Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kalau Tidak Kuat Mental, Jangan Masuk Jurusan PGSD

Kalau Tidak Kuat Mental, Jangan Masuk Jurusan PGSD

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu jurusan favorit bagi kalangan siswa yang baru lulus. Sebagai contoh di Unnes jalur SBMPTN Unnes bahwa jumlah pendaftar Prodi S1 PGSD ada sekitar 2689 dan kuota penerimaan 144.

Bagi anda yang sebentar lagi lulus sekolah pastinya sudah tidak sabar lagi ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. Misalnya memilih untuk kuliah, tentunya anda harus selalu siap untuk menghadapi ujian saat masuk kuliah.

Mengenal Jurusan PGSD dan Prospek Kerjanya

PGSD merupakan salah satu jurusan yang menyiapkan mahasiswanya agar menjadi guru Sekolah Dasar (SD) usia 6-12 tahun. Karena mempersiapkan untuk jadi guru SD, maka jurusan ini anda yang akan diajarkan mengenai semua materi mata pembelajaran SD.

Selain hanya akan diajarkan mengenai teknis pelajaran SD, anda juga akan diajarkan tentang artinya kepribadian. Pasalnya guru SD adalah pembentuk tentang kepribadian mendasar untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun.

Selain itu guru SD adalah pemberi pondasi kepribadian dan ilmu untuk anak yang nantinya sangat berguna untuk melanjutkan jenjang berikutnya anak tersebut. Nah maka dari itu, bagi mahasiswa baru terutama anda yang ingin masuk jurusan ini, akan diajarkan banyak kegiatan dalam pembentukan karakter dengan baik.

Mulai dari kegiatan perkuliahan, kepramukaan, berbicara di depan orang banyak dan melatih untuk memanajemen semua orang dalam satu ruangan. Selain itu juga akan mendidik bagaimana cara berpakaian yang benar, cara berbicara dan lain sebagainya.

Belajar untuk Mengajar di PGSD

Untuk anda yang memilih jurusan PGSD tentunya harus mampu mengajar murid-murid SD dengan benar dan baik. Untuk memulai agar cepat bisa, maka anda sejak masa kuliah harus belajar dahulu dan menerapkan supaya kelak dapat mengajar dengan baik.

Dalam pembelajaran ini misalnya seperti pendekatan, metode, model, teknik maupun strategi saat mengajar di SD. Bahkan juga harus bisa menangani siswa yang malas, nakal dan atau mengalami kesulitan ketika belajar di mulai.

Selain itu, hal terpenting saat kuliah di jurusan ini yaitu mengenai tahapan dalam perkembangan anak dan psikologisnya. Karena hal tersebut sangat penting karena di dalam tahap perkembangan murid-murid pasti memiliki cara belajar yang beragam dan berbeda.

Praktek Perkuliahan Lapangan (PPL)

Ketika mengambil jurusan PGSD, anda harus siap dan mampu melakukan Praktek Perkuliahan Lapangan. PPL merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilaksanakan saat semester akhir dan lamanya PPL mencapai 3 bulan.

Kegiatan ini juga berlangsung di sekolah SD, dimana anda akan berperan menjadi seorang guru SD dan mengajarkan semua siswa di sana. Tentunya hal ini akan membuat untuk terus belajar dan menghadapi masalah yang ada saat berada di dalam kelas.

Simulasi Mengajar

Hal yang sangat menantang saat anda mengambil jurusan seperti ini adalah ketika simulasi mengajar. Pasalnya dalam simulasi seperti ini anda akan memerankan atau memperagakan untuk menjadi guru di hadapan teman-teman.

Caranya dengan membawakan sebuah materi yang akan diajarkan di sekolah dasar sedangkan teman sekelas anda akan memerankan sebagai seorang murid SD. Memang saat awal memperagakan ini akan merasa grogi dan kaku. Namun jika anda bisa percaya diri semua akan baik-baik saja.

Lihat juga : 7 Peluang Karier Guru Selain Mengajar di Kelas

Mengambil jurusan PGSD anda juga harus siap saat menghadapi siswa-siswa SD yang sering bertengkar di dalam kelas atau sering mencari keributan. Karena jika tidak kuat mental, anda tidak akan bisa menghadapi masalah tersebut.