selain itu banyak siswa yang sering tidur di kelas atau kurang mendengarkan penjelasan yang telah dijelaskan guru.

Padahal pendidikan sangat penting untuk kemajuan peradaban sebuah bangsa dan negara. Sebenarnya apa sih manfaat yang dapat kita ambil dengan adanya tugas?

Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa Kuncinya Ada Pada Guru

Pendidikan sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan. Selain itu salah satu faktor penentu kesuksesan pendidikan yaitu guru.

1. Guru Sebagai Pengajar dan Pembimbing

Karena majunya pendidikan kuncinya ada pada guru. Maka peran guru sebagai pengajar dan pembimbing sangat penting. Untuk membimbing anak-anak dengan jumlah banyak diperlukan usaha yang ekstra.

Selain itu guru juga harus memiliki sifat sabar dan memahami situasi kondisi peserta didik. Setiap anak memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Oleh sebab itu sebagai guru harus mampu menemukan metode pembelajaran yang sesuai. Agar peserta didik mampu memahami materi yang telah diberikan.

2. Guru Sebagai Orang Tua Kedua Saat di Sekolah

Untuk menghasilkan generasi unggul kuncinya ada pada guru. Karena guru juga harus mampu menjadi orang tua kedua saat di sekolah. Sebagian besar waktu anak tersita saat berada di sekolah.

Oleh sebab selain peran orang tua di rumah, peran guru juga sangat penting. Guru mempunyai potensi untuk membentuk karakter anak tersebut.

Seperti karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, dan lain lain.

3. Guru Sebagai Manajer untuk Diri Sendiri maupun Orang Lain

Dalam hal ini manajer yang dimaksud yaitu mampu mengelola seluruh kegiatan. Seperti kegiatan mengenai diri sendiri maupun orang lain. Selain itu guru juga terikat dengan instansi pendidikan seperti sekolah.

Sehingga guru harus mampu melaksanakan kegiatan mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Contohnya saat guru berada di kelas bagaimana upaya guru untuk mengatur dan mengelola anak-anak tersebut. Agar memperhatikan materi pelajaran yang telah diberikan.

Namun sebenarnya dibalik tugas maupun pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Terdapat manfaat dan esensi yang belum banyak para siswa sadari.

Lihat juga : Karena Luar Biasa Penting, Pendidikan Karakter Dimulai dari Guru

Soal-soal yang diberikan oleh guru tidak hanya sebagai sarana untuk memenuhi nilai di rapot. Akan tetapi bertujuan untuk mengasah sampai mana pengetahuan yang dimiliki siswa tersebut.

Selain itu juga melatih kejujuran yang dimiliki siswa. Serta bagaimana cara siswa tersebut memecahkan masalah yang sedang dihadapinya. Hal tersebut kuncinya ada pada guru.

Oleh sebab itu guru tidak hanya mengajarkan mengenai kemampuan akademik. Akan tetapi juga melatih cara berpikir cepat dan kritis.

Juga tentang bagaimana cara seorang siswa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Ternyata pekerjaan menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. Tetapi butuh tanggung jawab yang besar dan harus mampu menjadi contoh yang baik. Inilah mengapa pendidikan menjadi penting dan kuncinya ada pada guru.